icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya
icon-lang
icon-lang

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

By Team Amartha Blog - 5 May 2023 - 3 min membaca

Bukan hanya perusahaan, ternyata ada juga universitas naungan BUMN, lho. Kamu bisa masuk dan menjadi mahasiswa di salah satu universitas BUMN atau Badan Usaha Milik Negara ini. Setiap universitas juga memiliki beasiswanya tersendiri untuk segala tingkat lulusan.

Beasiswa tersebut dilaksanakan oleh APERTI BUMN, atau Aliansi Perguruan Tinggi BUMN. Sasarannya adalah lulusan SMA atau sederajatnya yang berencana untuk berkuliah di salah satu universitas naungan BUMN. 

Namun, lulusan tersebut harus memiliki prestasi yang memenuhi syarat dan ketentuan beasiswa agar bisa lolos seleksi dan dibiayai kuliahnya hingga lulus. Terdapat kuota untuk masing-masing perguruan tinggi, jadi persaingannya cukup ketat.

Kamu yang ingin langsung fokus bekerja, bisa memilih untuk kuliah di salah satu universitas naungan BUMN berikut agar bisa langsung mendapatkan pengalaman setara profesional.

Universitas BUMN yang Bisa Kamu Pilih

Seperti Universitas Telkom yang memfokuskan jurusan kuliah di bidang teknologi dan komunikasi, daftar universitas berikut juga menawarkan pengalaman kuliah yang fokus pada spesialisasi tertentu.

1. Universitas Pertamina

Perguruan tinggi yang satu ini ada di Simprug, Jakarta Selatan, dan merupakan universitas di bawah naungan perusahaan BUMN bernama Pertamina Foundation. 

Universitas Pertamina didirikan pada tahun 2016 dan saat ini telah mendapatkan akreditasi A. Basis universitas ini adalah industri teknologi energi dan bisnis. Kamu bisa menemukan enam fakultas dengan total lima belas program studi untuk program sarjana Strata Satu (S1).

Sebagai contoh, ada Fakultas Teknologi Industri dengan jurusan yang tersedia mulai dari Teknik Kimia hingga Teknik Elektro. 

Terdapat juga fakultas dan prodi yang umum layaknya universitas non-BUMN. Misalnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Manajemen dan Ekonomi.

Untuk beasiswa universitas BUMN satu ini kamu bisa coba:

  • Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina
  • Beasiswa APERTI BUMN, serta
  • Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

2. Telkom University (TEL-U)

Salah satu universitas BUMN terbaik adalah Telkom University yang sudah terakreditasi A oleh BAN PT. Kamu bisa menemukan kampus utama dari TEL-U di Bandung, Jawa Barat. 

Pilihan yang tersedia di Telkom University cukup beragam, kamu bisa menemukan 8 jenis program vokasi, 25 program sarjana, serta 11 program pasca sarjana. Semuanya sudah lolos akreditasi BAN PT maupun internasional.

Untuk mendaftar di TEL-U, kamu bisa mencoba dengan jalur beasiswa berikut:

  • Beasiswa Telkom University (D3, D4, S1)
  • Beasiswa APERTI BUMN
  • Beasiswa Pascasarjana
Baca Juga: Gandeng Indonesia Mengajar, Amartha Perbanyak Kuota Penerima Beasiswa Amartha Cendekia

3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)

Dulunya bernama Sekolah Tinggi Teknik PLN, universitas BUMN yang berdiri pada tahun 1998 ini telah berubah nama menjadi Institut Teknologi PLN sejak tahun 2020 lalu. 

Jika berkuliah di ITPLN, maka kamu akan belajar dengan kurikulum yang telah diatur menyesuaikan dengan kebutuhan industri terkait. Terdapat laboratorium khusus bidang ketenagalistrikan untuk mahasiswa belajar.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan Sertifikasi Kompetensi yang berstandar nasional maupun internasional, seperti contohnya Sertifikat Kompetensi Ketenagalistrikan (DJK). Ini akan menambah value kamu di dunia profesional setelah lulus nanti.

Fakultas yang tersedia di ITPLN ada empat, yaitu Fakultas Ketenagalistrikan & Energi Terbarukan, Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, lalu Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, serta Fakultas Telematika Energi.

Beasiswa yang bisa kamu coba di ITPLN, diantaranya:

  • Beasiswa APERTI BUMN
  • Beasiswa Pendidikan Indonesia
  • Beasiswa Holding PLN
  • Beasiswa Saudara Kandung Alumni ITPLN

4. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas BUMN langsung kerja yang satu ini merupakan perintis universitas dengan basis korporasi yang memiliki konsep Practice Based Education, atau PBE, di mana perkuliahannya memanfaatkan Live Laboratory milik PT. Semen Indonesia Group.

Jurusan yang ada di sini bervariasi, mulai dari Akuntansi, Manajemen Rekayasa, Teknik Agroindustri, hingga Desain Komunikasi Visual.

Selain live laboratory, UISI juga memiliki fasilitas seperti Lab Sains, Lab Audio Visual, hingga Galeri Investasi untuk menunjang pembelajaran mahasiswanya.

Adapun jalur beasiswa yang bisa kamu coba di UISI adalah:

  • Beasiswa #sayaUISI
  • Beasiswa Juara
  • Beasiswa Kemitraan Khusus
  • Beasiswa Pintar
  • Beasiswa Unggulan UISI

Demikian empat universitas BUMN beserta beasiswanya bagi kamu yang tertarik mendaftar sebagai mahasiswa baru. Nah di Amartha juga sudah meluncurkan dua periode Beasiswa Amartha Cendekia (BAC), lho. Jika ada periode selanjutnya, kamu bisa rajin cek sosial media dan website Amartha.org biar nggak ada informasi yang ketinggalan.

Selama mempersiapkan pendidikan yang kamu bisa bergabung dengan Amartha untuk memberikan akses pendanaan yang lebih baik untuk bisnis pengusaha UMKM Indonesia. Melalui pendanaan kolektif mulai dari Rp.100.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Ayo daftar sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png