icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Cara Menabung untuk "First Jobbers"
icon-lang
icon-lang

Cara Menabung untuk "First Jobbers"

By Team Amartha Blog - 17 Mar 2020 - 3 min membaca

First Jobbers merupakan istilah bagi orang yang telah berhasil memperoleh pekerjaan pertama. Yap, bagi Anda para first jobbers, uang merupakan sesuatu yang penting untuk tetap bisa bertahan menjalani keberlangsungan hidup.  Maka dari itu, hindari gaya hidup hedonisme dan mulailah belajar menabung. Berikut ini adalah trik jitu agar sukses menabung khususnya bagi para first jobbers :

Perhitungan 50/30/20

Cara menabung untuk first jobbers yang pertama adalah segera pisahkan penghasilan yang Anda dapat sebelum Anda menggunakannya. Anda harus memastikan sebuah strategi saat menerima penghasilan atau gaji Anda dimana pembagiannya menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan; ada yang di awal bulan, tengah bulan bahkan ada yang di akhir bulan.

Siasati sistem keuangan Anda dengan membagi peneluaran Anda menjadi tiga bagian dengan perhitungan 50/30/20, yakni untuk 50% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk simpanan. Aturlah 50% dari penghasilan digunakan untuk kebutuhan hidup seperti biaya huni, biaya makan, biaya transportasi dan sebagainya. Kemudian sesuaikan 30% dari penghasilan untuk gaya hidup, misalnya untuk hiburan dan sebagainya. Sisanya, atur 20% persen dari penghasilan Anda untuk ditabung ke dalam rekening yang paling jarang diakses.

Buatlah Catatan Cashflow Keuangan

Anda harus rutin dan disiplin mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan keuangan sehari-hari. Hal tersebut terbukti mampu memberikan kendali perihal keuangan karena Anda jadi bisa melihat detail dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Jangan buang semua struk belanja atau nota pembayaran dari apa saja yang telah dibayar ; baik itu transaksi yang telah terencana maupun yang belum.

Mulai membuat catatan dan lakukan update tiap kali Anda telah melakukan transaksi. Dengan begitu, Anda bisa langsung melihat besaran jumlah pengeluaran bulan ini. Saat Anda melihat jumlah pengeluaran yang telah melewati batasan yang telah ditentukan, biasanya secara psikologis Anda otomatis bertindak bagaimana caranya bisa mengurangi pengeluaran keesokan harinya.

Optimalkan Fasilitas Tempat Kerja

Menjadi bagian dari sebuah perusahaan, biasanya memberikan Anda berbagai kemudahan. Saat ini telah banyak perusahaan yang menyediakan sarana dan prasarana yang memudahkan kehidupan karyawannya. Ada yang menyediakan sarana olahraga seperti keanggotaan gym, makan siang, transportasi, asuransi kesehatan, hiburan, dan beragam fasilitas lainnya.

Kurangi Pengeluaran

Sudah pasti, hal ini perlu Anda lakukan. Mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang belum dibutuhkan terbukti sebagai tips menabung yang jitu. Tujuannya tentu saja untuk menambah pundi-pundi Anda di dalam tabungan. Cara mengurangi pengeluaran ini dapat dimulai dengan membuat kopi tanpa harus menjadi bagian dari antrean kopi di gerai. Anda pun dapat melakukannya dengan datang lebih pagi untuk mengurangi pengeluaran transportasi yang lebih mahal dengan berjalan kaki untuk rute yang memungkinkan.

Bandingkan Harga Sebelum Belanja

Gengsi sering kali jadi musuh terbesar bagi para first jobber. Perasaan ingin memiliki sesuatu dan tidak ingin kalah dengan orang lain pun sering menghampiri. Oleh sebab itu, berbagai tips menabung rasanya tidak cukup memotivasi Anda jika tidak dimulai dengan hati. Memang bukan masalah jika Anda mampu mengendalikan keinginan-keinginan tersebut, tetapi cobalah untuk seekonomis mungkin dalam memperoleh barang-barang tersebut.

Cara menabung untuk first jobbers selanjutnya adalah pastikan Anda menyimpan tabungan Anda di tempat yang tepat. Bukan hanya aman dan terpercaya, namun juga memberikan keuntungan yang lebih bagi keuangan Anda.

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png