icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?
icon-lang
icon-lang

Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?

By Team Amartha Blog - 19 Sep 2020 - 3 min membaca

Merdeka secara finansial merupakan impian yang ingin diraih oleh semua orang. Financial planner pun menjadi layanan yang banyak dicari untuk mewujudkan impian tersebut.

Saat ini juga sudah semakin banyak jasa financial planner yang bermunculan di Indonesia. Pada dasarnya, tugas utama dari financial planner adalah membantu kamu sebagai klien untuk meraih merdeka secara finansial. Tugas utama financial planner tersebut dibagi lagi menjadi beberapa tugas praktis sesuai kebutuhan.

Biasanya, financial planner akan membantu kamu dalam mengatur cash flow, memilihkan produk investasi, menyusun rencana keuangan jangka pendek atau panjang (biaya pensiun, pendidikan anak, dan sebagainya), hingga membereskan kekacauan yang ada pada kondisi keuanganmu.

Karena menyewa jasa financial planner tentu tidaklah murah, lantas kapan sih momen yang tepat untuk menggunakannya? Berikut ini adalah momen-momen yang tepat untuk menyewa jasa financial planner!

1. Membutuhkan Petunjuk Terperinci dalam Memilih Investasi 

Ketika kamu ingin mulai berinvestasi, ada baiknya jika menyewa jasa financial planner sebelum memulainya. Mengingat dalam investasi terdapat banyak pertimbangan dan istilah yang harus dipahami.

Apalagi, jika kamu merupakan seorang pemula dalam dunia investasi. Kamu pun perlu banyak belajar dan dipandu oleh financial planner agar investasi berjalan sukses dan tidak mengalami kerugian.

2. Penghasilan Sedang Meningkat   

Biasanya, ketika penghasilanmu telah meningkat pesat, hal ini akan berjalan searah dengan meningkatnya tanggung jawab pekerjaan serta kebutuhan pribadi. Malahan ada banyak orang yang tetap kehabisan uang di akhir bulan padahal penghasilannya sudah tinggi.

Karena itu, penghasilanmu yang telah meningkat tersebut perlu direncanakan kembali dengan sebaik-baiknya agar tiap rupiah yang didapat bisa berguna bagi kehidupan masa sekarang dan masa depanmu. Jasa financial planner akan sangat tepat untuk digunakan supaya bisa membantu kamu menangani hal ini.

3. Terjerat Masalah Keuangan  

Masalah-masalah keuangan memang akan selalu ada setiap waktunya. Nah, saat itu terjadi, adakalanya kamu mengalami kesulitan untuk mencari solusinya tanpa mengandalkan bantuan orang lain yaitu financial planner. 

Beberapa contoh masalah keuangan yang sering terjadi adalah arus kas bulanan yang tidak teratur, utang piutang perusahaan, memilih dan mengklaim asuransi, dan masih banyak lagi.

Meski financial planner sudah  menjamur dan sangat banyak jumlahnya, sebaiknya pastikan yang kamu pilih telah mempunyai sertifikasi terakreditasi. Salah satu sertifikasi umum buat financial planner adalah (Certified Financial Planner).  CFP sendiri adalah lembaga sertifikasi profesi perencana keuangan yang diseleggarakan oleh LSP – FPSB Indonesia (Lembaga Sertifikasi Profesi – Financial Planning Standards Board Indonesia).

Nah, selain memilih instrumen konvensional (saham, reksa dana, emas), saat ini kamu juga mencoba investasi P2P Lending.

Peer to Peer Lending memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman antara yang satu dengan yang lainnya untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara. Salah satu platform penyedia jasa P2P Lending terpecaya sekarang ini adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Selain itu, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png