icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Promo / Promo Pendana / Penghargaan Amartha Atas Pemberdayaan Perempuan di Indonesia
icon-lang
icon-lang

Penghargaan Amartha Atas Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

By Team Amartha Blog - 1 Mar 2021 - 3 min membaca

Belum lama ini Amartha menerima pendanaan senilai USD 50 Juta dari Lendable Inc untuk mewujudkan 2X Challenge yang memiliki tujuan berupa women empowerment atau pemberdayaan perempuan di negara-negara berkembang.

Sejak berdiri pada tahun 2010 silam, Amartha telah bertekad dan fokus menyalurkan pendanaan kepada perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan. Awalnya, Amartha merupakan sebuah koperasi yang didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra di wilayah Ciseeng, Jawa Barat.

Dalam perjalanannya Amartha nyaris bangkrut karena kekurangan modal usaha. Maka dari itu, Andi Taufan selaku Founder dan CEO Amartha memutuskan untuk mengubah model bisnis Amartha menjadi peer-to-peer lending pada tahun 2016.

Amartha percaya bahwa perempuan merupakan tonggak untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Aria Widyanto selaku Chief Risk and Sustainability Amartha mengatakan, “Kalau seorang perempuan lebih sejahtera, itu kesejahteraannya akan terdistribusi secara merata ke seluruh keluarga. Itu kenapa dari awal fokusnya ke perempuan.” seperti melansir Kompas.

Hingga kini, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.24 Triliun kepada lebih dari 600.000 perempuan tangguh pengusaha mikro di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Sebagai informasi, Amartha tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada peminjam, tetapi juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Amartha Raih Penghargaan Kesetaraan Gender

Karena konsistensi dan kegigihan Amartha pada pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan di Indonesia, Amartha menerima sejumlah penghargaan nasional dan internasional. Salah satu penghargaan tersebut adalah di bidang kesetaraan gender.

Amartha meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang mendorong kesetaraan gender dalam kegiatan bisnisnya melalui kategori Gender-Responsive Marketplace dari United Nations Women (UN Women) dalam penghargaan Women’s Empowerment Principles Awards 2020.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan “Kami bangga menerima penghargaan dari PBB (UN-Women), sebagai bisnis yang responsif terhadap gender. Di Amartha, 100% Mitra kami merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Kami menyadari bahwa memberi kesempatan kepada perempuan untuk lebih sejahtera adalah sebuah lompatan untuk menciptakan kualitas pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan di Indonesia.”

Adapun, usaha-usaha yang telah dilakukan Amartha dalam melakukan pemberdayaan perempuan di Indonesia dapat diakses di Laporan Akuntabilitas Sosial yang rutin dikeluarkan setiap tahunnya.

Bersama Amartha, kini #SaatnyaPerempuan Bangkit, Maju, dan Berdaya!

Artikel Terkait

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru

5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Mudah dan Fleksibel!

Tips Bisnis

Kesetaraan Gender di Tempat Kerja dapat Mendukung Produktivitas Perusahaan

Siaran Pers

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png