icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Suku Bunga KPR Bank Swasta & BUMN, Mana yang Terendah?
icon-lang
icon-lang

Suku Bunga KPR Bank Swasta & BUMN, Mana yang Terendah?

By Team Amartha Blog - 5 Dec 2022 - 3 min membaca

Tahun ini, sejumlah bank memberikan penawaran suku bunga KPR yang cukup rendah. Jika kamu memiliki rencana membeli rumah dengan menggunakan KPR, tentu saja ini menjadi kesempatan bagus serta sayang untuk dilewatkan. 

Lebih-lebih, di sejumlah lokasi, umumnya terdapat kenaikan harga rumah per 3 bulan sekali. Sehingga, sebelum harga rumah mulai naik, pastikan sudah mengajukan KPR dari sekarang. Namun, sebelum mengajukan, pastikan kamu mengetahui hal mendetail mengenai KPR. 

Jenis Suku Bunga KPR yang Biasa Digunakan

Saat mengajukan KPR, ada beberapa jenis bunga yang digunakan, seperti:

1. Bunga Tetap

Jenis bunga tetap merupakan bunga yang dikenakan menggunakan patokan tertentu selama jangka tertentu. Kamu bisa cek suku bunga KPR di bank.

Contohnya, bank menggunakan suku bunga tetap 7% dalam jangka waktu 1 tahun. Di tahun pertama suku bunga 7%, meskipun suku bunga pasar sedang fluktuatif. 

2. Suku Bunga Mengambang

Jenis suku bunga berikutnya adalah suku bunga mengambang. Suku bunga ini ditetapkan sesuai dengan fluktuasi suku bunga acuan atau BI rate. Umumnya, bank menerapkan kombinasi bunga dalam produk KPR. 

Contohnya, kamu membayar cicilan dengan bunga tetap sama dalam beberapa tahun, kemudian sisanya dilunasi dengan jenis bunga mengambang. Atau, sejumlah pokok akan dikenakan bunga tetap, kemudian sisanya bunga mengambang. 

Suku bunga KPR tetap dan fluktuatif adalah jenis sistem penentuan suku bunga yang dikenal di dalam dunia perbankan. 

3. Bunga Capped

Tidak hanya dua jenis bunga tersebut, suku bunga KPR yang lainnya adalah capped. Suku bunga ini memiliki sifat seperti bunga mengambang tetap dibatasi. 

Contohnya, kamu memperoleh bunga capped sebesar 10%, nantinya bunga yang dikenakan akan fluktuatif sesuai pasar, tetapi batas maksimalnya sebesar 10%. 

Bila bunga pasar berada di angka 11%, nantinya kamu hanya akan dikenai bunga sebesar 10%, tetapi jika bunga turun 9%, bunga yang dikenakan akan turun sampai 9%. 

Daftar Suku Bunga KPR 

Saat sudah siap melakukan mengajukan KPR, hal lain yang harus dijadikan sebagai perhatian adalah membandingkan nilai suku bunga antara satu bank dengan bank lain. Berikut daftar suku bunga setiap bank, antara lain:

1. Bank BTN

Suku bunga KPR 2022 Bank BTN mulai dari 3,72%, di bulan Maret 2022 yang lalu. Kemudian, akhir tahun ini BTN memiliki program dengan nama KPR BTN Subsidi dengan bebas premi PPN dan asuransi. 

Program ini adalah program pemilikan rumah dari PUPR atau Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat serta ditujukan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah. 

BTN memberikan penawaran DP mulai dari 1% serta suku bunga 5% fixed sampai jangka waktu kredit berakhir selama 20 tahun. Biaya yang dikenakan juga hanya 0,50% serta biaya administrasi Rp250 ribuan saja. 

2. Bank BNI

Berikutnya adalah Bank BNI. BNI memberikan promo dengan suku bunga mulai 6,75% serta pilihan masa fixed pada 2 tahun pertama. Promo yang diberikan ini khusus untuk pemilik rekening BNI. 

Baca Juga: Mau Beli Rumah KPR? Ini Cara Hitung KPR Rumah

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan penawaran suku bunga 3.99% fixed pada pegawai serta pengembang pilihan. Bank Mandiri juga sudah memberikan SBDK pada segmen kredit 7,25% per Juni 2022.

4. Bank BRI

BRI memberikan suku bunga 4,99% fixed pada 3 tahun pertama, kemudian suku bunga floating di 13%. BRI juga memberikan program KPR dengan suku bunga mulai 2,88%. 

5. BCA

BCA memberikan suku bunga berjenjang dan ringan sampai 8 tahun. Suku bunga ini mulai 4,38% fix 3 tahun, kemudian dilanjutkan bunga 7,68% di tahun ke 4 hingga tahun ke 6.

Selain memperhatikan suku bunga KPR, pastikan kamu sudah menyiapkan DP rumah ya. Jika masih berusaha menyiapkan DP rumah, kamu bisa melakukan investasi sembari membantu UMKM di seluruh pelosok Indonesia bersama dengan microfinance marketplace Amartha dengan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Suku Bunga KPR Bank Swasta & BUMN, Mana yang Terendah?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png