icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Cara Melunasi Hutang Dengan Perubahan Gaya Hidup Dramatis
icon-lang
icon-lang

Cara Melunasi Hutang Dengan Perubahan Gaya Hidup Dramatis

By Team Amartha Blog - 28 Mar 2021 - 3 min membaca

Salah satu cara melunasi hutang adalah dengan membayarnya. Kecepatan melunasi hutang tergantung pada kemauan dan tekad kita. Merubah gaya hidup dengan dramatis, bisa menjadi solusinya.

Bicara soal melunasi hutang, ada pepatah yang mengatakan, "Drastic times call for drastic measures." Jika kamu tidak tenggelam dalam utang, itu mungkin berhasil untuk menghilangkannya, mengurangi, dan menendang bunga tambahan di sana-sini.

Namun terkadang, hal tersebut membutuhkan perubahan gaya hidup yang drastis untuk memindahkan segunung hutang. Kamu mungkin harus keluar dari zona nyaman, setidaknya untuk sementara waktu.

Namun di waktu yang sama kamu dapat melunasi hutang dan memulai hidup baru dengan kebebasan finansial yang lebih cepat.

1. Jual Kendaraan

Memiliki mobil memang memudahkan hidup, tapi biaya memiliki sebuah kendaraan sangatlah besar. Memiliki satu kendaraan dalam satu rumah, atau tidak memiliki kendaraan sama sekali mungkin tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Jika dalam satu rumah tangga ada yang bekerja dekat dan jauh, yang satu dapat menggunakan kendaraan, sementara yang lain dapat menggunakan sepeda, berjalan kaki, atau naik transportasi umum.

Dengan menyingkirkan kendaraan, bisa jadi dapat mengurangi biaya transportasi secara drastis. Selain itu ada keuntungan lainnya, dalam hal kesehatan seperti olahraga sehingga dapat membatalkan biaya keanggotaan di pusat olahraga dan mengalihkan untuk hal lain seperti investasi

Sekalipun tidak menyingkirkan kendaraan, Anda mungkin masih bisa berhemat mungkin dengan menukarnya dengan model yang lebih murah atau yg memiliki bahan bakar yang murah.

2. Tinggal Bersama

Tinggal bersama teman atau roommate adalah salah satu cara yang paling bagus untuk menghemat banyak pengeluaran dan melunasi utang. Masalahnya, mendapatkan teman sekamar adalah hal yang susah-susah gampang apalagi bila Anda terbiasa hidup sendiri. Tinggal dengan teman sekamar diperlukan komitmen yang tidak mudah.

Tips memilih teman sekamar:

  • Jangan berasumsi bahwa teman yang baik akan menjadi teman sekamar yang baik. Anda tentunya tidak ingin kehilangan teman baik karena kebiasaan hidup yang tidak sesuai.
  • Cari teman sekamar seolah olah Anda sedang mempekerjakan mereka untuk suatu pekerjaan. Anda bisa memeriksa latar belakang pekerjaan, hingga riwayat kredit untuk memastikan merekalah orang yang tepat. Pastikan Anda mematuhi hukum yang berlaku juga, terutama soal diskriminasi. 

Baca Juga: Apakah Utang Mempengaruhi Kesehatan Mental?

3. Pindah ke Rumah Yang Lebih Kecil

Jika Anda memaksimalkan anggaran untuk membeli rumah terakhir, pindah dan belilah rumah yang lebih kecil dengan angsuran yang lebih kecil dapat menghemat banyak uang yang dapat digunakan untuk membayar hutang.

Anda mungkin berpikir bahwa membeli rumah yang lebih besar adalah pilihan yang tepat, namun, apakah Anda membutuhkan ruang sebanyak itu? Bisakah Anda sedikit saja berkorban dan menghemat bahkan dalam waktu yang singkat? 

Memiliki rumah yang lebih kecil mungkin akan menimbulkan banyak pertentangan, apalagi bila sudah berkeluarga. Namun, perlu diingat kembali, tujuan utama Anda adalah melunasi utang dengan cepat. 

Rumah yang lebih kecil dapat menghemat banyak hal seperti biaya angsuran yang lebih rendah, biaya pemeliharaan yang kecil, pajak properti yang murah, dan properti yang sedikit.

4. Terobsesi Dengan Utang

Sampai saat ini, Anda mungkin belum terlalu memperhatikan utang Anda. Maksudnya, Anda hanya menghabiskan waktu beberapa menit setiap bulannya untuk melihat tagihan dan melupakannya. Namun, untuk melunasi utang dengan cepat, Anda harus memiliki obsesi yang sehat dengan angka.

Jangan pernah gunakan "tidak pandai matematika" sebagai alasan dan berkomitmenlah untuk membuat kemajuan. Mungkin Anda memerlukan spreadsheets, daftar, atau aplikasi smartphone untuk menghitung dan menyimpan utang yang dimiliki.

Anda mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam setiap minggunya untuk memasukkan pembayaran, menyesuaikan saldo, dan menghitung ulang timeline pembayaran utang. Meski agak merepotkan, hal tersebut membuat Anda tersadar dan fokus pada target. 

Itulah beberapa perubahan gaya hidup yang drastis dan dramatis yang bisa Anda coba untuk melunasi utang dengan cepat. Bertahanlah sebentar saja, dan nikmati hasilnya di masa depan. Semangat ya!

Artikel Terkait

Cara Melunasi Hutang Dengan Perubahan Gaya Hidup Dramatis

Keuangan

Ingin Hemat Beli Kosmetik? Berikut 5 Tips Mudahnya

Gaya Hidup

Begini Tips Hemat Pendiri Facebook

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png