icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Wajib Dibaca, 4 Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan
icon-lang
icon-lang

Wajib Dibaca, 4 Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan

By Team Amartha Blog - 14 Dec 2020 - 3 min membaca

Belajar tentang pengelolaan keuangan adalah ilmu yang bermanfaat dan dapat dipakai setiap saat. Tidak hanya belajar dengan orang lain yang sudah sukses menerapkannya, kamu juga bisa mempelajarinya lewat buku.

Tidak hanya sekadar sebagai bacaan, buku-buku ini bisa dibilang sebagai investasi karena kamu akan mendapatkan insight baru seputar finansial dan pengelolaan keuangan. Berikut ini adalah 4 buku inspiratif untuk pengelolaan keuangan!

4 Buku Inspiratif Mengelola Keuangan

1. The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness

Buku ini ditulis oleh analis, ahli dan praktisi bernama Dave Ramsey. Pria ini merupakan seorang konsultan dan pengajar finansial yang berpengalaman selama 20 tahun di bidang keuangan. Buku ini ditulis agar semua kalangan dapat memperoleh edukasi finansial secara menyeluruh.

Pada websitenya, Dave Ramsey sempat menulis bahwa ia sangat berharap agar para pembaca bukunya ini bisa melakukan perombakan keuangan yang meliputi penyelesaian utang, meluruskan mitos keuangan yang salah serta pentingnya memiliki simpanan untuk keperluan darurat dan dana pensiun.

2. The Millionaire Next Door

William D. Danko dan Thomas J. Stanley sebagai kedua penulis buku ini mencoba mengeksplorasi tujuh sifat umum para jutawan. Penelitian dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya terbitlah buku berjudul The Millionaire Next Door: The Surprising Secrets of America’s Wealthy ini.

Salah satu hasil survei paling menarik adalah para jutawan dalam objek penelitian tersebut justru tidak tinggal di lingkungan elit atau mengendarai mobil mewah. Para jutawan mendapatkan kekayaan dari bekerja keras, menjalani hidup hemat, dan menabung sebagian besar penghasilannya. Bertentangan dengan penggambaran jutawan yang terlihat glamour.

Selain itu, buku ini menekankan bahwa menjadi kaya tidak selalu membutuhkan pekerjaan mentereng. Itulah alasan karya ini sangat laris di pasaran sejak pertama kali terbit pada tahun 1998.

3. Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not)

Setelah sukses mengeluarkan buku tentang pengelolaan keuangan pertamanya, ‘Get a Financial Life’, Beth Kobliner kembali mengeluarkan buku seputar keuangan yang kali ini ditujukan untuk para orang tua mengajarkan anaknya seputar belajar mengelola keuangan sejak dini.

Beth merupakan mantan anggota Dewan Penasehat Kemampuan Finansial Untuk Anak Muda Amerika saat Presiden Barack Obama menjabat. Hal ini menjadikan Beth bisa memahami bagaimana mengemas hasil penelitian dan pengamatannya untuk semua orang tua dan anak-anak.

4 Cara Paling Simpel Ajarkan Investasi Pada Anak

Bagi Beth, pengetahuan finansial yang baik sejak dini akan melatih anak-anak agar terbiasa bijak dengan uangnya di masa yang akan datang. Bagi para orang tua, mereka juga bisa menyiasati bagaimana menyikapi permintaan anak-anaknya akan berbagai hal sehingga tidak perlu terlilit hutang.

Buku ini juga menyederhanakan topik keuangan yang rumit sehingga para orang tua bisa dengan mudah memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melatih anak-anaknya. Bahasa yang digunakan pun ringan dengan tips yang praktikal.

4. 50 Financial Wisdom Seri 4 Cerdas Edisi Financial

Buku karangan penulis lokal yang berjudul 50 Financial Wisdom ini sebenarnya terdiri dari beberapa seri. Adapun, setiap seri dari buku ini akan membahas topik khusus, seperti reksa dana, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta investasi. Seri ke 4 ini berisi tentang cerdas finansial, yang bisa digunakan siapa saja.

Buku ini ditulis oleh Eko P. Pratomo, pria lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1988. Eko menulis buku ini dengan bahasa yang mudah dipahami semua orang. Bahkan jika kamu termasuk pemula dalam pengelolaan bisa dengan mudah memahami setiap pembahasannya.

Investasi Sebagai Salah Satu Cara Kelola Keuangan

amartha

Selain membaca buku-buku pengelolaan keuangan tersebut, investasi juga instrumen penting untuk menyiapkan dana darurat ataupun tabungan di masa depan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 570.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan. Sudah berizin usaha dan diawasi OJK, sehingga Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending paling aman. Selain itu, Amartha juga menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.

Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Menariknya, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

Artikel Terkait

Tips Kelola Gaji dengan Sistem 50/30/20

Keuangan

Wajib Dibaca, 4 Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan

Keuangan

Penting! Ini 5 Kunci Sukses Kumpulkan Dana Darurat

Keuangan

Cara Jitu Atur Keuangan Pasca di PHK

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png