icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Beautypreneur Sukses
icon-lang
icon-lang

5 Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Beautypreneur Sukses

By Team Amartha Blog - 27 Jun 2021 - 3 min membaca

Profesi beautypreneur belakangan mulai dilirik milenial karena dianggap cukup menjanjikan. Seseorang yang ingin menjadi beautypreneur bisa memulainya dengan membangun produk dengan merek mereka sendiri. Dengan begitu, beautypreneur pun bisa langsung membuat private label. Bahkan peluang untuk menandingi merek lokal yang sudah ada sebelumnya juga bisa.

Beautypreneur sendiri merupakan orang-orang yang mempunyai usaha di dunia kecantikan, namun juga sebagai seniman di balik penampilannya yang glam dan dijadikan barometer banyak orang. Selain menawarkan jasa dan produk kecantikan, mereka juga menciptakan tren-tren baru yang biasanya digandrungi beauty enthusiast di Indonesia.

Tak hanya beautypreneur dari kalangan biasa, para selebriti juga tak mau kalah. Banyak selebriti yang menjadi beautypreneu dengan memiliki label kosmetik sendiri. Sebut saja misalnya Shandy Aulia, Bunga Zainal, Ashanty, dan Ria Ricis.

Meski demikian, nama besar selebriti juga tidak menjamin seseorang bakal sukses menjadi beautypreneur. Lantas, apa saja ya syarat untuk bisa sukses sebagai seorang beautypreneur? Berikut ini adalah 5 hal yang diperlukan!

1. Modal Awal

Modal awal untuk menjadi beautypreneur adalah dengan memiliki label kosmetik sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan modal awal sekitar 50 juta Rupiah. Modal tersebut bisa digunakan untuk memproduksi serangkaian kosmetik seperti serum atau body lotion.

2. Mengurus Perizinan

Pada umumnya, langkah ini dimulai dengan mendaftarkan label dan development formula sampai disetujui lewat uji klinis. Jika setelah 1-3 bulan dinyatakan memenuhi syarat, barulah didaftarkan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Langkah-langkah ini biasanya memakan waktu hingga 4 bulan.

3. Mengurus Hak Cipta

Selanjutnya, kamu bisa memulai usaha dengan menggunakan brand sendiri yang terdaftar di HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan telah dinotifikasi BPOM. Dengan demikian, beautypreneur juga dapat berbangga dengan produk yang dipasarkannya.

4. Mengurus Packaging

Packaging yang menarik akan tentunya akan lebih menarik konsumen. Ada baiknya packaging didesain dan dibuat dengan model yang kekinian atau mengikuti zaman.

5. Kejujuran

Beautypreneur yang bijaksana adalah mereka yang jujur dalam memberikan review. Kejujuran ini bisa berbuntut positif untuk para konsumen yang nantinya tak hanya akan jadi cantik, tetapi juga bisa menggunakan produk yang aman sesuai janji.

Nah, itulah 5 hal yang diperlukan supaya bisa menjadi beautypreneur sukses. Selamat mencobanya ya!

Artikel Terkait

5 Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Beautypreneur Sukses

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png