icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Alasan Kenapa Harus Melakukan Investasi Jangka Panjang
icon-lang
icon-lang

5 Alasan Kenapa Harus Melakukan Investasi Jangka Panjang

By Team Amartha Blog - 9 Mar 2021 - 3 min membaca

Investasi menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang sampai saat ini. Dengan investasi, kamu dapat menjaga aset kekayaanmu di masa depan. Dengan begitu, nantinya kamu akan memiliki jaminan keuangan yang sudah pasti.

Investasi sendiri ada dua jenis, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang sendiri memang membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih dari satu tahun untuk mencapai keuntungan yang tinggi.

Dengan melakukan investasi jangka panjang, uang yang diinvestasikan pun bisa berkembang, meski kamu menjalani kesibukan.

Baca Juga: Risiko-risiko Investasi Yang Perlu Kamu Sadari

Berikut ini adalah beberapa alasan dalam melakukan investasi jangka panjang!

1. Bisa Menargetkan Bunga Majemuk 4-8 Per Tahun

Salah satu manfaat dari investasi jangka panjang adalah bisa menikmati bunga majemuk. Pada dasarnya, bunga majemuk adalah menjumlahkan bunga berikut dengan jumlah pokok ditambah bunga. Dengan kata lain, semakin lama kamu berinvestasi, semakin banyak bunga yang bisa kamu dapatkan.

Dalam hal ini, perusahaan investasi menghasilkan kekuatan bunga majemuk dengan menggunakan kembali keuntungan yang kamu untuk investasi. Jika kamu secara aktif mendapatkan efek bunga majemuk, dapat menargetkan 4% hingga 8% setahun.

2. Risiko Dapat Ditekan dan Fluktuasi Return Bisa Dikurangi

Pada dasarnya, investasi jangka pendek berisiko dan kisaran pengembaliannya akan besar. Dalam kaitan itu, investasi jangka panjang cenderung mengurangi fluktuasi kisaran imbal hasil karena risiko bisa ditekan.

3. Dapat Mengontrol Risikonya Sendiri

Sekarang ini, investasi dapat melalui bermacam-macam produk keuangan. Karena itu,risiko dan keuntungan bervariasi tergantung pada apa yang ada di dalamnya. Membeli hanya satu produk investasi memiliki efek yang sama seperti membeli lusinan hingga ratusan produk keuangan.

Meski begitu, kamu juga menggabungkan beberapa produk investasi sekaligus. Kombinasi ini disebut portofolio. Kamu dapat memilih tujuan investasi sesuai risiko yang kamu tanggung.

Baca Juga: The 4% Rule: Formula Mudah Hitung Dana Pensiun

4. Investasi Jangka Panjang Mengalahkan Inflasi

Jika bijak menginvestasikan uang di tempat atau produk yang memberikan imbal melebihi tingkat inflasi, masa depan keuangan kamu akan cerah.

Inflasi ibarat pencuri yang mengambil nilai kekayaan kita secara senyap. Inflasi hanya bisa dikalahkan dengan investasi.

Banyak ahli setuju bahwa dalam jangka panjang, investasi di pasar saham akan memberikan tingkat pengembalian yang mengalahkan inflasi.

5. Investasi Jangka Panjang Dapat Membiayai Pensiun

Bahkan jika kamu masih muda dan masih jauh dari usia pensiun, lebih baik berpikir ke depan daripada menyesal. Tujuan memiliki cukup uang ketika pensiun bisa dilakukan sejak muda dengan menyusun rencana investasi jangka panjang.

Kamu akan terkejut melihat berapa banyak yang bisa dikumpulkan dalam hitungan belasan hingga puluhan tahun akibat keajaiban bunga majemuk (compound interest).

Pada dasarnya, investasi sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Namun, yang perlu diingat, dalam berinvestasi awalnya kamu harus membuang semua kekhawatiran.

Selanjutnya, kamu sebaiknya mempelajari seluk beluk produk investasi yang akan kamu pilih. Nah, selamat mencoba ya!

Artikel Terkait

Investasi Jangka Pendek Modal Kecil Bagi Investor Pemula

Keuangan

Investasi Jangka Pendek Untuk Investor Pemula Modal Kecil

Keuangan

Banyak Milenial Mulai Investasi. Apa Itu Investasi?

Keuangan

5 Alasan Kenapa Harus Melakukan Investasi Jangka Panjang

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png