icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Tahukah Kamu, Apa Itu Big Data Dan Apa Dampaknya Bagi Bisnis?
icon-lang
icon-lang

Tahukah Kamu, Apa Itu Big Data Dan Apa Dampaknya Bagi Bisnis?

By Team Amartha Blog - 3 Mar 2020 - 3 min membaca

Pernahkah Kamu mendengar istilah tentang big data? Sebenarnya definisi dari apa itu big data, ada berbagai macam. Big data ini berkaitan dengan data, kecepatan, dan tentu saja teknologi. Namun sebenarnya, apa saja hubungan/kaitan big data dengan kehidupan kita sehari-hari? Inilah yang akan dibahas secara lengkap. Supaya Kamu paham pengertian big data yang sesungguhnya.

Ketika Kamu membicarakan soal big data, maka Kamu akan langsung terhubung dengan internet. Artinya, penggunaan big data ini pasti akan berhubungan langsung dengan internet. Penggunaan internet di era serba digital sekarang ini, memang memberi banyak manfaat. Terutama bagi Kamu, yang memiliki atau menjalankan suatu bisnis tertentu.

Big Data Itu Apa Sih?

Pernahkah terlintas di pikiran Kamu mengenai big data? Definisi dari big data adalah sekumpulan data yang jangkauan atau cakupannya lebih luas dan lebih kompleks. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis data yang tak bisa diolah begitu saja oleh software atau cara-cara tradisional. 

Data dengan jumlah yang sangat besar ini, biasanya akan dapat membantu suatu bisnis yang sedang kamu jalani sekarang. Sederhananya, big data itu adalah proses dalam mengumpulkan dan menggunakan informasi, yang berasal dari berbagai sumber yang ada dalam membuat keputusan yang lebih baik lagi. 

Pengertian lainnya yang lebih mudah dari big data ini yaitu, suatu konsep mengenai kemampuan kita atau seseorang dalam menganalisa, mengumpulkan, serta memahami jumlah data yang ada yang memang jumlahnya cukup besar setiap harinya. 

Bagaimana Peran Big Data Bagi Bisnis?

Nah, pertanyaan lainnya yang kerap muncul adalah apa hubungan/peran big data ini bagi suatu bisnis? Dalam kenyataannya, big data dapat digunakan dalam aktivitas bisnis. Aktivitas yang seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini :

1.Jangan khawatir, kini bisnis akan menjadi lebih efisien dengan big data

Big data sudah banyak digunakan hampir di setiap elemen bisnis yang ada. Misalnya di suatu kantor seorang dokter, suatu analitik yang diintegrasikan ke dalam aplikasi yang berhubungan dengan menjaga kesehatan tentu akan membuat perhatian pada kesehatan bagi setiap individu. Apalagi kalau dokternya pun dihadirkan, Kamu bisa berkonsultasi tentang kesehatan kapan saja.

2. Big data juga sudah mampu mendorong inovasi loh!

Hidup butuh inovasi terbaru bukan? Nah, dengan adanya big data ini maka Kamu bisa berinovasi dalam mempelajari hubungan antar manusia. Misalnya, dalam hal meningkatkan keputusan mengenai pertimbangan dalam hal keuangan dan juga perencanaan, kamu bisa menggunakan data insight.

baca juga :

Mengenal Teknologi Machine Learning

Atau bisa kita lihat pada perusahaan besar seperti Netflix, yang mampu melihat apa saja keinginan pelanggan dengan menggunakan big data.

Pengembangan inovasi pada big data ini, ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar bagi sebuah bisnis. Termasuk pada jenis-jenis bisnis start up yang kini banyak digunakan oleh banyak orang.

Tags:

Artikel Terkait

test

Keuangan

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Keuangan

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png