icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Wajib Ditiru, Ini 3 Tips Membangun Bisnis Ala Jack Ma
icon-lang
icon-lang

Wajib Ditiru, Ini 3 Tips Membangun Bisnis Ala Jack Ma

By Team Amartha Blog - 19 Jan 2021 - 3 min membaca

Jack Ma merupakan miliarder asal Cina yang sukses mendirikan Alibaba. Jack Ma lahir dari keluarga yang sederhana, gak heran kisah suksesnya banyak dijadikan motivasi masyarakat Cina hingga di seluruh dunia.

Perjalanan Jack Ma membangun Alibaba Grup dimulai saat ia mengenal internet pada tahun 1995 silam. Internet di mata Jack Ma adalah peluang yang bagus untuk membangun usaha sambil memanfaatkan teknologi.

Alibaba Grup memiliki banyak anak usaha yang terkenal seperti AliExpress, Taobao.com, AliPay, Tmall, Alimama, UCWeb, Alibaba Cloud, Juhuasuan, dan lain sebagainya.

Kegigihannya dalam memperbaiki hidup membawa nama Jack Ma tercatut dalam Forbes dengan total kekayaan mencapai US$37.3 miliar atau sekitar Rp523 triliun.

Untuk kamu yang sedang berusaha membangun bisnis, berikut ini tips sukses dari Jack Ma yang bisa kamu terapkan:

Orang Harus Percaya Kamu

Orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan bisnis kamu harus percaya pada kamu, baik itu investor maupun karyawan. Kata Jack Ma, "kepercayaan membuat kita bersatu. 18 investor percaya pada saya dan karena mereka mempercayai saya, saya menjadi loyal kepada mereka dan loyan pada misi yang kita miliki."

Rekrut Anak Muda dan Rekrut Orang Pintar

Berkaca dari pengalamannya, Jack Ma merasa saat masih muda ia jarang diberikan kesempatan. Maka dari itu melalui bisnis yang dijalaninya ia mulai memberikan kesempatan kepada anak-anak muda. Menurutnya, anak muda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dibanding generasi seusianya.

Jack Ma juga menyarankan untuk merekrut orang-orang yang lebih pintar darinya. Alasannya karena mereka tahu yang terbaik untuk usaha atau bisnis yang tengah dijalani.

Lupakan Kompetisi, Fokus Pada Klien

Jack Ma tidak pernah khawatir akan persaingan Alibaba dengan kompetitornya. Semua yang dilakukan oleh Alibaba berdasarkan pada kebutuhan klien atau pelanggan.

Kata Jack Ma, "Do not focus your eyes on the competitor. You are too small to focus on your neighbor or competitor. Focus on your customers. Making your customers happy is important."

Itulah 3 tips sukses dari Jack Ma yang bisa kita contoh. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Wajib Ditiru, Ini 3 Tips Membangun Bisnis Ala Jack Ma

Keuangan

Dikabarkan Menghilang, Ini Kisah Sukses Jack Ma Mendirikan Alibaba Group

Keuangan

Pengusaha Kaya Ini Memulai Usaha dari Rumah

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png