icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Ingin Invest Peer to Peer Lending? Ini Keuntungannya!
icon-lang
icon-lang

Ingin Invest Peer to Peer Lending? Ini Keuntungannya!

By Team Amartha Blog - 12 Feb 2022 - 3 min membaca

Keuntungan Invest Peer to Peer Lending bagi Lender & Borrower

Ketika membutuhkan pinjaman, pilihannya selain dari bank, koperasi, saudara, atau tetangga sekitar, kini kamu juga dapat memanfaatkan alternatif sistem pinjaman baru yang disebut invest peer to peer lending atau biasa disingkat P2P Lending

Invest peer to peer lending adalah sistem pinjaman uang langsung kepada individu ataupun bisnis melalui lembaga keuangan resmi, seperti fintech, yang berperan sebagai perantara dalam mencapai kesepakatan.

P2P lending umumnya dilakukan melalui platform online yang mempertemukan antara lenders dengan calon borrowers.

P2P juga dikenal sebagai pinjaman masal, pinjaman sosial, atau pendanaan yang memberikan alternatif lain kepada investor untuk memperoleh pengembalian uang secara langsung. Sistem pinjaman ini menawarkan pendanaan modal tanpa jaminan dengan proses yang cepat. 

Cara Kerja P2P Lending

Cara invest peer to peer lending cukup mudah. Semua transaksi dilakukan melalui platform online khusus seperti Amartha.

Langkah-langkah berikut dapat memberi gambaran jelas terkait proses pinjaman P2P secara umum:

  • Calon borrowers yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman melengkapi aplikasi online di platform peer-to-peer lending.
  • Platform akan menilai pengajuan tersebut sembari menentukan risiko dan peringkat kreditnya. Kemudian, pemohon akan diberikan tingkat bunga yang sesuai.
  • Ketika pengajuan pinjamannya sudah disetujui, pemohon akan menerima beberapa opsi investor yang tersedia berdasarkan peringkat kredit serta tingkat bunga yang sudah ditetapkan oleh aplikasi.
  • Pemohon dapat memilih sendiri salah satu investor dari opsi yang ada.

Keuntungan bagi Peminjam

mitra usaha Amartha di Palembang
Mitra Usaha Amartha

Invest peer to peer lending seperti Amartha memang memudahkan borrowers untuk mendapatkan pendanaan modal untuk berwirausaha bagi masyarakat kecil menengah. Namun, ada keuntungan lainnya, yaitu: 

  • Memperoleh suku bunga yang lebih menarik daripada bank atau lembaga keuangan lainnya. Terutama jika kamu mempunyai nilai kredit yang cukup baik. 
  • Dapat meminjam dengan jumlah yang relatif lebih kecil daripada bank maupun lembaga keuangan lain yang memberikan batasan minimum. 
  • Bisa melakukan pelunasan lebih awal tanpa penalti bila sudah tidak lagi memerlukan dana pinjaman tersebut. 
  • Proses yang mudah, cepat, dan nyaman lantaran online. Tidak perlu harus bolak-balik ke bank atau koperasi untuk mengurusnya. 
  • Dapat meminjam uang untuk berbagai keperluan, termasuk untuk membangun atau mengembangkan bisnis.
Baca Juga: 5 Alasan P2P Lending Cocok Untuk Investor Pemula!

Keuntungan bagi Investor Invest Peer to Peer Lending

Invest peer to peer lending terbaik seperti Amartha memang memudahkan borrowers untuk mendapatkan pendanaan modal untuk berwirausaha bagi masyarakat kecil menengah.

Akan tetapi, sistem P2P juga memberi keuntungan untuk investor, di antaranya: 

  • Mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada jenis investasi lainnya. Untuk investasi di Amartha, kamu akan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun. 
  • Dapat memilih sendiri tingkat risiko yang siap diterima dalam menilai profil para peminjam. Sebab, merekalah tempat kamu berinvestasi nantinya. 
  • Tidak perlu takut kehilangan dana lantaran peminjam gagal mengembalikan pinjaman. Sebab, beberapa platform sudah menyediakan dana darurat untuk melindungi dana para investor jika kejadian tersebut terjadi. 

Itulah keuntungan invest peer to peer lending yang bisa kamu nikmati. Bila kamu tertarik berinvestasi, bisa bergabung untuk menjadi investor di Amartha.

Selain memperoleh imbal hasil tiap tahun, kamu juga bisa membantu memajukan ekonomi para perempuan mandiri yang berwirausaha di desa mereka. Mari dukung para perempuan mandiri dengan berinvestasi di Amartha!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png