icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berinvestasi Tas Mewah
icon-lang
icon-lang

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berinvestasi Tas Mewah

By Team Amartha Blog - 16 Oct 2020 - 3 min membaca

Instrumen investasi terus berkembang pesat hingga saat ini. Banyak benda yang nilainya terus berkembang dan layak diklasifikasikan sebagai sebuah investasi. Tidak hanya emas, tas mewah yang awalnya hanyalah sebuah aksesori fashion pun sekarang bisa dijadikan sebagai investasi. 

Bahkan, menurut riset dari Baghunter, nilai keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tas mewah ini rata-rata per tahunnya 14,2%, jauh lebih tinggi dari saham yang hanya 11,7% dan emas 1,9%.

Walau sangat menguntungkan, investasi tas mewah juga punya risiko yang terbilang lumayan besar. Pasalnya, jika kamu tidak cerdas dalam mengurus dan menjaga tas mewah ini, harga yang didapat akan terjun jauh.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang perlu kamu tahu sebelum berinvestasi tas mewah!

1. Jangan Membeli dengan Berhutang  

Yang perlu kamu tahu, butuh dana yang besar untuk mulai berinvestasi tas mewah. Ada baiknya, kamu membeli tas mewah tersebut secara tunai. Dengan begitu, kamu tidak perlu menanggung beban bunga cicilan utang saat membeli tas mewah. 

Selain itu, janganlah mempergunakan dana darurat milikmu ketika ingin mulai berinvestasi tas mewah. Sebaiknya, kamu menyiapkan dana khusus untuk membelinya. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu tidak akan terganggu.  

2. Pilih Merek Tas yang Tepat 

Dalam rangka mengoptimalkan keuntungan yang akan didapat, tentu saja kamu harus membeli merek tas yang tepat. Brand-brand terkenal seperti Hermès, Chanel, Dior, Givenchy maupun Louis Vuitton adalah beberapa nama yang paling laris di pasaran.

Dikutip dari Racked, biasanya Hermès jadi salah satu brand yang paling banyak memberi keuntungan sebesar 72% – 130% dari harga belinya. Sedangkan Chanel, bisa memberi keuntungan hingga 85% dari harga beli.

3. Sediakan Dana dan Waktu untuk Merawat Tas 

Namanya juga barang mewah, Anda wajib meluangkan waktu untuk merawatnya dengan baik dan benar jika koleksi tasmu ingin dijadikan sebagai investasi. Kamu harus rutin mengecek kondisi fisik tas-tas tersebut. Sebaiknya kamu juga menyiapkan dana khusus untuk perawatan tas-tas tersebut. Maklum saja, tas mahal itu juga perlu dicuci agar selalu tampil bersih dan wangi.

Selain itu, kamu wajib menyiapkan tempat penyimpanan tas-tas mahal tersebut. Ada baiknya untuk membuat almari atau galeri yang kering dengan dilengkapi Air Conditioner (AC). Agar, koleksi tas milikmu tidak rusak karena lembab.

4. Mengikuti Komunitas 

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah bergabung dengan komunitas penggemar atau kolektor tas mewah. Tujuannya, tentu supaya kamu tahu kapan waktu yang tepat menjual koleksi tas mewah milikmu. Perlu kamu tahu, tidak ada tidak ada lembaga khusus yang mengatur nilai jual beli tas mewah. Karena itu, yang menentukan harga jual tas mewah tersebut adalah para penggunanya.  

5. Cari Tahu Tempat Penjualan yang Tepat

Tas mewah seperti adalah investasi yang sangat segmented. Pasalnya, tidak banyak orang yang mencari dan rela mengeluarkan uangnya untuk barang seperti ini. Selebriti, pengusaha, atau golongan sosialitas adalah pasar yang tepat untuk menjual tas mewah milikmu.

Kamu bisa memulainya dengan mempromosikan melalui akun media sosial milikmu sendiri, atau bisa juga memasarkan tas mewah melalui e-commerce yang memang sudah terkenal terhadap produk original-nya, tidak terlalu mematok komisi tinggi, dan lain sebagainya. 

Selain investasi tas mewah, ada baiknya jika kamu dapat melirik investasi Peer to Peer (P2P) Lending. Nah, salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan tepercaya saat ini adalah Amartha. 

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Sudah berizin usaha dan diawasi OJK, Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending yang menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi. Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png