icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Strategi Investasi dengan Modal 20 Juta Rupiah
icon-lang
icon-lang

Strategi Investasi dengan Modal 20 Juta Rupiah

By Team Amartha Blog - 3 Feb 2021 - 3 min membaca

Perencanaan keuangan yang profesional tentunya mampu menjawab berbagai kekhawatiran Anda tentang dana pribadi. Misalnya, anggaran khusus rumah tangga, pinjaman, asuransi dan masih banyak lagi. 

Seperti yang diungkapkan oleh Shinobu Naito tentang strategi investasi dua tujuan. Anda perlu mencontoh perencanaan keuangan yang lebih menekankan kepada manajemen aset khususnya di masa muda yaitu di kepala usia 20 tahunan. Pastinya Anda akan lebih banyak waktu dalam mengelola keuangan. 

Metode investasi yang perlu ditekankan ialah Knocking & Charin Charin. Ini adalah jurus utama strategi investasi dua tujuan ala Shinobu Naito, salah satu financial planner asal Jepang yang wajib dilakukan dengan dana yang sedikit sekitar 20 jutaan rupiah saja. Khususnya bagi Anda yang sedang menginjak usia muda, maka tidak ada salahnya mencoba. 

Metode Knocking 

Investasi Knocking atau yang familiar dengan sebutan investasi tetap lebih berfokus kepada penggunaan aset keuangan. Metode ini nantinya akan mengakumulasikan aset tiap bulannya dengan cadangan dana investasi yang ada. 

Pastikan sebelum melakukan investasi Anda perlu memilih produk terpercaya. Misalnya, dengan memilih produk reksadana tanpa beban serta mempunyai biaya perwalian rendah. Akan lebih baik lagi jika Anda mau menggabungkan sejumlah produk investasi saham domestik dan asing sekaligus. 

Metode Charin Charin 

Metode investasi Charin Charin lebih berfokus pada real estate. Tidak perlu memerlukan banyak uang, Anda bisa mulai terjun di bidang real estate dengan mengambil unit hunian bekas di perkotaan. Anda juga dapat memanfaatkan layanan pinjaman dengan begitu mudah.

Namun, sebelum melakukan pinjaman pahami terlebih dahulu risiko yang bisa saja timbul. Misalnya, kenaikan suku bunga, jatuhnya harga sewa unit, kerusakan unit, kekosongan hingga terjadinya bencana alam tak terduga. 

Baik investasi aset keuangan maupun real estate, keduanya sama bagus. Anda dapat mengambil salah satu untuk dijadikan pilihan terbaik. Jika berminat, Anda juga dapat menggabungkan kedua metode tersebut. Tentunya jika Anda memiliki nyali untuk terjun pada dua metode investasi terbaik itu. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kekayaan Dari Investasi

Tetapkan Tujuan Investasi Anda 

Poin terpenting dalam investasi tentu saja adalah penetapan tujuan. Baik investasi aset keuangan maupun real estate, yang terpenting sudah memahami seperti apa tujuan Anda. Jangan hanya sekedar meningkatkan keuangan Anda secara membabi buta tanpa paham tujuan. Itu akan sia-sia. 

Ada dua pertanyaan penting tentang tujuan investasi yang perlu Anda jawab dengan baik yaitu kapan memulainya dan seberapa besar target Anda. Anda juga perlu benar-benar memastikan mana bentuk investasi yang diinginkan apakah aset keuangan atau real estate.

Barangkali Anda bisa mengikuti spesialisasi investasi lewat seminar dan buku-buku. Anda bisa mendapatkan masukkan dari beberapa ahli tentang bentuk investasi yang diinginkan. Dengan demikian, Anda bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Kiranya bisa memperoleh kesuksesan dalam hal investasi. 

Pilihan Instrumen Investasi Dengan Modal 20 Juta

Melakukan investasi dengan modal 20 juta dapat dilakukan di banyak instrumen. Salah satu instrumen tersebut adalah P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan pendana kepada peminjam, khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan mulai dari 3 juta Rupiah. Setiap pendana bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun setiap mendanai satu mitra usaha.

Apabila kamu memiliki modal 20 juta rupiah, kamu bisa mendanai 6 mitra usaha dengan minimal pendanaan 3 juta rupiah dengan risiko sesuai profil masing-masing pendana.

Kamu gak perlu khawatir karena Amartha adalah perusahaan investasi yang aman. Amartha tidak hanya terdaftar dan diawasi oleh OJK melainkan sudah memiliki izin usaha.

Tertarik mendanai di Amartha? Daftar sekarang!

Artikel Terkait

Strategi Investasi dengan Modal 20 Juta Rupiah

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png