icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Stop Boros! 5 Tips Hemat Pengeluaran saat Belanja Online
icon-lang
icon-lang

Stop Boros! 5 Tips Hemat Pengeluaran saat Belanja Online

By Team Amartha Blog - 31 Oct 2021 - 3 min membaca

Tips Hemat Belanja di Platform Online

Kemudahan berbelanja online kini sudah digemari oleh masyarakat di Indonesia. Maraknya beragam jenis toko online membuat kamu semua bisa menemukan aneka produk yang diinginkan. Tapi perlu diketahui bahwa kemudahan belanja online bisa menggiringmu melakukan pemborosan.

Agar dompet selamat, berikut ini adalah 5 tips hemat yang bisa diterapkan ketika berbelanja secara online:

1. Tentukan Batasan Budget

Poin pertama dan paling penting dilakukan saat akan belanja online adalah menentukan batasan budget. Ingat, kontrol keuangan sangatlah penting agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Jika tidak ada batasan yang jelas berapa banyak uang yang bisa dikeluarkan untuk belanja online, bisa dipastikan kamu akan kebablasan dan berakhir menghabiskan terlalu banyak uang.

2. Buat Daftar Belanja

Sama saja seperti ketika kamu akan belanja di toko konvensional, buatlah selalu daftar belanja. Ini merupakan salah satu tips hemat uang belanja dan akan membantu kamu hanya membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

Sebelum mulai belanja, catat dulu apa saja barang yang dibutuhkan dan ingin dibeli di toko online. Gunakan catatan tersebut ketika kamu mulai berbelanja.

Mengapa catatan belanja ini sangat penting? Fungsinya sebenarnya sama dengan langkah sebelumnya yaitu untuk membuat batasan atau sebagai kontrol.

Catatan ini nantinya akan membatasi kamu untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan. Meskipun ada promo barang lain, jika barang tersebut tidak tercatat dalam daftar maka kamu tidak akan tergoda untuk membelinya.

3. Pilih Toko Termurah

Tips hemat belanja online berikutnya adalah cari toko yang menawarkan harga paling murah. Saat belanja online, dapat ditemukan banyak sekali pilihan toko apalagi jika kamu belanja lewat marketplace. Agar pengeluaran belanja lebih hemat, maka pilihlah toko yang menjual barang dengan harga termurah dibandingkan toko lainnya.

Namun penting untuk diketahui bahwa harga murah bukanlah satu-satunya acuan dalam memilih toko. Tetap pertimbangkan kualitas toko dan review atau ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Jangan sampai kamu mendapatkan harga paling murah tapi kualitas tokonya mengecewakan.

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan Karyawan Agar Bisa Bernapas Hingga Akhir Bulan

4. Manfaatkan Promo dan Voucher

Salah satu tips hemat yang sangat efektif diterapkan ketika berbelanja online adalah gunakan promo serta voucher. Jika ingin mendapatkan banyak promo atau voucher yang bisa membuat harga barang jadi lebih murah, cobalah untuk berbelanja online di marketplace. Biasanya marketplace menawarkan banyak sekali pilihan promo dan voucher yang menguntungkan. 

Sebelum check out, hitung dulu jumlah uang yang harus dikeluarkan lewat invoice belanja online kamu. Nantinya bisa dicari mana voucher yang paling dirasa menguntungkan lewat perhitungan invoice tersebut. Biasanya marketplace sudah menyediakan fitur tersendiri untuk mengecek dan memilih voucher yang bisa dipakai berbelanja.

5. Belanja saat Ada Event

Cara menghemat pengeluaran belanja online berikutnya adalah dengan belanja saat ada event besar. Biasanya marketplace dan toko-toko online akan mengadakan promo ramai-ramai ketika ada event, seperti harbolnas dan hari besar.

Jangan sampai melewatkan diskon event-event seperti ini. Gunakan event tersebut untuk berbelanja produk yang memang kamu butuhkan sehingga bisa hemat lebih banyak.

Itulah tadi 5 tips hemat berbelanja online yang bisa kamu terapkan. Semakin banyak kamu bisa berhemat, maka semakin banyak pula alokasi dana yang bisa diarahkan untuk investasi atau tabungan. Investasikan dana kamu ke platform investasi Amartha yang terbukti aman dan menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png