icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Tempat Investasi yang Aman dan Paling Menguntungkan
icon-lang
icon-lang

5 Tempat Investasi yang Aman dan Paling Menguntungkan

By Team Amartha Blog - 14 Nov 2021 - 3 min membaca

Investasi adalah aset yang dimiliki untuk mendulang keuntungan di masa depan. Berbeda dengan menabung yang uangnya hanya diam, investasi membuat uang terus bergerak dan berputar sehingga bisa mendatangkan keuntungan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, beragam kemudahan pun sudah banyak ditawarkan, salah satunya adalah kamu bisa berinvestasi hanya lewat smartphone saja. 

Namun, mencari tempat investasi yang aman terbilang gampang-gampang susah. Sebab, ada banyak sekali pemberitaan tentang investasi bodong yang sangat merugikan para investor. Sebenarnya terdapat banyak indikator dalam menentukan tempat investasi yang aman. Namun, yang paling penting mungkin apakah tempat investasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan bisa mendatangkan cuan dalam portofoliomu. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat investasi yang aman dan paling menguntungkan sebagai referensi kamu!

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Mulai Belajar Investasi Modal Kecil

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat investasi terbaik dan aman buat kamu!

1. P2P Lending

Tempat investasi yang aman ini sedang populer dan banyak diminati oleh masyarakat. P2P lending sendiri merupakan skema pembiayaan yang mempertemukan investor alias pihak yang punya modal, dengan pihak peminjam yang sedang butuh modal. Sebagai imbal hasilnya, pemberi pinjaman atau umum disebut juga lender berhak mendapatkan bunga pinjaman.

Nah, salah satu platform P2P lending yang aman dan tepercaya sehingga kamu bisa gunakan untuk memulai berinvestasi adalah Amartha. Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P lending yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Dengan berinvestasi di Amartha sebagai pendana, kamu akan mendapatkan bagi hasil hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

2. Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang cukup populer dan sedang menjadi tren karena bisa melakukan investasi dengan modal mulai dari rendah. Keuntungan yang didapat pun cukup menjanjikan, bisa mencapai 20% per tahun.

Adapun, uang yang kamu investasikan di reksadana akan dikelola oleh manajer investasi profesional. Lalu, manajer investasi dengan menyebar modal yang kamu investasikan di pasar uang untuk mendapatkan keuntungan.

Walaupun keuntungan yang didapat cukup besar, namun hal ini bergantung pada harga instrumen investasi di pasar uang. Jika sedang turun, maka modal yang kamu setorkan pun bisa berkurang.

Saat ini, telah tersedia banyak reksadana online yang bisa kamu pilih dan kelola dengan mudah. Jika kamu ingin mendapatkan return yang besar, dapat memiliki reksadana saham dengan risiko yang cukup tinggi. Namun, sebaiknya memilih manajer investasi terbaik dengan melihat track record nya.

3. Obligasi

Obligasi atau surat utang adalah  produk investasi yang dapat ditemukan di pasar modal dan menjadi salah satu tempat investasi yang aman dan bisa mendatangkan keuntungan.

Obligasi biasanya dikeluarkan oleh Korporasi maupun Negara berupa surat-surat berharga kepada pihak yang membutuhkan modal, baik swasta maupun pemerintah. Namun obligasi ini bisa juga diterbitkan oleh perseorangan. Di dalam obligasi yang diterbitkan, biasanya tercantum pernyataan bahwa setiap pembeliannya memiliki bunga yang akan berkembang dan memberi keuntungan bagi pemiliknya dalam jangka waktu tertentu. 

Obligasi memiliki return yang baik dan menguntungkan bagi portofoliomu karena bunga obligasi lebih tinggi daripada bunga Bank Indonesia (BI). Secara risiko, obligasi terbilang aman, terutama investasi obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

4. Saham

Tempat investasi yang aman berikutnya adalah saham. Untuk pemula agar investasi saham aman dan rendah risiko, kamu bisa memilih saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30.

Saham-saham di indeks ini adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki fundamental yang baik dan likuiditas tinggi sehingga lebih aman dari risiko kerugian akibat nilai saham yang turun.

Sebagai informasi, saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Suatu perusahaan akan membagikan dividen kepada para pemilik saham, dari situlah Anda akan mendapatkan keuntungan.

Jenis investasi ini memang memiliki potensi yang sangat menguntungkan, namun juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Karena itu, dibutuhkan analisa yang mendalam untuk memutuskan investasi terbaik pada saham perusahaan apa yang akan dibeli.

5. Emas

Salah satu tempat investasi yang aman satu ini cukup banyak diminati, terutama bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas. Apalagi, logam mulia ini sekarang bisa kamu dapatkan dalam beberapa ukuran, mulai dari yang besar (100 Gr) hingga yang terkecil (0,5 Gr).

Harga emas yang relatif stabil dan naik setiap tahunnya, menjadi alasan tepat mengapa kamu perlu berinvestasi dalam bentuk emas karena emas memiliki tingkat likuiditas tinggi atau sifatnya yang mudah dicairkan dan dapat melindungi kekayaan. Artinya emas mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu. 

Selain termasuk investasi yang aman, emas juga bisa memberikan keuntungan yang besar. Pilihlah emas batangan sebagai investasi, karena memiliki untung yang lebih besar ketimbang emas perhiasan.

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png