icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Mengenal Baby Boomers, Apa yang Unik dari Generasi Ini?
icon-lang
icon-lang

Mengenal Baby Boomers, Apa yang Unik dari Generasi Ini?

By Team Amartha Blog - 4 Nov 2021 - 3 min membaca

Keunikan Karakter Generasi Baby Boomers

Dunia ini sekarang dipenuhi oleh beberapa generasi manusia dan salah satunya adalah generasi baby boomers. Generasi yang satu ini terdiri dari kelompok orang yang lahir di antara tahun 1944 hingga 1964.

Nama baby boomers digunakan karena orang-orang tersebut lahir di tahun-tahun saat terjadi ledakan populasi atau ledakan bayi di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa karakter unik yang dimiliki oleh generasi ini:

1. Baby Boomers Adalah Pekerja Keras

Lain halnya dengan generasi Z yang cenderung menyukai hal-hal instan, generasi ini percaya pada proses panjang sehingga terbentuklah karakter pekerja keras.

Generasi ini tumbuh di saat teknologi belum banyak berkembang sehingga semua hal membutuhkan proses yang tidak bisa berjalan instan. Jadi bukan hal yang aneh jika mereka memiliki kemauan yang kuat untuk menjalani proses dan selalu bekerja keras dalam mengusahakan sesuatu.

2. Tidak Mudah Beradaptasi

Generasi ini cenderung lambat menerima perubahan yang terjadi dalam kehidupan mereka. Kemampuan adaptasi mereka cenderung lambat dan tidak sebaik generasi muda lainnya.

Ambil saja contoh ketika generasi ini harus berhadapan dengan berbagai perubahan akibat pandemi. Mereka akan lebih sulit menjalani rutinitas yang berbeda akibat pandemi dan bisa dikatakan tertinggal dari generasi muda yang lebih mudah beradaptasi. 

Baca Juga: Tata Kelola Investasi untuk Generasi “Baby Boomers”
Cara Siapkan Dana Pensiun
Sumber Foto: Getty Images

3. Tidak Melek Teknologi

Boomers generasi juga tidak begitu mudah beradaptasi terhadap perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi memang terus berjalan pesat namun generasi ini tidak bisa mengikutinya dengan baik.

Mereka cenderung lambat dalam menerima teknologi terbaru yang muncul silih berganti. Tentunya kemampuan dalam menggunakan teknologi juga tidak sebaik generasi muda lainnya yang cepat tanggap menerima perkembangan zaman.

4. Sangat Menghargai Hubungan

Generasi boomers ini juga memiliki karakter yang sangat menghargai sebuah hubungan. Mari buat perbandingan dengan generasi masa kini yang cenderung menganggap hubungan itu sesuatu yang mudah dipermainkan.

Bagi generasi baby boomers di Indonesia maupun di negara lainnya, mereka percaya bahwa sebuah hubungan itu sangat berharga. Tak heran jika mereka sangat berhati-hati dalam memperlakukan pasangan maupun keluarganya. 

5. Baby Boomers Generasi Serba Bisa

Salah satu karakter unik yang dimiliki oleh generasi boomers Indonesia adalah serba bisa. Bisa dilihat sendiri, orang-orang yang masuk ke dalam kelompok generasi ini pasti bisa melakukan berbagai jenis hal.

Mereka punya kemampuan dalam berbagai bidang dan menariknya lagi kemampuan tersebut didapatkan dengan latihan secara autodidak. Misalnya saja kemampuan membetulkan peralatan rumah, memasak, dan lain sebagainya.

6. Berpikiran Kuno

Bisa dimaklumi jika generasi ini memiliki pemikiran yang masih kuno. Mereka lahir dan tumbuh di zaman yang belum modern seperti sekarang. Jadi tidak mengherankan jika cara berpikir mereka juga masih terbatas dan sangat kaku. Tentunya akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan generasi muda yang lebih open minded dan siap menerima pendapat berbeda dari berbagai sumber. 

7. Baby Boomers Generasi Yang Kaku

Orang-orang yang masuk ke dalam kelompok generasi ini cenderung memiliki sifat yang kaku. Mereka tidak fleksibel seperti milenial, generasi Y, maupun generasi Z.

Karakteristik generasi boomers yang satu ini memang seringkali membuat kesal karena pemikiran serta prinsip mereka terlalu kaku. Biasanya mereka juga suka memaksakan kehendak atau pemikiran sendiri karena merasa bahwa itulah yang paling tepat.

Boomers memang memiliki karakter yang istimewa dan tentunya saling melengkapi dengan karakter yang dimiliki generasi lainnya. Bagi kamu yang memiliki orang tua generasi ini, cobalah untuk lebih terbuka terhadap sifat atau karakter mereka.

Persiapkan juga masa-masa tua orang tuamu dengan berinvestasi sedini mungkin. Lakukan pendanaan bersama platform investasi Amartha agar kamu punya finansial yang mapan di masa depan dengan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png