icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Spend Smart - Tips Agar Tidak Banyak Jajan di Saat Kondisi New Normal
icon-lang
icon-lang

Spend Smart - Tips Agar Tidak Banyak Jajan di Saat Kondisi New Normal

By Team Amartha Blog - 29 Jun 2020 - 3 min membaca

Kebiasaan jajan di luar dalam masyarakat kita merupakan salah satu hal yang sulit untuk dihilangkan. Apalagi setelah masa pandemi Covid 19 memasuki babak baru dengan diberlakukannya era normal baru atau new normal oleh pemerintah mulai bulan Juni ini. Pemberlakuan era new normal ini membuat banyak orang kelimpungan untuk mengatur keuangan yang tepat dan strategis.

Pasalnya, setelah beberapa waktu lamanya harus terkurung di dalam rumah, era normal baru dianggap sebagai era untuk dapat menjalankan aktivitas kembali normal dengan pergi keluar rumah. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk makan dan jajan di luar menikmati jajanan yang tidak bisa dirasakan sebelumnya. Untuk membantu Anda lebih bijak menggunakan uang, berikut adalah tips yang tepat.

Rencanakan Keuangan Sejak Awal Bulan

Sejak Anda menerima gaji di awal bulan, atau mungkin akhir bulan tergantung kepada kondisi masing-masing, sebaiknya Anda harus segera membuat daftar lengkap pengeluaran. Tulis daftar pengeluaran tetap yang tidak bisa ditunda-tunda di dalam buku jurnal Anda. Kemudian hitung berapa sisa uang yang memungkinkan untuk digunakan jajan atau Anda mencari hiburan. 

Dalam menulis pengeluaran tetap ini jangan lupakan poin menabung atau investasi. Selalu sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan untuk ditabung. Tabungan ini akan menjadi dana cadangan apabila sewaktu – waktu dibutuhkan.

Buat Daftar Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum pergi keluar untuk berbelanja, pastikan Anda telah membuat daftar kecil barang-barang yang akan dibeli. Daftar kecil barang yang akan dibeli akan membantu Anda agar lebih terorganisir saat melakukan pembelian barang dan menghindarkan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Bandingkan Harga

Meski terkesan ribet atau bahkan dilabeli orang sebagai “perhitungan”, namun cara ini termasuk sangat ideal dilakukan. Apabila Anda ingin lebih berhemat selama era normal baru, cobalah untuk berbelanja di tempat berbeda dalam sebulan. Saat berbelanja ingat – ingatlah atau catat daftar harga barang yang sering dibeli. Tujuannya agar Anda mengetahui perbandingkan harga di tempat berbeda.

Berinvestasi di Amartha

Untuk membantu Anda lebih bijak dalam mengelola keuangan, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan dengan menjadi investor di Amartha. Amartha adalah perusahaan financial technology (fintech) yang sudah mendapatkan izin operasional dari OJK sehingga aman dan terpercaya. 

Amartha memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi investor dengan memberikan dampak sosial kepada peminjamnya. Anda bisa memilih sendiri usaha mikro apa yang ingin Anda danai. 

Dengan strategi keuangan yang tepat, Anda bisa merencanakan masa depan lebih baik. Berinvestasi di Amartha selain membantu Anda mengelola keuangan namun juga membantu usaha kecil di Indonesia agar lebih berkembang. 

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png