icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Cara Jitu Atur Keuangan Pasca di PHK
icon-lang
icon-lang

Cara Jitu Atur Keuangan Pasca di PHK

By Team Amartha Blog - 16 Oct 2019 - 3 min membaca

Sebut saja namanya Mawar. Sudah hampir 10 tahun dia bekerja di perusahaan. Tiba-tiba, perusahaan sedang mengalami masalah keuangan. Mereka pun mulai mengurangi pegawai dengan mem-PHK beberapa karyawan. Tak disangka, Mawar pun termasuk salah satu pegawai yang akan di PHK. PHK bisa terjadi secara tiba-tiba. Bisa saja, perusahaan kamu bekerja sedang mengalami masalah keuangan. Dan kamu termasuk salah satu pegawai yang akan di PHK. Mengerikan bukan? Namun, jangan takut. Kamu perlu mengelola keuangan terlebih dahulu.  Jangan sampai, uang pesangon kamu sudah habis kurang dari satu bulan. Apalagi, jika penawaran pekerjaan Ada beberapa cara untuk mengatur keuangan pasca di PHK agar kamu tidak kehabisan uang. Berikut cara mengatur keuangan pasca di PHK: 

Bijak Menggunakan Uang Pesangon

Sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 156 ayat 1 bahwa perusahaan wajib membayar pesangon atau  atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima. Uang pesangon biasanya diberikan berdasarkan gaji pokok dan masa kerja karyawan. Namun, kamu harus bijak dalam menggunakan uang pesangon yang berharga ini, misalnya seperti untuk membayar utang atau disimpan untuk dana darurat. amartha

Atur Pengeluaran dan Pendapatan

Uang pesangon atau dana darurat yang kamu miliki ada baiknya digunakan untuk hal yang menunjang kehidupan sampai kamu mendapatkan pekerjaan. Untuk mengetahui hal-hal mana yang lebih penting maka kamu harus menyusun pos-pos pengeluaran seperti sandang, pangan, papan, hingga utang. Kamu harus teliti lagi menghitung jumlah pengeluaran keluarga setiap bulan secara rinci, hitung sisa utang yang sedang berjalan dan uang pesangon yang kamu terima.

Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup setelah di PHK masih sama dengan sebelum di PHK? Gawat! Sekarang waktunya kamu ubah gaya hidup. Lebih jelasnya adalah mengurangi kebiasaan yang dulu biasa kamu lakukan saat keuanganmu stabil. Misalnya, beli kopi satu hari minimal tiga gelas di kedai kopi kekinian. Hal-hal seperti ini bisa kamu kurangi menjadi hanya satu gelas per hari saja lho.

Cari Pemasukan Tambahan

Sambil menunggu panggilan interview pekerjaan, kamu bisa mengisi waktu luang dengan mencari penghasilan tambahan. Jika kamu memiliki bakat menyanyi mungkin kamu bisa mencoba untuk menawarkan jasa penyanyi di pernikahan atau acara lainnya. Jika kamu mempunyai bakat menulis. Kamu juga bisa menjadi freelance writer di media-media perusahaan. Kamu juga bisa mencek beberapa situs freelance ini. Cara lain mendapatkan penghasilan bisa dengan melakukan pendanaan di Amartha. Amartha merupakan salah satu alternatif investasi yang bisa kamu manfaatkan. Pasalnya, Amartha memberikan keuntungan menarik hingga 15% untuk setiap pendanaan yang kamu lakukan. Melalui pendanaan ini, kamu juga bisa memberdayakan para perempuan tangguh pelaku usaha mikro di desa dan mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi Indonesia.  Yuk, mulai mendanai di www.amartha.com!

Artikel Terkait

Cara Jitu Atur Keuangan Pasca di PHK

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png