icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Budget Pernikahan
icon-lang
icon-lang

5 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Budget Pernikahan

By Team Amartha Blog - 14 Sep 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_1178" align="alignnone" width="940"]Kelola Dana Anda untuk Siapkan Pernikahan Idaman Kelola Dana Anda untuk Siapkan Pernikahan Idaman[/caption]

Setelah menghadiri banyak pernikahan sebagai tamu, kini saatnya kamu yang berdiri di pelaminan dan menyambut para tamu! Tapi dulu belum terbayang ribetnya mengatur ini itu untuk perayaan sakral ini. Harus mulai dari mana dan apa yang harus dikerjakan?

Sebelum kamu panik dan terjun langsung untuk mencari vendor dan juga mempersiapkan pernikahan, mari duduk tenang, mengatur nafas dan mari melakukan hal pertama yang terpenting : menentukan budget pernikahan. Menentukan budget pernikahan inilah yang berfungsi untuk membatasimu agar tidak over budget, dan membantumu serta pasangan untuk melihat apa saja yang perlu.

Kali ini, kami mendapat insight yang menarik dari thebridedept.com - situs yang didedikasikan khusus untuk membantu para calon pengantin dalam menemukan inspirasi pernikahannya ini merangkum 5 hal yang harus dihindari dalam mengatur keuangan sebelum pernikahan.

Ini dia selengkapnya!

  1. Kurang realistis

Tentu setiap orang menginginkan pernikahan yang sempurna sesuai dengan imajinasi dan juga harapannya. Namun, kembali lagi, apakah tabunganmu sudah cukup untuk mewujudkan itu semua? Hal pertama yang perlu kamu pegang teguh adalah pernikahan yang sempurna tidak perlu mewah, yang penting diisi oleh orang-orang penting dalam hidupmu. Sederhana juga bisa mengesankan, lho!

  1. Komunikasi tidak lancar dengan vendor

Malu atau enggan untuk cerewet dengan vendor adalah musuh saat mempersiapkan pernikahan. Kamu menginginkan dekorasi dengan bunga plastik namun sang vendor menawarkan bahwa bunga asli akan jauh lebih cantik yang kamu setujui tanpa mempertanyakan kembali tambahan harga yang harus kamu bayar. Hal-hal kecil tersebutlah yang akan mengarahkan kamu kepada over budget saat pernikahan. Untuk itu, pastikan untuk menanyakan detail setiap dekorasi dan persiapan pernikahanmu. The Bride Dept juga menyarankan agar kamu menanyakan jelas mengenai termpembayaran agar kamu bisa mengatur cashflow kamu.

  1. Terlalu menuntut diri sendiri

Katering 600 rasanya sudah cukup untuk 300 undangan, namun karena kamu khawatir akan tamu yang tidak puas atau kurangnya makanan di pernikahanmu, kamu memutuskan untuk memesan katering untuk 700 porsi. Penambahan tersebut memang terlihat kecil, namun jika kamu mengaplikasikan hal yang sama untuk dekorasi bunga yang ingin lebih banyak, bahan taplak meja yang ingin lebih tebal daripada perjanjian, pasti budget yang kamu keluarkan lebih besar daripada persiapan sebelumnya.  Tenang, everything’s going to be okay!

  1. Kurangnya survey
Vendor yang kamu rasa murah mungkin masih kalah murah dan terjangkau dibandingkan yang digunakan oleh temanmu sebelumnya. Dalam mempersiapkan pernikahan, riset akan sangat membutuhkan waktu. Namun waktu yang kamu gunakan untuk riset itulah yang akan membuahkan hasil yang lebih maksimal, mulai dari kualitas dan juga harga. Jadi, sebelum kamu memutuskan, pastikan kamu sudah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari rekanmu yang sudah berpengalaman sebelumnya.
  1. Kurang menabung
Perihal pernikahan ini bukanlah seperti membeli sepatu yang bisa kamu putuskan dalam satu malam. Setelah kamu cocok dengan pasangan dan memutuskan untuk masuk dalam persiapan pernikahan, sebaiknya kamu sudah punya tabungan bahkan aliran investasi sehingga tidak memberatkan kantongmu dan pasangan ketika melangsungkan pesta.Hal ini berlaku juga untuk kamu yang belum memiliki calon pendamping ya :p! Tidak ada salahnya kok mulai melakukan investasi sedari dini. Carilah jenis Investasi yang aman dan dengan return yang menarik, dan jika memungkinkan, bisa diambil kapan saja sehingga tidak mengganggu rencana pernikahan kamu.Hal ini pasti akan membantumu untuk lebih siap dalam hal finansial. Pelajari selengkapnya di sini ya!

Yuk hindari over budget, and let's make that dream wedding happen!

Artikel Terkait

Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Gaya Hidup

Building Financial Resilience during Uncertain Times

Keuangan

5 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Budget Pernikahan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png