icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Cara Hemat Pengeluaran Saat Ramadan Ala Martha
icon-lang
icon-lang

Cara Hemat Pengeluaran Saat Ramadan Ala Martha

By Team Amartha Blog - 28 Apr 2021 - 3 min membaca

Bulan Ramadan identik dengan pengeluaran yang mencapai dua kali lipat dibanding bulan lainnya. Itu artinya, sudah saatnya untuk mulai berpikir merencanakan keuangan agar pengeluaran tetap terkendali selama bulan puasa hingga Hari Raya Lebaran.

Pada umumnya, harga sejumlah kebutuhan pokok akan mulai merangkak naik jelang bulan Ramadan. Biasanya semua menjadi serba mahal lantaran tingginya permintaan.

Jika tidak disiasati secara cermat, pengeluaranmu sudah pasti membengkak selama bulan puasa. Bisa-bisa, gaji bulananmu tidak akan cukup untuk membiayai hidup.

Nah, untuk menghemat pengeluaran selama Bulan Ramadan, Martha punya beberapa caranya nih. Berikut ini adalah cara hemat pengeluaran saat bulan Ramadan Ala Martha!

1. Buat Rencana Keuangan Selama Bulan Ramadan

Membuat rencana keuangan sangatlah penting. Selama Bulan Ramadan, ada baiknya kamu mencatat seluruh daftar kebutuhan selama sebulan penuh. Bahkan, kalau perlu sampai Lebaran, supaya kamu punya gambaran untuk alokasi anggarannya.

Lakukan hal ini seminggu atau dua minggu sebelum Bulan Ramadan tiba. Selain menyusun kebutuhan apa saja yang ingin dibeli, kamu juga bisa membuat menu makanan sehari-hari selama bulan puasa.

Tips Efektif Budgeting Sistem Amplop

Tuliskan secara detail dan lengkap, termasuk perkiraan anggarannya. Cocokkan dengan pemasukan atau penghasilan kamu. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari gajimu. Jika hal itu sampai terjadi, segera coret pengeluaran yang tidak perlu atau masih dapat ditunda.

Untuk lebih berhemat, kamu bisa mengakalinya dengan memprioritaskan membeli kebutuhan pokok dengan kuantitas seperlunya saja, tidak berlebihan agar tidak menyebabkan pemborosan, serta membeli barang yang harganya lebih murah.

2. Catat Pengeluaran Harian

Jika sudah membuat rencana keuangan untuk sebulan, dalam penerapannya kamu harus rajin mencatat pengeluaran harian. Soalnya, nih, jika tidak membatasi dan mencatat pengeluaran apa saja yang dilakukan, alih-alih berhemat, kamu malah makin boros.

Contohnya, merasa tidak mengeluarkan uang untuk makan siang, eh, malamnya dipakai untuk nongkrong dan jajan sampai larut malam. Kalau begini, sih, bakal sama saja! Jadi, pastikan kamu tahu berapa yang sudah dikeluarkan dan kelola sisanya dengan bijak.

3. Belanja Kebutuhan Pokok Langsung untuk Sebulan Ke Depan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga bahan pokok makanan menjelang dan selama Bulan Ramadan biasanya naik. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan kamu. Meski harga sembako dan lainnya lebih mahal, tapi kamu tetap membutuhkan bahan-bahan pokok untuk membuat menu makanan.

Supaya bisa berhemat, kamu harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kamu tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanjamu juga jadi efektif.

Perubahan Gaya Hidup Dramatis Yang Bikin Utang Cepat Lunas. Yuk Tiru!

4. Batasi untuk Berbuka Puasa di Luar Rumah

Jika ingin hemat saat Bulan Ramadan, jangan pernah melewatkan buka puasa di rumah. Kebiasaan berbuka puasa di luar rumah, terutama di restoran, cenderung membuatmu lebih boros.

Sebab, bukan hanya membeli makanan, kamu bisa jadi mampir ke tempat perbelanjaan yang menawarkan banyak diskon. Di sini, jiwa konsumtif kamu akan diuji.

5. Jangan Gampang Tergoda Tawaran Promo Belanja

Meski kamu sudah merencanakan keuangan jauh-jauh hari, namun biasanya orang akan ‘gelap mata’ begitu melihat banjir promo spesial Ramadan, seperti diskon, cashback, buy 1 get 1, dan promo lainnya.

Alih-alih berhemat, malah makin boros karena terlalu banyak yang dibeli. Aji mumpung, tapi kebablasan.   Jadi, pastikan kamu memanfaatkan promo untuk belanja kebutuhan pokok saja. Bukan menuruti keinginan semata yang bisa membuatmu menyesal nantinya.

Nah, itulah beberapa cara hemat pengeluaran saat bulan Ramadan Ala Martha. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa Biar Tak Boros!

Keuangan

Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

Gaya Hidup

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Intip 5 Ide Jualan di Bulan Puasa Menguntungkan

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png