icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Fakta Stadion Madya GBK Konser Internasional
icon-lang
icon-lang

5 Fakta Stadion Madya GBK Konser Internasional

By Team Amartha Blog - 14 Mar 2023 - 3 min membaca

Jajaran penyanyi dunia memilih stadion Madya GBK konser internasional untuk acara mereka. Mulai dari Justin Bieber, grup legendaris Westlife, hingga boygroup asal Korea Selatan Seventeen, serta girlgroup Blackpink yang baru-baru ini mengadakan konser. 

Stadion madya GBK merupakan stadion sekunder yang ada di kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno. Awalnya stadion ini dikhususkan untuk tempat latihan olahraga atletik. 

Namun sekarang stadion madya GBK sering digunakan untuk venue berbagai acara. Pertandingan cabang olahraga atletik, sepak bola, dan juga konser musik tingkat internasional.

5 Fakta Stadion Madya GBK Konser dan Pertandingan Bola Diadakan di Sini

Stadion Madya GBK mengalami renovasi menjelang perhelatan Asian Games 2018. Sejak saat itulah status penggunaan stadion ini berubah. Dari yang hanya dipakai untuk pemusatan latihan atletik, menjadi stadion multifungsi. Berikut ini 5 fakta menarik tentang stadion Madya GBK: 

Sejarah Dibangunnya Stadion

Stadion Madya GBK yang ada di Senayan dibangun bersamaan dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno, di tahun 1960. Kala itu Indonesia menjadi tuan rumah dari Asian Game ke IV tahun 1962. Presiden Soekarno kemudian menetapkan gelanggang olahraga dibangun di kawasan senayan.  

Daya Tampung

Kapasitas GBK untuk konser bisa menampung penonton sampai 88.083 orang. Meskipun daya tampung stadion madya lebih kecil, namun dengan kapasitas 9.170 penonton, stadion ini tetap bisa dijadikan venue berbagai acara. 

Dengan daya tampung tersebut sebenarnya stadion Madya GBK konser menjadi stadion terbesar kedua yang ada di komplek GBK. 

Sudah Berstandar Internasional

Hasil dari renovasi untuk gelaran Asian Games 2018, membuat stadion Madya memenuhi standar internasional. Rumput lapangan bahkan sudah menggunakan jenis rumput yang sama dengan stadion utama, yaitu rumput manila atau Zoysia Matrella. 

Stadion juga dilengkapi instalasi pencahayaan dengan lampu 1.000 lux. Jauh lebih besar dari sebelumnya yang tidak sampai 300 lux. Maka tak heran jika di stadion Madya GBK konser dan pertandingan bola internasional digelar di sini. 

Baca Juga: Tragedi Sepak Bola yang Pernah Terjadi Selain Kanjuruhan

Fasilitas Stadion 

Stadion Madya GBK memiliki luas 1,75 hektar. Terdapat dua tribun yaitu, tribun timur dan barat. Tribun sudah dipasang atap dan single seat untuk bangku penonton. 

Fasilitas umum yang ada di stadion ini juga sudah lengkap. Mulai dari ruang ganti pemain, sound system yang lengkap, area parkir luas, toilet, dan masjid. 

Fungsi Stadion

Setelah pemugaran kamu mungkin mengingat stadion ini sebagai Stadion Madya konser dan tempat pertandingan bola tingkat internasional diadakan. Stadion madya GBK yang semula lebih banyak dipakai sebagai lapangan latihan kini sudah lebih multifungsi. 

Selain menjadi venue konser, stadion ini sudah pernah dipakai untuk  tempat upacara penutupan Asian Paralympic Games 2018. Serta digunakan untuk kualifikasi grup Piala Asia U16 tahun 2020. Termasuk Laga Liga 1 tahun 2019 juga menggunakan lapangan ini. 

Itu dia 5 fakta stadion Madya GBK konser, pertandingan tingkat internasional, dan beragam acara lainnya diadakan di stadion ini. setelah renovasi dilakukan, stadion madya seolah naik kelas. Upgrade menjadi salah satu venue yang banyak digunakan. 

Bukan cuma tempat yang butuh upgrade, manusia juga perlu meng-upgrade dirinya untuk melangkah lebih jauh. Cara orang meng-upgrade diri adalah dengan melakukan investasi yang dapat mengasah kemampuan, menambah skill baru tentang keuangan, dan berani mengeksplorasi potensi diri untuk tingkatkan kemampuan finansial. 

Salah satu caranya dengan menjadi pendana atau lender di Amartha, microfinance marketplace yang mendukung pendanaan UMKM di lebih dari 35.000 desa. Bukan cuma turut mendukung usaha bisnis perempuan tangguh, dengan berinvestasi di Amartha kamu juga bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap minggunya berupa keuntungan imbal hasil 15% flat per tahun. Yuk, langsung daftar!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png