icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Apakah Investasi Jangka Panjang Menguntungkan?
icon-lang
icon-lang

Apakah Investasi Jangka Panjang Menguntungkan?

By Team Amartha Blog - 28 Oct 2020 - 3 min membaca

Umumnya orang yang baru akan memulai investasi akan sedikit kesulitan dalam menentukan jenis investasi yang cocok untuk dirinya. Yang paling sering terjadi adalah kebingungan untuk menentukan pilihan menjadi investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang.

Seperti yang telah diketahui, dalam dunia investasi, kamu akan mengenal istilah investasi untuk jangka pendek maupun investasi untuk jangka panjang. Namun, perlu kamu tahu, kedua jenis investasi ini sebenarnya punya karakteristik yang sangat bertolak belakang.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para investor pemula adalah hanya melihat dari sisi keuntungan saja dalam memilih investasi. Padahal, ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis investasi, seperti kebutuhan dan tujuannya.

Sebelum memilih melakukan investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang, ada baiknya kamu tahu karakteristiknya.

Nah, berikut ini adalah karakteristik yang membedakan investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang!

Karakteristik Investasi Jangka Pendek:

  • Jangka waktu investasi maksimal 1 tahun, bahkan kurang dari 1 tahun.
  • Keuntungan yang didapat lebih cepat
  • Keuntungan yang didapat kurang maksimal karena beberapa faktor seperti biaya investasi dan juga inflasi
  • Risiko cenderung lebih besar
  • Bisa memenuhi kebutuhan darurat dan kebutuhan jangka pendek

Karakteristik Investasi Jangka Panjang:

  • Jangka waktu investasi biasanya bisa di atas 5 tahun.
  • Keuntungan yang didapat umumnya lebih konsisten dan lebih besar
  • Keuntungan bisa saja tidak maksimal jika waktu investasinya tidak pas dengan kondisi pasar atau perekonomian yang sedang lesu
  • Tidak memperdulikan fluktuatif (naik dan turunnya harga) dalam jangka pendek
  • Ideal untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang dan kebutuhan dana yang cukup besar
  • Investasi jangka panjang bisa mengalahkan inflasi

Kebanyakan investor yang sudah berpengalaman cenderung lebih memilih berinvestasi dalam jangka panjang. Pasalnya, investasi jangka panjang akan lebih memaksimalkan efek compounding.

Investasi Dengan Skema Compounding Lebih Menguntungkan, Kenapa?

Sebagai informasi, efek compounding merupakan kemampuan sebuah aset yang mampu menghasilkan keuntungan yang kembali diinvestasikan, agar kemudian mampu menghasilkan keuntungan lagi. Artinya, efek compounding bisa dikatakan sebagai efek yang menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.

Selain itu, investasi jangka panjang juga meminimalisir potensi risiko. Meski durasinya lebih lama, investasi jangka panjang terbukti mampu meningkatkan nilai uang yang diinvestasikan secara konsisten. Apalagi, kestabilan laju investasi jangka panjang memungkinkan tingkat stabilitas yang jauh lebih besar dan risiko yang jauh lebih rendah daripada investasi jangka pendek.

Terakhir, investasi jangka panjang juga ideal untuk pemenuhan berbagai kebutuhan yang sifatnya diperlukan di masa depan seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga dana pensiun.

Semua kebutuhan jangka panjang tersebut dapat dipenuhi dengan imbal hasil investasi jangka panjang. Investor hanya perlu bersabar karena waktu yang dibutuhkan memang lebih lama.

Meski menguntungkan, investasi jangka pandang jelas membutuhkan kesabaran yang lebih karena imbal hasil baru bisa didapatkan dalam waktu yang cenderung lebih lama dari investasi jangka pendek.

Terlepas dari hal tersebut, menentukan untuk berinvestasi jangka panjang ataupun jangka pendek adalah keputusan yang harus kamu buat sendiri. Nah, selamat mencoba!

Artikel Terkait

Banyak Milenial Mulai Investasi. Apa Itu Investasi?

Keuangan

Apakah Investasi Jangka Panjang Menguntungkan?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png