icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Setelah Memiliki Penghasilan, Haruskah Memberi Uang ke Orangtua?
icon-lang
icon-lang

Setelah Memiliki Penghasilan, Haruskah Memberi Uang ke Orangtua?

By Team Amartha Blog - 15 Feb 2021 - 3 min membaca

Memberikan pendapatan kepada orangtua merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indoneisa.

Pemberian tersebut beragam jumlah dan waktunya. Misalnya ada yang memberikan rutin setiap bulan, ada yang beberapa bulan sekali, ada yang hanya sekali atau tidak sama sekali.

Pertanyaannya, haruskah kita sebagai anak yang telah memiliki penghasilan baik dari gaji atau bisnis, memberikan uang ke orangtua? Berapa nominal yang harus diberikan?

Setiap orang memiliki pandangannya sendiri mengenai hal tersebut. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa digunakan ketika kita ingin memberikan uang kepada orangtua :

  1. Ada Momen

Biasanya memberikan uang ke orangtua dilakukan saat ada momen tertentu seperti ulang tahun kedua orangtua, ulang tahun pernikahan, atau hari ayah dan ibu.

Tak hanya uang, di momen ini kita bisa juga memberikan barang yang berharga.

2. Tanda Bakti

Meskipun kasih sayang orangtua tidak akan bisa dibayar dengan apapun, memberikan uang bisa jadi sebagai salah satu cara sebagai tanda bakti sekaligus cara mengekspresikan kasih sayang.

3. Kondisi Finansial Orangtua

Tidak semua orangtua memiliki akses pada pendidikan keuangan, sehingga ada beberapa diantara kita yang harus menjadi sandwich generation ada kondisi lainnya.

Di kondisi yang demikian, tidak ada salahnya memberi uang kepada orangtua. Pasalnya uang tersebut akan sangat berguna bagi mereka terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Keadaan Darurat

Keadaan darurat seringkali terjadi tanpa rencana. Bila orangtua mengalami keadaan darurat seperti sakit, kecelakaan, atau bencana alam, sebagai anak patut memberikan uang. Bantuan dana ini akan sangat berguna dan memang dibutuhkan oleh orang tua.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan apabila ingin memberikan uang kepada orangtua. Semoga bermanfaat!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png