icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Galeri Acara / Mandiri Capital Indonesia Danai Peer-to-peer Lending Amartha untuk Kembangkan Pelaku Usaha Mikro Unbanked
icon-lang
icon-lang

Mandiri Capital Indonesia Danai Peer-to-peer Lending Amartha untuk Kembangkan Pelaku Usaha Mikro Unbanked

By Team Amartha Blog - 8 Mar 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_711" align="aligncenter" width="660"]Mandiri Capital Indonesia Resmi Danai Peer-to-peer Lending Amartha Mandiri Capital Indonesia Resmi Danai Peer-to-peer Lending Amartha[/caption]

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan modal ventura unit usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), memimpin konsorsium pendanaan untuk Peer-to-peer Lending Amartha, bisnis rintisan (startup) dalam bidang jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology/Fintech). Pendanaan dilakukan bersama Lynx Asia Partners, Beenext, dan Midplaza Holding.

Direktur Utama Mandiri Capital,  Eddi Danusaputro, mengatakan model bisnis Amartha menjadi alasan mengucurkan dana. Pasalnya, Amartha menyediakan fasilitas pinjaman kepada pelaku usaha mikro yang masuk dalam kategori masyarakat unbanked di Indonesia.

Menurut Bank Indonesia, masyarakat unbanked adalah mereka yang tidak atau belum pernah memanfaatkan fasilitas layanan perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Dari data World Bank Global Findex tahun 2014, 64% penduduk dewasa Indonesia tidak memiliki rekening bank, jauh di bawah rata-rata global sebesar 38%.

Dalam hal ini, visi Amartha adalah menghubungkan para pengusaha mikro unbanked yang memerlukan modal kerja sekitar 3 juta Rupiah dengan para investor yang ingin berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan, sekaligus menciptakan dampak sosial.

Selain untuk pengembangan produk dan teknologi, Amartha akan memanfaatkan pendanaan kali ini untuk meningkatkan skala bisnisnya hingga dapat menjangkau ratusan ribu pengusaha mikro di seluruh pelosok Indonesia.

“Dengan keterbatasan infrastruktur dan layanan perbankan di daerah pelosok, pengusaha kecil yang bekerja di sektor ekonomi informal sangat kesulitan mendapatkan modal usaha yang terjangkau. Melalui Amartha, kami telah memodernisasi segmen mikro, sehingga menciptakan segmen market baru yang memungkinkan masyarakat di lapisan piramida terbawah memperoleh alternatif sumber permodalan bagi usaha mereka”, tambah Taufan.

Eddi dalam konferensi pers yang berlangsung di Pasar Santa mengatakan "Amartha mendukung visi Bank Mandiri untuk meningkatkan inklusi keuangan ke seluruh tanah air. Model bisnis Amartha sangat penting bagi perekonomian kita, karena mampu memberi solusi atas susahnya menjangkau masyarakat unbanked. Dengan pengalaman lebih dari tujuh tahun di segmen pembiayaan mikro, jaringan yang kuat di pelosok daerah dan leadership team yang tangguh."

Melalui platform Amartha, peminjam akan mendapatkan skor kredit serta dapat membangun riwayat pinjaman (credit history) sehingga dapat mereka gunakan untuk mendapatkan layanan perbankan di masa mendatang. Sistem yang transparan ini juga membantu para investor untuk dapat berinvestasi di segmen mikro secara lebih aman dan nyaman.


[email-subscribers namefield="YES" desc="Apakah Anda menyukai artikel ini? Subscribe untuk mendapatkan informasi sejenis langsung di email Anda" group="Public"]

Tags:

Artikel Terkait

Test Timeline Jelajah Dampak

Galeri Acara

Galeri Acara

Contoh Konten 24 Agt 2023

Galeri Acara

Join Mangrove #TanamPenuhDampak, Sekali Pendanaan Tanamkan Banyak Dampak!

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png