icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Bukti Investasi Emas Adalah Investasi yang Bagus untuk Pemula
icon-lang
icon-lang

Bukti Investasi Emas Adalah Investasi yang Bagus untuk Pemula

By Team Amartha Blog - 10 Nov 2021 - 3 min membaca

6 Alasan Kenapa Emas Menjadi Investasi yang Bagus untuk Pemula

Sedang mencari investasi yang bagus untuk pemula? Emas bisa menjadi investasi yang sedang kamu cari tersebut. Instrumen investasi ini sudah ada sejak lama. Hingga saat ini, terbukti emas masih menjadi komoditas yang populer dan menguntungkan.

Ingin tahu alasan kenapa emas cocok sebagai instrumen investasi untuk pemula? Berikut ini kami sudah merangkum sejumlah alasannya yang menjadi kelebihan dari komoditas tersebut.

1.   Mudah Dicairkan Kapan Saja

Tidak ada investasi selain emas yang mudah dalam proses pencairan. Bahkan, hari ini kamu membelinya, keesokan harinya bisa kamu cairkan kembali menjadi uang tunai. Hal tersebut membuktikan bahwa emas adalah komoditas yang mudah sekali kamu cairkan kapan saja.

Sedangkan investasi lain biasanya menawarkan sistem pencairan yang berbeda-beda. Contohnya seperti deposito yang menawarkan sistem pencairan berjangka mulai dari 3, 6, 12, 24, hingga 36 bulan.  

2.   Tidak Dikenakan Pajak

Menanamkan modal dengan membeli emas juga punya keuntungan dari sisi perpajakan. Memilih investasi emas merupakan solusi bagi kamu yang saat ini sedang mencari investasi yang bebas pajak.

Investasi lain seperti saham tidak seperti investasi emas. Pemilik saham pada suatu perusahaan tertentu tidak bisa langsung bisa dinikmati oleh pemiliknya. Pasalnya, keuntungan yang didapatkan dari saham akan dikenakan pajak.

3.   Nilainya Cenderung Stabil 

Setiap tahunnya, emas sering mengalami kenaikan harga. Terutama untuk jenis investasi emas antam yang nilainya lebih baik dibandingkan dengan emas biasa. Itulah yang menjadi alasan kenapa emas disebut sebagai komoditas yang mampu melindungi nilai kekayaan seseorang.

Harga emas juga relatif stabil setiap tahunnya. Sehingga pada saat kita jual kembali, pemilik investasi tersebut berpotensi untuk mendapatkan hasil yang baik atau bahkan lebih tinggi.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang yang besar untuk berinvestasi emas. Bahkan kamu juga bisa memilih perhiasan emas sebagai salah satu pilihannya. Artinya, baik emas antam maupun emas berbentuk perhiasan, keduanya menawarkan keuntungan yang sama.

Baca Juga: Menakar Investasi Emas dan P2P Lending, Lebih Untung Mana?

4.   Bebas dari Bunga

Beberapa investasi lain cenderung memiliki selisih yang signifikan antara aset yang kamu miliki dengan nilai yang kamu dapatkan. Hal tersebut dikarenakan adanya bunga pada beberapa jenis instrumen investasi.

Akan tetapi, tidak demikian halnya jika kamu memilih komoditas yang satu ini. Emas yang kamu cairkan menjadi uang tunai setara dengan apa yang kamu miliki di dalam tabungan. Maka dapat disimpulkan bahwa emas memang investasi yang bagus untuk pemula

5.   Bersifat sebagai Tabungan

Emas yang kamu beli juga bisa dikatakan sebagai tabungan dan dana darurat. Pasalnya, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, emas sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai. Saat kamu membelinya, itu sama halnya dengan menabung.

Emas juga bisa kamu jadikan sebagai sumber dana darurat. Bahkan jika dibandingkan dengan tabungan konvensional, komoditas ini justru lebih menguntungkan karena berpotensi mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.

6.   Menawarkan Perlindungan dari Inflasi

Instrumen investasi ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya komoditas yang bisa mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Selain itu, komoditas ini juga ‘kebal’ terhadap inflasi.

Nilai komoditas ini akan mengalami kenaikan seiring dengan meningkatkan biaya hidup. Bahkan sering juga mencapai nilai tertinggi selama periode inflasi.

Seperti yang kita ketahui, saat inflasi, uang cenderung akan menjadi rendah. Namun sebaliknya, emas justru semakin tinggi harganya.

Bagaimana, tertarik untuk memulai investasi emas? Selain emas, ada juga investasi yang bagus untuk pemula, yaitu P2P Lending Amartha yang menawarkan imbal hasil hingga 15% per tahun.

Di Amartha kamu bisa berinvestasi sambil berbuat kebaikan karena mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan pengusaha mikro di pedesaan lho. Berdasrkan hasil riset Amartha, 41% mitra Amartha berhasil keluar dari angka kemiskinan karena modal kerja dari lenders serta pendampingan usaha dari Amartha.

Yuk daftar jadi pendana sekarang!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png