icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Promo / Promo Pendana / Bagaimana Proses Repayment Dari Mitra ke Saya Selama Pandemi?
icon-lang
icon-lang

Bagaimana Proses Repayment Dari Mitra ke Saya Selama Pandemi?

By Team Amartha Blog - 24 Sep 2020 - 3 min membaca

Penyebaran Covid-19 yang cepat di Indonesia menyebabkan sejumlah wilayah melakukan PSBB hingga local lockdown. Hal ini berdampak pada aktivitas harian mitra usaha Amartha yang mengakibatkan terjadinya perlambatan pengembalian (repayment) dana para pendana.

Sebagai penghubung pendana dengan mitra, Amartha telah melakukan berbagai upaya perihal penagihan seperti sistem titip bayar, pertemuan kelompok kecil, dan door to door. Kebijakan ini dilakukan guna repayment terus berjalan meskipun tidak penuh 100%.

Baca Juga:
- Mengapa Proses Klaim Asuransi Saya Memakan Waktu?
- Ibu Rini, Mitra Amartha Yang Jago Ambil Peluang Saat Pandemi

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi di lapangan hingga proses repayment tidak bisa penuh 100%?

  • Daerah Terdampak Covid-19 atau Kawasan Zona Merah

Beberapa daerah tempat mitra tinggal sudah masuk kawasan zona merah sehingga pemerintah setempat menerapkan local lockdown dengan ketat. Larangan total pertemuan kelompok mengakibatkan pertemuan antara petugas lapangan Amartha dengan mitra usaha tidak bisa dilakukan seperti kondisi normal dan tidak mungkin melakukan penagihan,

  • Daerah Tidak Terdampak Langsung Covid-19

Bagi beberapa daerah yang tidak terdampak langsung Covid-19, Amartha memberlakukan penyesuaian cara kerja. Penagihan tetap dilakukan meskipun lebih perlahan. Penyesuaian ini tetap memperhatikan keselamatan petugas lapangan dan mitra usaha seperti sistem titip bayar melalui ketua majelis dan door to door.

  • Operasional Bank

Dana yang telah dikumpulkan oleh tim lapangan Amartha kemudian mengalami keterlambatan update di akun pendana karena menyesuaikan dengan jam operasional bank. Beberapa bank di Kecamatan menerapkan jam buka yang terbatas hingga penutupan operasional selama beberapa waktu. 

  • Halangan Lain

Minimnya akses di pedesaan saat pandemi ini membuat sejumlah mitra usaha mengalami kemunduran atau gulung tikar. Hal ini mengganggu psikologis mitra sehingga membutuhkan waktu untuk bangkit kembali.

Kondisi yang demikian membuat Amartha merekomendasikan untuk memperpanjang masa tenor kepada mitra usaha yang terdampak Covid-19. Hal ini senada dengan arahan dari OJK dan AFPI untuk membantu meringankan usaha mikro dan UKM selama pandemi. Diharapkan keadaan kembali membaik sehingga mitra usaha dapat beraktivitas normal dan proses repayment bisa kembali penuh 100%.

Tags:

Artikel Terkait

SPESIAL FUNDING DAY! Bagikan Kode Referral Dapat Bonus Rp30.000!

Promo Pendana

Yuk, Download dan Review AmarthaFin di Play Store dan Menangkan Hadiahnya!

Promo Pendana

Bagi Keberkahan Idul Adha dengan Modalin Mitra Amartha!

Promo Pendana

Payday Extra Happy dengan Promo Extra Rate Hingga 16% Flat!

Promo Pendana

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png