icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Punya Gaji 5 Juta, Cukupkah Untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga?
icon-lang
icon-lang

Punya Gaji 5 Juta, Cukupkah Untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga?

By Team Amartha Blog - 10 Mar 2021 - 3 min membaca

Memiliki penghasilan 5 juta rupiah dalam satu bulan tanpa memiliki tanggungan adalah gaji yang terbilang "cukup" untuk seorang yang tinggal sendiri. Namun, bagaimana bila sudah berkeluarga dan memiliki anak?

Memiliki keluarga dengan gaji yang terbilang cukup adalah susah-susah gampang. Diperlukan komunikasi yang jelas dan disiplin dalam keluarga. Meski begitu, bukan berarti seorang dengan gaji 5 juta Rupiah sama sekali tidak bisa memenuhi tujuan di masa depan dan tidak berarti harus hidup dengan utang.

Biar Gak Keliru, Pelajari Psikologi Uang Dari Morgan Hausel Yuk!

Pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan tujuan keuangan di masa mendatang bisa tercapai jika dikelola dengan tepat. Perhatikan cara-cara mengelola keuangan keluarga dengan gaji 5 juta rupiah di bawah ini:

Cara Kelola Gaji 5 Juta Rupiah

1. Jangan Menambah Utang Konsumtif

Utang konsumtif hanya akan menambah pengeluaran pasif kamu serta mengurangi jumlah kekayaan bersih. Tidak ada salahnya untuk berutang, asalkan utang yang kamu miliki adalah utang produktif.

Beberapa contoh utang produktif adalah, utang pembelian aset yang tak mengalami depresiasi harga seperti rumah atau logam mulia, maupun utang untuk modal usaha.  Pastikan juga bahwa cicilan utang yang harus dibayarkan setiap bulan, tidak melebihi 35% dari penghasilan kamu.  

2. Tabungan atau Investasi Minimal 10% Dari Pemasukan

Nilai rasio menabung (saving ratio) yang ideal dalam perencanaan keuangan adalah 10% dari total pemasukan bulanan. Jika pemasukan kamu adalah 5 juta Rupiah, maka usahakan agar besaran tabunganmu minimal 500 ribu Rupiah.

Lebih dari itu tentu akan sangat baik. Meski demikian, kamu harus memastikan juga agar penempatan dana sebesar 500 ribu Rupiah yang kamu tabung atau investasikan berada di tempat yang tepat.

3. Terapkan Sistem Zero Budgeting untuk Mengelola Pengeluaran Tahunan dan Bulanan

Tidak dipungkiri bahwa besarnya pengeluaran akan menentukan segalanya, mulai dari standar hidup saat ini, perkiraan hidup di masa tua, hingga besarnya uang pertanggungan asuransi yang kamu dan keluarga butuhkan.

Catatlah pengeluaran kamu sedetail mungkin. Gunakanlah metode zero budgeting. Intinya, ketika kamu menerima gaji bulanan, harus langsung “menghabiskannya”.

Pertama, jumlahkan pengeluaran rutin setiap bulan. Pengeluaran terbagi menjadi dua yaitu pengeluaran tetap dan variabel (tidak tetap). Setelah semuanya dijumlahkan, hitung nilai arus kas bersih dari selisih total pendapatan dan pengeluaran.

Tips Efektif Budgeting Sistem Amplop

Jika ada sisanya, segera “habiskan” saat itu juga dengan mengalokasikannya ke tabungan atau investasi, tidak ke hiburan atau hal yang bersifat konsumtif. Lewat metode pengaturan cash flow ini sangat memungkinkan bahwa kamu bisa berinvestasi dan terlindungi dengan asuransi meski memiliki gaji 5 juta Rupiah.

4. Tambah Penghasilan Bulanan

Jika kamu merasa sulit mengerem pengeluaran maka ada baiknya untuk menambah penghasilan. Ada dua cara menambah penghasilan bulanan yang harus kamu ketahui.

Pertama tentu saja dengan cara pasif yaitu melakukan investasi di instrumen yang sesuai dengan profil risiko dan kemampuan. Namun jika tidak bisa, gunakan cara kedua, yaitu mencari kerja sampingan atau membuka usaha yang perputaran uangnya cepat.

Itulah 4 cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji 5 juta Rupiah. Nah, selamat mencoba ya!

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png