icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Apakah Saham Bisa Jadi Investasi Aman untuk Pemula?
icon-lang
icon-lang

Apakah Saham Bisa Jadi Investasi Aman untuk Pemula?

By Team Amartha Blog - 2 Nov 2021 - 3 min membaca

Saham Bisa Menjadi Investasi Aman untuk Pemula, Tapi dengan Syarat -Saat ini saham merupakan salah satu investasi yang terbilang populer.

Namun, apakah saham merupakan investasi aman untuk pemula? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan coba memaparkan semua informasi yang berkaitan dengan saham dan risikonya.

Di akhir artikel kami juga akan menjawab terkait apakah investasi ini aman untuk pemula atau tidak? Jadi, simak artikel ini hingga selesai.

Apa Saja Risiko Investasi Saham?

Ada alasan kenapa pertanyaan “apakah saham aman untuk pemula?” sering dilontarkan oleh banyak orang. Salah satu alasannya tentu saja karena risiko yang menyertainya. Maka dari itu, yuk, kita kenali terlebih dulu apa saja risikonya.

1.   Kerugian Modal

Capital loss adalah salah satu risiko dari investasi saham. Capital loss artinya kerugian modal atau penurunan nilai investasi. Hal tersebut dapat menimbulkan kerugian untuk para investor.

Capital loss biasanya diakibatkan oleh rendahnya harga jual saham dibandingkan harga belinya. Hal ini terjadi karena nilai saham kerap berubah-ubah setiap waktu.

2.   Penghentian Perdagangan Saham

Risiko selanjutnya yang mungkin sering dialami oleh investor saham yaitu suspensi. Istilah suspensi ini artinya adanya penghentian perdagangan sebuah saham yang dilakukan oleh bursa efek. Suspensi terjadi karena sejumlah faktor tertentu. Bahkan suspensi saham ini bisa terjadi selama beberapa hari.

3.   Bursa Mengalami Delisting

Arti dari istilah delisting yaitu sistem penghapusan suatu emiten di bursa saham. Penghapusan ini dilakukan secara resmi oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) yang mengakibatkan kebangkrutan. 

Alasan kenapa BEI melakukan delisting pun cukup banyak. Salah satu contohnya karena saham tersebut ‘ditendang’ dari bursa sesudah disuspensi bertahun-tahun. Dengan begitu, investor akan mengalami kerugian karena harus menjual sahamnya yang cenderung turun.

4.   Likuidasi

Risiko ini biasanya terjadi jika suatu perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh sejumlah investor dinyatakan bangkrut. Berita kebangkutan ini biasanya dirilis atau dinyatakan langsung oleh pengadilan maupun pembubaran.

Saat perusahaan mengalami likuidasi, maka pemegang saham hanya bisa mendapatkan sisa hartanya. Namun, bisa saja pemegang saham tidak mendapatkan apa-apa jika perusahaan tersebut tidak memiliki harta yang tersisa.

Baca Juga:  5 Jenis Investasi 100 Ribu untuk Investor Pemula

Apakah Investasi Saham Aman untuk Investor Pemula?

Jawabannya, saham bisa menjadi investasi aman untuk pemula. Namun dalam batasan-batasan tertentu. Batasan yang kamu maksud yaitu dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut:

1.   Menentukan Perusahaan Sekuritas

Pilihlah investasi aman OJK. Untuk investasi saham terbaik, pilihlah perusahaan sekuritas yang merupakan perantara untuk jual beli saham dan membantu proses pembukaan rekening BEI.

Pastikan perusahaan sekuritas tersebut sudah dinyatakan resmi. Cara mengetahui resmi atau tidaknya silahkan kamu cek di situs resmi otoritas bursa.

2.   Jangan Menempatkan Modal Terlalu Besar

Investasi saham yang aman untuk pemula adalah investasi yang kamu mulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Tujuannya agar ketika berpotensi mengalami kegagalan, kamu tidak rugi terlalu besar.

3.   Wajib Melakukan Riset!

Seorang pemula harus belajar melakukan riset saat berinvestasi saham. Perlu dicatat, bahwa investasi saham bukanlah spekulasi. Investasi seperti saham bisa kita prediksi pergerakannya untuk meningkatkan potensi keuntungan dan meminimalisir kerugian.

4.   Selalu Memantau Pergerakan Pasar

Kamu wajib terus memantau kondisi pasar dari waktu ke waktu. Jika diperlukan, silahkan cek juga portofolio setiap hari. Untuk memantaunya kini sudah cukup mudah, salah satu caranya yaitu melalui sosial media dan media lain yang berisi informasi seputar harga saham terkini.

Saham bisa menjadi investasi aman untuk pemula, atau bahkan sebaliknya. Semua tergantung dari bagaimana cara kamu memulai dan menjalankannya. Sebagai informasi, kamu juga bisa melakukan investasi untuk pemula di P2P Lending lho.

Platform investasi Amartha menawarkan investasi modal kecil dengan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Selain itu, kamu juga bisa turut memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Yuk daftar sekarang!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png