icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 6 Cara Main Saham Online Agar Terhindar dari Kerugian
icon-lang
icon-lang

6 Cara Main Saham Online Agar Terhindar dari Kerugian

By Team Amartha Blog - 28 Oct 2021 - 3 min membaca

Cara main saham sekarang bukanlah hal yang sulit dilakukan karena perkembangan teknologi. Sebab, sudah banyak platform yang menawarkan layanan investasi saham secara online. Dengan begitu, kamu bisa melakukan investasi saham lebih mudah, bahkan hanya lewat aplikasi smartphone yang disediakan platform investasi saham.

Investasi mulai 100 ribu sudah bisa dilakukan di instrumen saham. Cermatlah dalam bermain saham agar keuntungan yang di dapat tinggi. Meski demikian perlu kamu ketahui bahwa risiko main saham juga tinggi.

Keuntungan dari investasi saham dapat dibedakan dalam 2 jenis. Pertama, dividen. Untuk mendapatkan dividen, investor harus memegang saham pada jangka waktu yang panjang selama periode tertentu. Kedua, capital gain atau selisih nilai dalam transaksi jual-beli saham.

Baca Juga: Banyak Emiten Bagi Dividen. Apa Itu Dividen?

Sebagaimana jenis investasi lainnya, bisnis saham juga memiliki risiko kerugian. Ada dua jenis risiko dalam investasi saham.

Pertama adalah capital loss atau kebalikan dari capital gain. Jadi, investor bisa merugi jika menjual saham saat nilainya menurun hingga lebih rendah dari harga belinya. Risiko yang kedua ialah likuidasi yang muncul saat perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan, atau bubar.

Pada dasarnya, berinvestasi saham secara online kini dapat dilakukan baik oleh investor berpengalaman maupun pemula. Nah, supaya terhindar dari kerugian, berikut ini adalah beberapa cara main saham online, terutama bagi pemula!

6 Cara Main Saham Online Supaya Terhindar dari Kerugian

1. Pilih Sekuritas yang Tepat untuk Main Saham Online

Cara pertama untuk main saham online adalah dengan memilih platform sekuritas untuk membeli saham. Kamu bisa menemukan banyak platform sekuritas yang tercatat resmi menjadi anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lantas, bagaimana cara memilih platform sekuritas saham online terbaik? Sebenarnya sih tidak ada rumus bakunya. Sebab, berbagai platform sekuritas saham online yang tercatat di BEI bisa dibilang sudah mumpuni secara keuangan karena mereka harus memenuhi modal minimum sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, jika kamu masih bingung, pilihlah platform sekuritas yang memiliki aplikasi saham online yang bagus dan dapat diandalkan. Kamu juga bisa mencoba menggunakan dummy-trade yang disediakan oleh beberapa platform sekuritas  tersebut untuk melakukan evaluasi atas bagus atau tidaknya aplikasi jual beli saham yang ditawarkan.

2. Daftar dan Buka Rekening Saham (Rekening Dana Nasabah)

Pendaftaran keanggotaan di perusahaan sekuritas saham sekarang juga dapat dilakukan secara online. Sebelum dapat melakukan transaksi beli jual saham, kamu harus mendaftar dan membuka rekening saham pada perusahaan sekuritas.

Dalam proses pembukaan rekening, kamu akan diminta untuk melampirkan sejumlah dokumen dan mengisi formulir khusus. Jika bingung, kamu dapat menghubungi langsung perusahaan sekuritas tersebut untuk mendapat bimbingan cara membuka rekening saham.

Perlu diketahui, rekening saham yang dimaksud pada pembahasan ini bukanlah rekening umum yang kamu gunakan sehari-hari.

Rekening ini khusus ditujukan menyimpan modal dalam transaksi beli jual saham atau yang lazim disebut dengan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Setiap perusahaan sekuritas pasti akan mengharuskan kamu memiliki RDN. Setiap saham yang ingin kamu beli modalnya akan masuk ke dalam RDN ini, begitu pun dalam menjualnya.

Baca Juga: 6 Bias Psikologis yang Bisa Menghambatmu dalam Membangun Kekayaan

3. Setor Modal

Cara main saham online berikutnya adalah dengan menyetor dana untuk melakukan transaksi saham.

Kamu bisa melakukan setoran modal ke rekening RDN dan jumlahnya tergantung jumlah transaksi saham yang akan dilakukan. Kamu harus melakukan deposit terlebih dahulu lalu baru bisa melakukan transaksi perdagangan saham.

Bila transaksi pertama berhasil, pada transaksi berikutnya kamu bisa melakukan pembayaran kewajiban dalam waktu 2 hari sejak transaksi atau settlement.

4. Lakukan Transaksi Beli dan Jual Saham Online

Dalam proses jual beli saham, kamu akan dikenakan biaya tertentu dengan nominal beragam atau berbeda-beda pada setiap perusahaan sekuritas.

Pada investasi saham, kamu akan mengenal istilah Lot, yang diartikan sebagai takaran harga layaknya suatu barang. Satuan Lot ini dipakai secara internasional dalam transaksi saham. BEI menetapkan pembelian saham minimal 1 Lot atau setara dengan 100 lembar saham.

Dengan demikian, kamu hanya dapat melakukan pembelian saham secara Lot, besaran berapa banyak Lot yang ingin dibeli tentu mengikuti kemampuan ekonomimu. Mahal atau murah harga saham menggambarkan nilai dan aset sebuah perusahaan.

5. Cari Referensi Saham yang Menguntungkan

Ketika bermain saham secara online, pasti kamu sudah mempunyai daftar incaran saham-saham apa saja yang akan dibeli atau dikoleksi. Jangan asal pilih. Perhatikan dengan benar. Cari tahu fundamental atau kinerja perusahaan tersebut dari tahun ke tahun, termasuk prospeknya ke depan.

Kamu dapat mencari tahu kinerja saham-saham tersebut di website Bursa Efek Indonesia, sosial media, atau forum diskusi para investor. Pelajari pula laporan keuangan perusahaan tersebut.

Belilah saham perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang baik. Selain itu, aktivitas bisnisnya berjalan lancar, dan cukup punya nama. Jadi, begitu ada guncangan ekonomi, harga sahamnya tidak turun drastis.

6. Amati Pergerakan dan Tren Harga Saham

Dalam hitungan menit, bahkan detik, harga saham bisa berubah. Banyak faktornya, ada eksternal maupun internal. Jadi, rajin-rajinlah mengamati pergerakan dan tren harga saham agar kamu tahu ke mana arahnya.

Ketika harga saham sudah sesuai target, maka kamu dapat memilih untuk menjualnya. Begitupun dengan tren saham. Misalnya bulan ini saham yang lagi naik daun, saham di bidang farmasi, bulan berikutnya perbankan.

Oleh karenanya, luangkan waktu untuk main saham online sekitar 15-30 menit per sesi. Kamu dapat selalu memperoleh informasi terbaru mengenai harga saham dan trennya, serta memaksimalkan keuntungan dari bermain saham.

Well, itulah beberapa cara main saham online, terutama bagi pemula supaya terhindar dari kerugian. Selamat mencoba ya!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png