icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Tips Memilih Aplikasi Investor Terbaik
icon-lang
icon-lang

5 Tips Memilih Aplikasi Investor Terbaik

By Team Amartha Blog - 17 Jan 2022 - 3 min membaca

Jangan Salah Pilih, Pahami Kiat Temukan Aplikasi Investor Terpercaya

Ikut terjun ke dunia investasi sudah bukan hal yang asing lagi. Fakta yang ada di lapangan, banyak para pekerja muda yang menyisihkan pendapatannya dan masuk ke dunia investasi mulai dari pasar uang hingga investasi konvensional seperti tanah, emas, dan properti. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, para investor semakin dimanjakan dengan munculnya aplikasi investor.   

Ini merupakan salah satu cara yang digunakan generasi milenial untuk mulai berinvestasi secara online. Hanya saja, tidak semua aplikasi tersebut yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Agar tidak terjebak dengan aplikasi yang menawarkan investasi bodong, berikut ini cara memilih aplikasi investasi yang terbaik dan terpercaya. 

1. Perhatikan Legalitas

Tips pertama yang harus diperhatikan ketika akan memilih aplikasi investasi yang terbaik adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut telah mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini dikarenakan OJK merupakan badan berwenang yang melakukan pengawasan secara menyeluruh kepada semua penyedia jasa keuangan. 

Jadi, dalam memilih aplikasi investor OJK adalah sebagai acuan untuk memastikan aman tidaknya suatu aplikasi investasi. Selain itu, pastikan juga aplikasi tersebut dikeluarkan oleh lembaga keuangan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus di mata masyarakat. Untuk mencari informasi mengenai aplikasi investasi yang sudah memiliki izin resmi, kamu bisa melakukan pengecekan melalui website resmi OJK. 

2. Tampilan User Friendly

Selain legalitas, tips kedua dalam mencari aplikasi investasi yang terbaik adalah yang mampu menawarkan interface yang user friendly. Sebab, salah satu tujuan menggunakan aplikasi investasi adalah mencari yang mampu memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi investor saat melakukan transaksi. 

Sebagai contoh, saat menggunakan aplikasi investor saham kamu bisa melakukan investasi hanya dengan beberapa kali klik pada smartphone. Ini dikarenakan tampilan muka yang dimiliki aplikasi tersebut tidak membingungkan calon investor. 

Baca Juga: 
5 Tips Investasi Bagi Pemula Yang Aman dan Menguntungkan

3. Cek Fitur

Tips ketiga dalam mencari aplikasi investasi yang terbaik adalah dengan mengecek fitur apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan mencari review dari pengguna sebelumnya di Google Play Store pada bagian review. Atau, bisa juga dengan cara mencari artikel yang mengupas secara tuntas tentang aplikasi tersebut. 

Mulai dari cara mendaftar di aplikasi investor, cara memilih produk, kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli investasi, mudah dalam hal akses informasi, dan sebagainya. Pastikan juga tidak ada biaya tersembunyi yang harus dibayar di kemudian hari. 

4. Pahami Skema Investasi

Dari sekian banyak aplikasi investor Indonesia yang ada di Play Store, pastikan untuk memilih aplikasi yang transparan dalam metode pengelolaan dana yang diperoleh dari investor. Sebuah aplikasi yang terpercaya tentu akan memberikan edukasi kepada pengguna agar bisa memaksimalkan dana yang dimiliki demi menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

5. Penawaran Keuntungan Wajar

Tips terakhir yang harus dilakukan untuk menemukan aplikasi investasi yang terbaik adalah dengan memperhatikan penawaran keuntungan. Pada lembaga keuangan yang memiliki izin resmi dari OJK akan memberikan imbal hasil dalam batasan yang wajar, tergantung dari jenis investasi yang dipilih. 

Jadi, jangan langsung percaya jika ada aplikasi yang menawarkan profit lebih dari 50%. Bisa jadi itu adalah aplikasi bodong karena memberi penawaran imbal hasil yang menyalahi regulasi yang telah ditentukan. 

Jika sudah memahami kelima tips tersebut, itu tandanya kamu sudah siap untuk berinvestasi. Sebagai rekomendasi, gunakan aplikasi investor terbaik dari P2P lending Amartha. Sebab, aplikasi ini telah mengantongi legalitas dari OJK dan menawarkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Mau investasi aman dan nyaman, aplikasi Amartha jawabannya. Yuk, mulai berinvestasi di Amartha.  

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png