icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Galeri Acara / Pelatihan Pemeriksaan Mata untuk Field Officers
icon-lang
icon-lang

Pelatihan Pemeriksaan Mata untuk Field Officers

By Team Amartha Blog - 3 Nov 2017 - 3 min membaca

Amartha Gekar

Pelatihan Pemeriksaan Mata untuk Field Officers, Kemang Bogor

Mata adalah Jendela Dunia, lebih dari 80% aktifitas sehari-hari didominasi oleh indera penglihatan. Mata yang terbebas dari gangguan penglihatan akan mendukung sumber daya manusia untuk menjadi lebih berkualitas dan produktif. Sumber daya manusia ini juga termasuk ibu-ibu mitra Amartha di desa.

Tahukah kalian bahwa banyak dari ibu-ibu produktif telah memiliki gangguan penglihatan? Akan tetapi sebagian besar dari mereka tidak menyadari hal ini dan tidak pernah mendapatkan pemeriksaan mata. Padahal, penglihatan yang baik akan mendukung produktivitas ibu-ibu mitra, terutama mereka yang menjalankan usaha yang membutuhkan ketelitian.

Melanjuti program sosial yang dilakukan di pada akhir Agustus di Mojokerto dan Blitar, Amartha kembali melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan penglihatan yang lebih baik untuk ibu-ibu mitra pada 15 September 2017. Bersama dengan NVG Essilor – divisi khusus dari perusahaan lensa Essilor Group yang memiliki misi untuk memberikan kacamata kepada masyarakat kurang mampu – Maka dari itu, Amartha pun berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pemeriksaan mata kepada field officers di kantor cabang Kemang, Bogor.

Pelatihan ini mengajarkan field officers untuk bisa melakukan pemeriksaan mata dengan menggunakan tray, lorgnette, dan chart gambar, untuk menentukan ukuran lensa kacamata yang diperlukan oleh ibu-ibu mitra Amartha. Alat-alat bantu tersebut dikemas dalam sebuah tas yang bisa dibawa oleh field officer ketika majelis berlangsung. Di dalam tas tersebut juga telah disiapkan sejumlah kacamata jadi yang bisa langsung diberikan kepada mitra yang membutuhkan.

[caption id="attachment_1419" align="aligncenter" width="940"]Program Pemeriksaan Mata Gratis oleh Amartha Program Pemeriksaan Mata Gratis oleh Amartha[/caption]

Wilayah Kemang, Kabupaten Bogor merupakan pilot project untuk program pemeriksaan mata ini, karena banyak mitra Amartha di sana menjalankan usaha yang membutuhkan penglihatan sehat untuk menunjang usaha, seperti pembuatan keset, keranjang dan makanan. Setelah ibu-ibu menerima kacamata akan dilakukan survey untuk melihat bagaimana kacamata mempengaruhi kegiatan mereka. Pelatihan dan program serupa akan dilakukan di cabang-cabang Amartha lainnya dalam waktu dekat. Tidak hanya akan membantu ibu-ibu mitra mendapatkan penglihatan yang baik, kegiatan ini juga memperkaya kemampuan field officers untuk bisa melakukan pemeriksaan mata!

Sebelumnya, pada 26-27 Agustus 2017, Amartha mengadakan kegiatan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis di Mojokerto dan Blitar dengan bekerjasama dengan NVG Essilor. Lebih dari 500 warga memperoleh layanan pemeriksaan mata dan sekitar 350 kacamata dibagikan kepada warga yang membutuhkan.[1]

Pemeriksaan Kesehatan bersama Avrist, Jasinga Bogor

Pada 29 September 2017, Amartha dan Avrist mengadakan pemeriksaan kesehatan untuk ibu-ibu mitra dari beberapa majelis di Jasinga. Diikuti oleh lebih dari 70 mitra, kegiatan ini meliputi pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi dan kesehatan keseluruhan yang dilaksanakan oleh dokter-dokter dari Rumah Sakit PMI Bogor.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Supardi Suparman, Director of Finance, HR, and GS Property PT Avrist Assurance dan Aria Widyanto, VP Product Amartha. Sebelum pemeriksaan dimulai, dr. Adhi Rommy dari RS PMI Bogor memberikan tips-tips kesehatan untuk ibu-ibu, termasuk cara mencuci tangan yang baik dan benar. Ibu-ibu mitra pun senang mendengarkan tips-tips dari dokter muda ini.

Ibu-ibu mitra sangat bersemangat untuk ikut dalam kegiatan ini, karena sebagian besar dari mereka belum pernah mendapatkan pemeriksaan mata dan gigi. Dari pemeriksaan ini, ibu-ibu mitra yang membutuhkan juga bisa membawa pulang kacamata dan menebus resep obat-obatan di tempat.

Avrist Warrior Woman merupakan serangkaian program yang dijalankan bersama dengan Avrist Assurance. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta pengetahuan dan ketrampilan mitra Amartha. Sebelumnya telah dilaksanakan dua kegaitan literasi keuangan dan kegiatan product development yang dikemas dalam pelatihan kreatif menghias kue.

[1] https://amartha.com/blog/money-quiz/amartha-berikan-akses-kacamata-gratis-untuk-warga-unbanked-di-pedesaan-meningkatkan-produktifitas-untuk-mendorong-roda-perekonomian-di-desa-melalui-program-pemberian-kaca-mata-gratis/

Artikel Terkait

Pelatihan Pemeriksaan Mata untuk Field Officers

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png