icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Memaknai Bulan Inklusi Keuangan: Tujuan dan Manfaatnya
icon-lang
icon-lang

Memaknai Bulan Inklusi Keuangan: Tujuan dan Manfaatnya

By Team Amartha Blog - 12 Oct 2022 - 3 min membaca

Dari tahun 2016 lalu, Oktober diperingati sebagai bulan inklusi keuangan. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan bersama pemerintah terus menerus berupaya agar meningkatkan inklusi keuangan yang berada di tanah air. 

Sebenarnya, apa itu inklusi keuangan? Tentu tidak semua orang memahami arti dari inklusi keuangan, kemudian manfaat hingga tujuan inklusi keuangan. inklusi keuangan menjadi salah satu istilah yang popular di tengah masyarakat. 

Sayangnya, tidak banyak yang paham dan tahu arti dari istilah ini. Padahal, tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari banyak kegiatan yang menjadi bagian inklusi keuangan ini. Contohnya seperti investasi uang, layanan pinjaman online, transaksi perbankan online dari internet banking hingga menabung di bank. 

Arti Bulan Inklusi Keuangan

inklusi keuangan merupakan hal setiap individu atau bisnis yang memiliki akses keuangan yang cukup agar dapat membeli barang maupun jasa dengan cara efektif serta berkelanjutan. Sehingga inklusi keuangan dapat diartikan sebagai keadaan yang berada di tengah masyarakat untuk mengakses serta menggunakan produk layanan jasa keuangan mulai dari asuransi, perbankan dan lainnya. 

agar mendukung tercapainya inklusi keuangan ini, dibutuhkan juga literasi keuangan. Pada Bulan Inklusi Keuangan 2022 ini, cukup banyak program OJK yang berkaitan dengan literasi keuangan. Tujuannya, agar masyarakat paham untuk memilih serta menggunakan produk keuangan sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, program literasi ini juga dimaksudkan agar masyarakat tidak lagi skeptic atau curiga pada produk serta layanan keuangan. 

Tujuan Inklusi Keuangan

inklusi keuangan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengurangi ketimpangan ekonomi dengan cara pemerataan dan peningkatan akses masyarakat pada produk serta layanan keuangan. 

Menurut data Global Findex di tahun 2017 lalu, tingkat inklusi keuangan di negara kita mencapai 48,9%, angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya. Sayangnya, dari adanya data tersebut dapat dilihat jika akses layanan keuangan yang berada di Indonesia belum merata hanya sekitar 51.5% masyarakat yang tergolong unbankable. 

Manfaat Inklusi Keuangan

Ketika inklusi keuangan terwujud, berikut sejumlah keuntungan yang akan didapatkan, seperti:

  1. Meningkatkan efisiensi ekonomi
  2. Mengurangi irresponsible finance
  3. Mendukung stabilitas sistem keuangan
  4. Memberikan potensi pasar yang baru untuk perbankan
  5. Mendukung pendalaman pasar keuangan
  6. Ikut berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan
  7. Mengurangi adanya kesenjangan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang akhirnya berujung pada penurunan kemiskinan. 

Program Inklusi Keuangan

 Sebenarnya, bulan inklusi keuangan tahun ini, dari OJK memiliki program yang cukup beragam, contohnya saja seperti sosialisasi produk simpanan pelajar yang dilakukan oleh OJK pada pelajar di daerah Karawang. 

Kemudian ada pula sosialisasi pembiayaan fintech di sektor peternakan, sosialisasi produk simpanan pada pelajar di berbagai daerah lain, sejumlah perlombaan yang erat kaitannya dengan program inklusi keuangan. Kemudian, di daerah Lampung, OJK juga mendorong  industri keuangan dengan memberikan layanan yang mudah dijangkau. 

OJK juga terus menerus untuk mendorong pengembangan ekosistem digital akses produk serta layanan jasa keuangan, sehingga masyarakat semakin mudah menjangkaunya, bahkan di seluruh pelosok daerah sekalipun. Sebagai warga Indonesia, di bulan inklusi keuangan ini, apa yang dapat kita lakukan? Sebenarnya, kamu juga bisa ikut serta dengan melakukan investasi. Kamu dapat melakukan investasi melalui microfinance marketplace, Amartha. Bisa mulai modalin mulai dari Rp100.000 dan kamu akan memperoleh imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahun. Selain itu, kamu juga akan membantu bisnis CEO UMKM di Indonesia. Menarik, bukan? 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Memaknai Bulan Inklusi Keuangan: Tujuan dan Manfaatnya

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png