icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Review Buku Personal Finance for Dummies by Eric Tyson
icon-lang
icon-lang

Review Buku Personal Finance for Dummies by Eric Tyson

By Team Amartha Blog - 18 Jul 2021 - 3 min membaca

Apa itu personal finance? Pada dasarnya personal finance merupakan strategi yang perlu dipelajari dalam mengatur kondisi keuangan pribadi supaya mencapai tujuan kebebasan finansial.

Untuk mempelajarinya, kamu bisa belajar dalam berbagai macam medium, salah satunya adalah buku.

Nah, salah satu buku yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari personal finance secara tepat adalah buku “Personal Finance for Dummies by Eric Tyson”.

Eric Tyson adalah penulis buku seputar personal finance terlaris dan saat ini telah menulis lima buku seputar topik tersebut yang menjadi best seller di Amerika Serikat.

Karya Eric telah ditampilkan dan dikutip di ratusan publikasi lokal dan nasional dan outlet media termasuk Newsweek, The Wall Street Journal, Los Angeles Times, Chicago Tribune, Forbes, dan banyak lagi. Ia juga menjadi pembicara utama di konferensi Gedung Putih tentang perencanaan pensiun.

Eric Tyson juga satu-satunya penulis yang memiliki empat bukunya secara bersamaan dalam daftar business book bestseller dari Business Week, lho.

Buku “Personal Finance for Dummies by Eric Tyson” juga tercatat buku best seller dari Wall Street Journal serta memenangkan Benjamin Franklin Award untuk Best Business Book of the Year.

Review Buku Personal Finance for Dummies by Eric Tyson

Nah, berikut ini adalah beberapa poin pembelajaran tentang personal finance yang bisa kamu dapatkan setelah membaca buku ini:

1. Penetapan Tujuan   

Perlu diketahui, buku “Personal Finance for Dummies by Eric Tyson” ini menawarkan beberapa bab untuk membantumu mengetahui kondisi finansial yang kamu miliki saat ini.

Pada dasarnya, jika kamu mengetahui kondisi finansialmu hari ini, sulit untuk merencanakan tujuan finansial di masa depan.

Bab-bab tentang Mengatasi Rintangan dan Menetapkan Tujuan di dalam buku ini adalah bacaan yang baik bagi siapa saja dalam situasi keuangan apa pun.

2. Hutang  

Bab tentang hutang pada buku ini mencakup tagihan kartu kredit, hutang pendidikan, melacak hutang, dan mendapatkan laporan kreditmu.

Di buku ini, Eric tidak berkhotbah tentang kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan saat berhutang. Sebaliknya, ia menawarkan solusi nyata dan cara untuk mengatasi hutang.

3. Pengeluaran dan Tabungan

Beberapa bab pada buku ini membahas kebiasaan belanja dan menabung. Di buku ini, Eric membahas cara melacak uangmu dan menawarkan metode dan alasan kenapa kamu harus menghemat setiap pengeluaran.

Eric juga memberikan banyak saran hemat tentang cara menghemat uang. Salah satu tips yang ia berikan adalah supaya memotong rambut kita sendiri menggunakan alat cukur listrik rumahan.

4. Investasi  

Bab-bab tentang investasi di dalam buku ini membahas cara membaca prospektus reksadana, dan cara menguraikan "pembicaraan keuangan" untuk lebih memahami cara kerjanya. Selain itu, bab-bab tentang tabungan dan perencanaan pensiun juga bagus untuk dibaca.

5. Mempekerjakan Bantuan Keuangan

Sepanjang isi buku ini, Eric memberikan saran tentang apa yang harus dicari ketika menyewa bantuan keuangan, baik itu melalui broker asuransi, agen real estat, akuntan, atau penasihat keuangan.

Daftar kriteria yang perlu dipertimbangkan saat menyewa perencana keuangan adalah bacaan penting bagi semua orang, terutama investor pemula.

Well, itulah beberapa poin pembelajaran tentang personal finance yang bisa kamu dapatkan setelah membaca buku “Personal Finance for Dummies by Eric Tyson”. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png