icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 4 Cara Mudah Atur Budget untuk Hobi
icon-lang
icon-lang

4 Cara Mudah Atur Budget untuk Hobi

By Team Amartha Blog - 9 May 2021 - 3 min membaca

Pandemi virus Covid-19 atau Corona yang berlangsung hingga saat ini membuat banyak orang melakukan lebih banyak waktu di rumah, termasuk untuk bekerja.

Anjuran pemerintah untuk lebih banyak berdiam diri di rumah membuat banyak orang saat ini punya banyak waktu untuk menekuni hobinya sembari bekerja.

Namun, di balik asyiknya menekuni hobi, juga harus siap-siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Terkadang, ada orang yang dengan cara apa saja, akan rela untuk mempertaruhkan segalanya supaya penyaluran hobinya terpuaskan.

Jika sudah begini, hobi tidak lagi menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, tetapi telah menduduki posisi prioritas. Hal ini sudah pasti akan membebani anggaran bulanan.

Baca Juga: Dari Hobi Jadi Sumber Rezeki Menuju Tanah Suci

Karena itu, Money+ merekomendasikan 4 cara mengatur budget untuk hobi:

4 Cara Mudah Atur Budget untuk Hobi

1. Batasi Anggarannya

Perlu diketahui, tidak sedikit orang yang habis-habisan sampai rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menyalurkan hobinya. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah jika memiliki pendapatan yang besar.

Namun, akan lebih bijak dan baik bagi kehidupan di masa mendatang, bila kamu bisa membatasi anggaran untuk hobi. Pastikan batasan anggaran tersebut konsisten setiap bulan. Contohnya, menetapkan anggaran untuk hobi 20 persen dari gaji.

Jika tidak ingin mengalami kekacauan keuangan, pastikan kamu mematuhi batasan anggaran tersebut. Tidak kurang, tidak lebih, karena masih ada kebutuhan primer yang lebih penting untuk dipenuhi.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit Untuk Hobi

Pada dasarnya, kartu kredit akan sangat bermanfaat ketika digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Namun, kartu kredit sebaiknya tidak digunakan untuk menyalurkan hobi. Penggunaannya yang mudah dan praktis bisa jadi tidak terkontrol tanpa disadari, sehingga menguras kantong karena tagihan yang membengkak.

Jika sudah begini, hobi yang awalnya untuk kesenangan justru menimbulkan kesengsaraan.

3. Pisahkan dari Anggaran Rutin Bulanan

Syarat kondisi keuangan yang sehat sebenarnya harus memiliki rencana pengeluaran.

Sebaiknya alokasikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti biaya hidup sehari-hari, proteksi, investasi, dana cadangan kondisi darurat, dan cicilan pinjaman.

Lantas, bagaimana bisa membiayai hobi? Jika pendapatan kamu pas-pasan, memang agak sulit mengalokasikan dana untuk hobi.

Namun, kamu tetap dapat memasukkan biaya hobi pada anggaran biaya hidup sehari-hari. Tidak perlu banyak, yang penting hobi bisa tetap tersalurkan.

4. Jangan Sampai Berhutang

Berhutang merupakan salah satu cara untuk memperoleh dana. Perlu disadari, hutang memiliki konsekuensi. Kamu harus membayar pokok pinjaman plus bunganya.

Untuk keperluan mendesak atau kebutuhan berbiaya besar, utang bisa menjadi solusi. Namun, berhutang untuk menyalurkan hobi, sebaiknya jangan sampai dilakukan.

Pasalnya, berhutang untuk kebutuhan hobi yang hanya sebatas kegemaran berpotensi mengancam kesehatan finansial.

Kamu hanya akan memperoleh kesenangan dan kepuasan sementara, selebihnya dipusingkan dengan cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan.

Itulah 4 cara mengatur budget untuk hobi. Nah, selamat mencoba ya!

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png