icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Miliki Mobil Pertama dengan 6 Tips Jitu
icon-lang
icon-lang

Miliki Mobil Pertama dengan 6 Tips Jitu

By Team Amartha Blog - 21 Feb 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_553" align="aligncenter" width="940"]beli mobil baru Beli Mobil Idaman Anda Dengan Tips Ini[/caption]

Kendaraan sudah menjadi kebutuhan bagi hampir setiap orang. Bagi sebagian masyarakat perkotaan dengan mobilitas tinggi seakan dituntut memiliki kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Belum lagi cuaca yang tidak menentu, tingkat polusi, rasanya memiliki mobil menjadi kebutuhan.

Dengan pengalaman lebih dari 2 tahun kerja, Anda bisa memiliki mobil dengan langkah berikut:

  • Tentukan mobil impian  

Baru atau bekas tidak jadi masalah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Mobil baru tentu saja harga lebih mahal, tetapi tidak menutut servis. Mobil lama lebih murah, tetapi bisa menuntut banyak perawatan, kecuali jika Anda jeli dalam memilih. Anda bisa mencari mobil bekas di banyak situs online dan membandingkan trend harganya. Untuk pemula sebaiknya pilih low cost green car (LCGC) karena harganya terbilang rendah, Rp 80 - 130, dibanding dengan SUV dan MPV.   

  • Buat simulasi rencana

Hal lain yang perlu diperhatikan saat Anda akan membeli mobil adalah membuat simulasi keuangan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tenor dan besarnya angsuran. Lihatlah simulasi tersebut dalam cash flow Anda keseluruhan selama 4 tahun ke depan atau lebih, sesuai masa angsuran tersebut. Apakah masih nyaman bagi Anda dengan tambahan hutang tersebut?  

  • Jangan Malas Mencari Info Harga

Cari info harga sebanyak mungkin. Bandingkan 2 - 3 produk serupa dan harga yang ditawarkan. Anda bisa mencarinya di situs online atau ke dealer terdekat. Jika sudah mulai menabung untuk mobil idaman Anda, jangan lupa untuk memikirkan kenaikan harga akibat inflasi. Tambahkan sekitar 2 - 5% dari total down payment (DP).

  • Cari fasilitas kredit yang sesuai

Beli mobil tidak harus langsung lunas. Anda bisa mengajukan fasilitas kredit. Banyak bank atau lembaga pembiayaan lain yang menyediakan fasilitas kredit. Biasanya fasilitas kredit ada beberapa jenis, mulai dari jangka pendek dan jangka panjang. Agar keuangan nyaman aturlah tenor kredit yang paling sesuai bagi Anda. Jangan sampai karena membayar angsuran mobil, Anda tidak bisa menabung atau berinvestasi.

  • Memulai pekerjaan sampingan

Jangan menaruh telur pada keranjang yang sama, demikian kata pepatah. Bekerja pun demikian, baik sekali jika Anda memiliki pemasukan tambahan untuk kebutuhan Anda. Freelancer, fotografer, make up artist adalah profesi kekinian yang bisa Anda pilih ;).

  • Mulai rencanakan keuangan

DP mobil sekitar 30% dari harga total, Anda bisa menyiapkannya sejak 1 - 2 tahun sebelumnya. Agar tabungan mobil pertama Anda tidak tergerus inflasi, pilih saja investasi jangka pendek yang yield-nya menguntungkan. Di Amartha Anda bisa berinvestasi mulai dari 3 juta dengan pengembalian pokok dan bagi hasil per minggu. Strategi ini bisa Anda pilih, ketimbang menabung untuk DP, lebih baik diinvestasikan terlebih dahulu. Coba lihat simulasi investasinya di sini.

Berencana membeli mobil di usia muda? Mulai investasi dulu di sini.

Artikel Terkait

Miliki Mobil Pertama dengan 6 Tips Jitu

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png