icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Resolusi Karir yang Perlu Kamu Siapkan Jelang Tahun Baru
icon-lang
icon-lang

5 Resolusi Karir yang Perlu Kamu Siapkan Jelang Tahun Baru

By Team Amartha Blog - 26 Dec 2022 - 3 min membaca

Selain menyambut tahun baru dengan perayaan bersama keluarga, salah satu cara merayakan tahun baru secara lebih produktif adalah menetapkan resolusi. Tidak hanya resolusi secara umum saja, namun juga resolusi karir yang ingin diwujudkan pada 2023 nanti.

Dengan menyusun resolusi khusus untuk karir jelang tahun baru, kamu dapat menetapkan target dan tujuan yang lebih terukur. Sehingga, kamu bisa menjalani pekerjaanmu di 2023 nanti secara lebih terarah.

5 Resolusi Karir Yang Tepat

Selain membuat resolusi baru, kamu juga bisa mewujudkan resolusi yang belum sempat terwujud di 2022 kemarin. Lalu, resolusi apa saja di bidang karir yang perlu kamu siapkan menjelang pergantian tahun? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Tetapkan Target

Dalam konteks tahun baru, makna resolusi adalah suatu komitmen, keputusan, atau janji kepada diri sendiri untuk melakukan sesuatu dan demi meraih target tertentu. Oleh karena itu, langkah pertama sekaligus paling utama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan target.

Contohnya, kamu bisa menetapkan target seperti promosi jabatan, pindah ke perusahaan baru, atau sesimpel menambah skill baru. Apapun targetnya, pastikan bersifat jelas dan realistis agar dapat menjadi bahan motivasi.

2. Resolusi Mempelajari Keahlian Baru

Salah satu contoh resolusi 2023 untuk diri sendiri yang dapat menunjang produktivitas adalah target belajar keahlian baru. Agar dapat meningkatkan kinerja dan karirmu, sebaiknya pilihlah keahlian yang masih berkaitan dengan pekerjaan.

Misal, cobalah mempelajari aplikasi baru yang relevan dengan pekerjaanmu. Contoh lain, kamu juga bisa belajar atau mengasah kemampuan bahasa asing. Dengan memperoleh skill tambahan, nilai jualmu di dunia karir akan bertambah.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 yang Realistis

3. Perluas Koneksi (networking)

Rekomendasi resolusi karir 2023 selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah networking alias koneksi. Di lingkungan kerja, kamu perlu membangun komunitas yang mendukung agar performa dan kinerja terus meningkat.

Setidaknya, kamu bisa mencoba mengembangkan networking dengan cara memperluas jaringan pertemanan di kantor. Atau, kamu juga bisa memperluas jangkauan relasi secara online di platform profesional seperti LinkedIn.

4. Perbaiki Profil LinkedIn

Sebagai langkah meningkatkan networking di LinkedIn, tentu saja kamu perlu memperbaiki profilmu semenarik mungkin. Sebab melalui LinkedIn, kamu bisa memperoleh banyak koneksi baru, mencari pekerjaan baru, hingga mengembangkan karir dan skill.

Oleh karena itu, jangan lupa memperbarui dan memperbaiki profil LinkedIn-mu untuk menarik semakin banyak koneksi. Siapa tahu, dari LinkedIn kamu bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan baik yang kamu impi-impikan.

5. Evaluasi Work Life Balance

Resolusi karir selanjutnya yang perlu kamu siapkan di 2023 nanti adalah evaluasi Work Life Balance. Coba tinjau kembali, apakah antara kehidupan pribadi dan pekerjaanmu sudah seimbang atau belum?

Jika belum, kamu bisa membangun work life balance yang lebih seimbang di 2023 dengan menerapkan hal-hal seperti mengatur jadwal kerja lebih fleksibel. Pastikan kehidupan pribadimu tidak terganggu dengan aktivitas karir agar produktivitas selalu terjaga.

Meningkatnya prestasi di bidang karir tentu akan meningkatkan kondisi finansial. Oleh karena itu, kamu juga perlu menetapkan resolusi finansial yang ingin dicapai di tahun 2023 nanti, misalnya target memperoleh passive income.

Sebagai alternatif sumber passive income, kamu bisa ikut mendanai mitra UMKM Indonesia bersama Amartha. Amartha adalah microfinance marketplace dengan produk pendanaan terbaik dan penawaran imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Amartha sudah resmi berizin dan terdaftar di OJK, Amartha berkomitmen mendorong kemajuan usaha mikro melalui pendanaan kolektif. Agar resolusi karirmu semakin bermakna, yuk mulai berinvestasi di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

5 Resolusi Karir yang Perlu Kamu Siapkan Jelang Tahun Baru

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png