icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Mengejutkan! Deposito Jadi Jenis Investasi yang Aman Meski Virus Corona Melanda
icon-lang
icon-lang

Mengejutkan! Deposito Jadi Jenis Investasi yang Aman Meski Virus Corona Melanda

By Team Amartha Blog - 2 Apr 2020 - 3 min membaca

Dunia sedang dilanda virus mematikan yang belum ditemukan vaksinya. Covid-19 alias Novel Coronavirus telah mewabah ke seluruh dunia, sehingga menjadi pandemi yang mematikan dan memperburuk kondisi keuangan. Tidak perlu khawatir investasi aman dilakukan sekarang adalah deposito. Pasti masih banyak yang penasaran mengenai apa itu deposito dan bunganya, simak ulasan berikut ini!

Apa itu deposito?

Deposito, mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya tentang investasi satu ini. Secara umum deposito diartikan sebagai produk simpanan berupa investasi sederhana yang ditawarkan bank. Soal keuntungan tidak perlu ditanyakan lagi, nasabah akan mendapatkan suku bunga tetap untuk waktu tertentu.

Uniknya simpanan deposito tidak hanya melayani rupiah saja, ada simpanan berjangka berupa valuta asing. Sementara jangka waktu penyimpanan bisa kamu pilih. Mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Bunga deposito ini menyajikan penawaran yang kompetitif. Sangat berbeda dengan bunga tabungan bank hanya 0,5% dari total simpanan uang.

Keuntungan Deposito

Sumber Foto: AKUN.biz

Keuntungan yang besar tentu menimbulkan berbagai pertanyaan. Terlebih lagi menyangkut suku bunga deposito berkisar sekitar 3-7%. Selain itu, tidak akan mengalami penurunan, karena sifat bunganya konstan. Supaya tidak buntung, kamu juga wajib memilih produk deposito bank apa yang dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Sudah menjadi rahasia umum, menyimpan uang di bank akan dipotong biaya administrasi bulanan. Berbeda dengan deposito bebas biaya bulanan sampai masa jatuh tempo tiba. Investasi deposito juga tergolong investasi paling aman dibanding produk investasi lainnya. Bayangkan saja deposito ini sangat minim resiko.

Pasalnya, keuntungan tidak berpijak terhadap kondisi keuangan dalam negeri dan pergerakan pasar. Selain itu, awal mula pendaftaran deposito bagi calon nasabah diwajibkan mengajukan persyaratan yang mudah. Seperti membawa KTP, buku rekening dan materai, serta mengisi form pengajuan deposito.

Cara Perhitungan Bunga Investasi Deposito

Supaya kamu tidak ragu turut serta dalam deposito, harus tahu dahulu bagaimana cara perhitungannya. Ingat ya tiap jangka waktu yang kamu pilih suku bunganya berbeda. Sejak dulu ada 2 cara untuk menghitung bunga khusus deposito.

1.Apabila simpanan kurang dari Rp. 7,5 juta rupiah

Akan dihitung bunganya per bulan dengan rumusan :

Jumlah uang simpanan x bunga (per tahun) x tenor : 12

Hitungan simpanan ini terbilang kecil, tetapi dapat diambil dalam jangka waktu cepat.

2.Apabila simpanan melebihi Rp. 7,5 juta rupiah

Tentu saja perhitungan berbeda, antara lain:

Jumlah uang simpanan x bunga (per tahun) x 80% x tenor : 12

Tahukah kamu 80% perhitungan deposito khusus nominal di atas Rp 7,5 juta adalah bunga tahunan yang telah dipotong pajak 20%. Contohnya, bunga 5,9%, maka 20% dari persentase bunga diambil, jadi memperoleh hasil 4,7% per bulan.

Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi UMKM Melalui Investasi P2P Lending

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png