icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 3 Investasi yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum 20-an!
icon-lang
icon-lang

3 Investasi yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum 20-an!

By Team Amartha Blog - 5 Feb 2020 - 3 min membaca

Mendengar kata investasi pasti sudah terbayang suatu hal yang berat dan ribet di benak kita kan? Dan biasanya, kata investasi ini identik dengan uang! Padahal ga semua investasi itu tujuan akhirnya tentang uang lho, uang hanyalah satu dari banyak faktor yang penting dalam hidup kita.

Karena penulis baru saja 2 tahun lebih 6 bulan silam semenjak menginjak umur 20, terkadang suka timbul penyesalan-penyesalan klise dalam pikiran tentang apa saja yang terlewat selama penulis hidup cieeh. Memang pengalaman adalah guru terbaik, tetapi sebaiknya jangan terlalu disesali ya masa lalu-mu! Cari tahu alasan mengapa kamu menyesal dengan masa lalumu, tarik maknanya dan jadikan pegangan untuk hidupmu kedepannya.

Back to laptop! Sebenarnya menurut penulis, investasi itu dapat dianalogikan dengan menanam pohon. Memang kalau ingin makan buah apel, kamu bisa dengan mudah meluncur ke toko buah terdekat kan. Tetapi beberapa faktor ini berbeda cara kerjanya dalam hidup kita. Anggaplah kalau kamu ingin kaya, kamu tidak bisa semena-mena langsung menjadi kaya! (Analogi membeli buah apel) Kecuali kalau kamu memang terlahir kaya hehe. Melainkan kamu harus menabung, menyiasati income agar bisa berinvestasi, memutar otak untuk berbisnis, dan banyak lainnya. Nah begitu juga dengan beberapa jenis investasi ini! Yang baru dapat kamu rasakan hasilnya ketika kamu menaruh cukup proses dan waktu didalamnya, setelah itu kamu mulai bisa memetik dan merasakan manisnya buah dari pohon yang sudah kamu tanam. Langsung saja penulis jabarkan dalam bentuk poin di bawah ya!

Investasi Waktu

Mengapa investasi waktu menjadi nomor 1 dari jenis investasi yang lainnya? Karena waktu adalah satuan/ukuran yang tidak bisa kamu beli. Investasikanlah waktumu sebanyak-banyaknya bersama keluarga, bersosialisasi dengan teman, dan melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Menikmati me-time mu juga salah satu investasi waktu lho! Kalau kamu menginvestasikan waktumu untuk segelintir hal yang penulis sebutkan tadi, setidaknya akan mengurangi penyesalanmu pada waktu-waktu yang telah berlalu.

Investasi Pengetahuan

Mengapa investasi pengetahuan, bukannya investasi pendidikan? Kalau pendidikan harus mengikuti sistem dan pada tempat tertentu, tetapi pengetahuan bisa kamu dapatkan dari mana saja, dengan siapa saja, dan kapan saja. Pengetahuan ini bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, mulai dari membaca buku pengetahuan/non-fiksi/fiksi, membaca dan terus update dengan berita, berselancar dalam forum di internet, atau sering berdiskusi yang berkualitas bersama temanmu juga bisa menambah pengetahuan kok. Intinya, pengetahuan sangat berguna bagi bekal hidupmu yang akan datang. Sisi lainnya, kamu bisa lebih percaya diri berkomunikasi dengan siapa saja apabila pengetahuanmu luas!

BACA JUGA :

Muda Tampil Gaya Tua Kaya Raya dengan Investasi

Investasi Uang

Nah yang terakhir adalah investasi uang. Percaya deh, investasi uang itu akan sangat membantu kamu dari segi finansial untuk waktu mendatang. Mungkin saja kamu belum memahami faktor ‘mengapa’ tentang pentingnya berinvestasi dalam bentuk uang. Maka dari itu, perbanyak pengetahuanmu tentang literasi keuangan yang bisa kamu dapatkan salah satunya dengan membaca buku dari penulis Robert Kiyosaki, berjudul Rich Dad Poor Dad. Jangan lupa juga untuk melakukan kegiatan investasi uang ini sebagai hal yang rutin sehingga menjadi kebiasaanmu ya!

Pada akhirnya, tulisan ini sungguh bersifat subjektif ya! Masing-masing orang memiliki cara pandang hidup, latar belakang dan prioritas yang berbeda-beda dalam hidupnya. Tetapi refleksi pendek yang penulis berikan ini bisa kamu renungkan juga untuk bahan pertimbanganmu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png