icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 6 Tips Menabung bagi Karyawan dengan Gaji Kecil
icon-lang
icon-lang

6 Tips Menabung bagi Karyawan dengan Gaji Kecil

By Team Amartha Blog - 1 Nov 2021 - 3 min membaca

Tips Menabung yang Bisa Dicoba Karyawan Bergaji Kecil - Sulit mengelola gaji kecil terkadang menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang. Salah satu dampaknya yaitu kesulitan saat ingin merencanakan tabungan untuk masa depan.

Tapi jangan khawatir, karena kami punya solusi tips menabung untuk kamu. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.   Mulai Mengatur Keuangan

Tips atur keuangan
Sumber Foto: Shutterstock

Sesulit apapun, cobalah untuk memulai memanajemen keuangan kamu secara baik. Mulailah mengatur pengeluaran sejak dini. Untuk memulainya, buatlah rencana pengeluaran selama satu bulan kedepan saat menerima gaji.

Tips menabung untuk karyawan yang pertama adalah membuat list pengeluaran. Contohnya seperti pengeluaran untuk makan, listrik, sewa kost, transportasi, dan lainnya. Nah, sisanya bisa kamu alokasikan untuk menabung.

Jika dirasa masih sulit, kamu bisa membuat dan membawa bekal makanan sendiri dari rumah saat pergi ke tempat kerja. Cara ini terbukti ampuh untuk menekan pengeluaran yang boros.

2.   Merencanakan Goal yang Ingin Dicapai

Setiap orang yang menabung pasti memiliki goal yang ingin dicapai. Contohnya seperti membeli motor, mobil, berlibur, kuliah dan lainnya.

Goal ini merupakan rencana masa depan kamu. Terlebih jika tabungan tersebut ingin digunakan untuk hal-hal yang bersifat positif.

Agar target menabung bisa sesuai dengan rencana, maka cari tahu informasi goal yang kamu inginkan. Misalnya ingin melanjutkan kuliah sambil kerja. Dengan begitu, kamu akan menjadi termotivasi.

3.   Membuat Rekening Khusus Tabungan

Buatlah rekening terpisah untuk menabung. Jangan satukan rekening untuk menabung dan rekening pemasukan. Tujuannya agar tidak tercampur. Selain itu, cara ini juga dapat memudahkan kita untuk memantau keuangan dengan baik.

Jika diperlukan, silahkan kamu cari tabungan berencana. Jenis tabungan berencana umumnya tidak memiliki potongan. Tabungan berencana ini juga bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, mulai dari bulanan hingga tahunan.

Baca Juga: Mudah dan Praktis! 7 Tips Hemat Uang Jajan Setiap Hari

4.   Menabung Setiap Hari di Celengan

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga
Sumber Foto: Pexels

Meski terkesan kekanakan-kanakan, namun cara ini ampuh sebagai tips menabung harian. Kamu bisa mengisi celengan dengan uang receh mulai dari ribuan hingga puluhan ribu.

Kamu juga bisa membuat tabel menabung harian agar bisa memantau perkembangannya. Setelah celengan terisi oleh uang yang banyak, kamu bisa menyimpannya di bank.

Cara ini terbukti efektif untuk menabung sehari-hari dan dalam jangka waktu yang panjang. Pilihlah jenis celengan yang tidak mudah dibongkar.  

5.   Melatih Diri untuk Berhemat

Sumber Foto: Pexels

Tips menabung selanjutnya adalah dengan berhemat. Kunci sukses dari menabung yaitu berhemat. Termasuk untuk para karyawan yang bergaji kecil. Selain itu, berusahalah untuk tidak konsumtif dan mengendalikan diri sendiri dari perilaku boros.

Sebagai informasi, menghemat uang juga termasuk dari bagian berinvestasi, lho. Karena uang yang berhasil dihemat bisa digunakan untuk ditabung.

Seimbangkan juga gaya hidup dengan penghasilan. Pasalnya, dengan gaya hidup yang boros, seorang karyawan dengan gaji dua digit saja belum tentu cukup. Maka dari itu, baik gaji yang kecil maupun besar, usahakan untuk tidak berlebihan dalam pengeluaran.

6.   Mulailah Berinvestasi!

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Mengalokasikan uang pada sebuah instrumen investasi adalah keputusan yang tepat. Karena menyimpan uang pada investasi akan mendatangkan keuntungan dibandingkan dengan hanya ditabung begitu saja.

Sebut saja salah satunya jenis investasi P2P (Peer to Peer) lending yang saat ini sedang populer. P2P adalah salah satu investasi yang cocok untuk pemula dan bergaji kecil.

Salah satu platform fintech yang menyediakan investasi P2P lending yaitu Amartha. Di sini kamu bisa mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun. Sistemnya yaitu menanamkan modal kepada para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Dengan tips menabung di atas, kini kamu bisa menyisihkan uang dengan mudah. Terlebih jika kamu bisa berinvestasi sambil memberdayakan UMKM di Amartha. 

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png