icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Promo / Promo Mitra / Jangan Lupa Untuk Sehat Jiwa Raga. Tiga Aplikasi untuk Kesehatan Mental #KitaJanganMenyerah
icon-lang
icon-lang

Jangan Lupa Untuk Sehat Jiwa Raga. Tiga Aplikasi untuk Kesehatan Mental #KitaJanganMenyerah

By Team Amartha Blog - 29 Jun 2020 - 3 min membaca

Bukan hanya kesehatan secara fisik saja yang penting bagi manusia, tapi juga kesehatan mental atau jiwa kita. Seseorang yang lelah secara mental akan mengalami stres bahkan hingga depresi berlebihan. Masalah gangguan jiwa juga berasal dari kesehatan pada mental seseorang yang tak terjaga dengan baik. Sayangnya, fasilitas penunjang kesehatan pada mental manusia di Indonesia masih terbilang sedikit.

Anda bisa melihat bagaimana akses penunjang dan sumber daya manusia profesional yang masih belum memadai. Bahkan kurangnya dukungan dari pemerintah pusat atau daerah pada kesehatan secara mental rakyatnya, juga menjadi faktor pendukung. Adanya teknologi yang semakin canggih dan berkembang membuat para ahli membuat sejumlah aplikasi yang dapat membantu kesehatan manusia secara mental.

Tiga Aplikasi Kesehatan Mental

Aplikasi kesehatan yang berkaitan langsung dengan mental manusia akan membantu banyak orang memiliki masalah pada kesehatan jiwanya, tetapi tidak memiliki akses yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini sejumlah aplikasi yang dapat membantu kesehatan pada mental manusia yang bermasalah :

Riliv

Aplikasi yang satu ini dibuat oleh mahasiswa di Indonesia yang fungsinya adalah untuk berkonsultasi secara langsung, mengenai masalah pribadi secara gratis pada para psikologi yang sudah profesional dan pada mahasiswa psikologi. Para psikologi yang membantu di aplikasi ini berasal dari beberapa universitas ternama seperti UI, Universitas Airlangga, dan sebagainya.

Sedangkan untuk para relawan mahasiswa psikologi yang juga ikut membantu di aplikasi ini berfungsi sebagai pendengar atau teman curhat, bukan sebagai pembeli solusi dalam setiap masalah pengguna. Namun bila Anda menginginkan jawaban atau solusi masalah, Anda bisa menggunakan aplikasi premium dan berkonsultasi langsung pada psikolog profesional.

Operation Reach Out

Aplikasi berikutnya yang berkaitan dengan kesehatan pada mental seseorang dinamakan operation reach out, yang awalnya dikembangkan oleh badan militer AS sebagai platform khusus untuk menangani kasus depresi di kalangan militer. Aplikasi ini juga membantu orang-orang yang memiliki pemikiran untuk melakukan bunuh diri.

Anda juga bisa mengunggah beragam informasi penting dalam aplikasi ini, sehingga saat Anda sedang merasa payah maka Anda bisa menghubungi bantuan dengan segera. Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan GPS dan video yang akan membantu Anda memperoleh ketenangan.

SAM

Aplikasi ini merupakan singkatan dari Self-help Anxiety Management yang awalnya dikembangkan oleh tim psikologi, untuk menciptakan sumber daya yang sehat secara mental serta menarik bagi masyarakat. Aplikasi ini juga dibuat secara khusus untuk orang-orang yang memiliki masalah dalam kecemasan berlebih.

Dalam aplikasi SAM ini juga terdapat fitur cloud social, yang fungsinya yaitu adalah untuk pengguna bercerita pada pengguna SAM lainnya secara anonim.

Masih banyak lagi jenis aplikasi kesehatan mental lainnya yang bisa Anda gunakan, jika merasa memerlukan perawatan kesehatan secara mental. #KitaJanganMenyerah

Tags:

Artikel Terkait

Coba Coba Konten baru lagi

Promo Mitra

Dapatkan Cashback 10% Spesial Untuk Agen AmarthaOne. Ini Caranya!

Promo Mitra

Tutorial Raih Penghasilan Tambahan Hingga 7% Untuk Ibu Mitra

Promo Mitra

Ikutan Kontes Video Cerita Ibu Amartha+ dan Menangkan Hadiahnya!

Promo Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png