icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Kartu Kredit Jadi Penolong atau Bikin Kantong Bolong?
icon-lang
icon-lang

Kartu Kredit Jadi Penolong atau Bikin Kantong Bolong?

By Team Amartha Blog - 21 Jun 2022 - 3 min membaca

Apakah sekarang ini kamu memiliki kartu kredit atau credit card? Kartu pintar ini menjadi alat transaksi praktis non tunai yang aman, mudah serta sudah banyak digunakan masyarakat. 

Dapat dikatakan jika sekarang ini hampir semua kegiatan transaksi kebutuhan hingga gaya hidup masa kini menjadi semakin mudah ketika memiliki credit card. Namun, tidak sedikit yang menganggap jika kartu ini malah membuat kantong menjadi bolong. 

Sebenarnya, perlukah kartu kredit untuk melengkapi alat pembayaran yang kita miliki? atau, besarkah manfaat yang akan kita dapatkan ketika memiliki kartu plastik ini?

Kelebihan Memiliki Kartu Kredit

Sebenarnya, kamu bisa memperoleh untung lebih bila melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan kartu debit. Ada berbagai macam keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan kartu kredit secara aktif dan bijak. 

Agar kamu tidak ragu lagi memiliki alat pembayaran ini, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memiliki kartu ini, antara lain:

1. Transaksi Bisa Menjadi Lebih Mudah

Tidak bisa dipungkiri, manfaat kartu kredit yang pertama adalah memudahkan transaksi. Ketika kamu harus melakukan transaksi tetapi tidak memiliki uang yang cukup, kamu tidak perlu mencari pinjaman uang karena kartu kredit siap membantu. 

kartu kredit sangat bermanfaat untuk membantu jenis transaksi apapun, baik belanja offline maupun belanja online. Semua transaksi keuangan yang kamu lakukan akan menjadi lebih untung dengan credit card. 

2. Kartu Kredit Sangat Praktis

Ketika memiliki kartu ini, kamu dapat melakukan sejumlah transaksi tanpa perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar ketika belanja. Kegunaan kartu kredit yang lainnya adalah semua dapat dibayar dengan menggunakan kartu ini mulai dari belanja online sampai membayar tagihan bulanan.

Transaksi dengan menggunakan kartu ini bukan hanya praktis namun bisa membuatmu menjadi semakin paham dengan keuangan yang dimiliki, sebab nantinya kamu akan memperoleh catatan setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu tersebut. 

Baca Juga: Kartu Kredit vs Pinjaman Online, Mana yang Lebih Baik?

3. Memberi Keamanan

Setiap orang tentu tidak ingin mengalami kehilangan uang. Bukan hanya mengesalkan, namun juga merugikan. Oleh sebab itu sangat penting memastikan uang yang kamu miliki selalu aman. 

Ketika menggunakan kartu kredit, kita tidak perlu cemas kehilangan uang karena kamu tidak perlu membawa uang tunai. Kamu hanya diharuskan untuk menjaga credit card dan data pribadi perbankan agar tetap aman seperti nama ibu kandung, nomor CVV serta kode OTP.

4. Kartu Kredit Membantu Berhemat

Siapa bilang jika kartu kredit membuat kantong jebol? Memiliki credit card bisa membantumu berhemat. Bank penerbit kartu pintar ini sering mengadakan kerjasama dengan restoran, hotel, tempat belanja dan lainnya. 

Umumnya, promo yang diberikan seperti diskon 20% bahkan hingga 50%. Belum lagi kamu juga memperoleh rewards berupa poin yang bisa ditukarkan untuk berbelanja lagi nantinya. 

5. Melindungi Ketika Keadaan Darurat

Musibah bisa terjadi kapan saja. tetapi, tidak selalu kita mempunyai uang cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan memiliki credit card, kamu dapat menggunakannya untuk sejumlah kondisi darurat. 

Credit card juga memberi kepastian kamu terlindungi dalam keadaan apapun, contohnya ketika harus membeli obat-obatan, atau membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan mendesak. Dengan mengetahui manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan kartu kredit, kamu pasti tidak bingung lagi.

Namun, jangan sampai kamu hanya berfokus pada kegiatan belanja barang-barang saja. Kamu juga bisa membantu menciptakan kesejahteraan merata di Indonesia dengan menjadi pemberi dana (lender) melalui Microfinance Marketplace Amartha. Di sini, kamu bisa memperoleh keuntungan menarik hingga 15% flat per tahun.

Artikel Terkait

Berapa Modal Usaha Angkringan? Ini Rinciannya

Tips Bisnis

Sekarang Menabung Di Bank Sentuh Bunga 0%. Rugikah?

Keuangan

Cara Mudah Bantu UMKM Indonesia Untuk Bangkit

Deretan 10 Bisnis Bikin Kaya Yang Dijalani Miliarder Dunia

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png