icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Tips Mudik Lebaran 2023 Nyaman dan Aman
icon-lang
icon-lang

5 Tips Mudik Lebaran 2023 Nyaman dan Aman

By Team Amartha Blog - 20 Apr 2023 - 3 min membaca

Cari tahu tips mudik lebaran yang nyaman di artikel ini. Mendekati hari lebaran, ribuan orang sudah berbondong-bondong untuk mempersiapkan aktivitas mudik. Berdasarkan data dari Jasa Marga, sebanyak 179.028 kendaraan keluar dari area Jakarta per H-7 lebaran. Hal ini menunjukkan derasnya arus mudik 2023.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu merasakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman. Sebab jumlah pemudik diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga puncak arus mudik yang jatuh di tanggal 21 April 2023. Langsung aja simak tips mudik lebaran 2023 di sini

5 Tips Mudik Lebaran Agar Lebih Aman dan Nyaman

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kamu telah mempersiapkannya dengan terencana. Sehingga kamu bisa selamat sampai di tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga tanpa terkendala. Apalagi jika kamu mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Simak tips ini!

Fisik dan Mental yang Sehat

Jika kamu hendak melakukan mudik, selain mempersiapkan barang dan dana. Kamu juga perlu mempersiapkan kondisi fisik dan mentalmu. Sebab perjalanan mudik nanti pasti dipenuhi kemacetan dan kepadatan kendaraan.

Jika fisik dan mental masih belum siap dan dalam kondisi yang tidak prima, maka akan menyulitkanmu di tengah perjalanan. Jangan sampai terserang panik atau merasa gelisah saat terjebak kepadatan kendaraan di jalanan. 

Agar merasa lebih aman, kamu juga harus mengecek kondisi mobil persiapan mudik. Jangan sampai ternyata kendaraanmu bermasalah, itu hanya akan merepotkanmu saja di tengah perjalanan. 

Mencari Tahu Info Mudik Terbaru

Tips mudik lebaran berikutnya adalah selalu rajin memantau informasi terbaru tentang mudik. Pastikan kamu hanya mengikuti informasi resmi dan valid saja. Dari sini kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang bisa memperlancar perjalanan mudikmu.

Kamu bisa mengikuti sosial media milik pihak-pihak berwajib, sehingga informasi yang kamu dapatkan juga sah. Selain menggunakan jalan tol, sebagai alternatif kemacetan kamu juga bisa memakai jalan arteri.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Biaya Mudik Lebaran 2022

Hindari Menggunakan Jalan Tikus

Semua orang pasti ingin cepat sampai di tujuan mudik, namun seringkali malah memakai jalur yang sulit bagi kendaraan. Sebaiknya kamu menghindari jalan tikus, atau jalan-jalan pintasan yang kamu kurang familiar. 

Khawatirnya nanti kamu malah nyasar dan membuat rute perjalananmu jadi semakin lama. Sebaiknya tetap bersabar dalam kemacetan, karena jika macet di jalan tol ataupun di jalan arteri akan lebih mudah selesai. 

Naik Motor Sendiri

Bagi pemudik yang menggunakan motor, sebaiknya hanya mengendarai motornya sendiri dan tidak berboncengan dengan keluarga. Apalagi jika barang bawaan yang dibawa sudah cukup banyak. Jangan lupa lakukan servis persiapan mudik naik motor. 

Karena motor lebih rawan akan resiko kecelakaan, apalagi di musim mudik seperti saat ini. Jika berkeluarga, sebaiknya motor hanya dikemudikan oleh suami. 

Sementara anak dan istri bisa menggunakan moda transportasi umum. Bagaimanapun, keselamatan itu selalu penting dan harus diutamakan. 

Hindari Banyak Muatan Barang

Agar perjalanan mudik jadi aman dan nyaman, tips mudik selanjutnya adalah dengan tidak membawa banyak barang. Bisa jadi muatan kepenuhan dan beresiko terjadi kecelakaan jika terlalu dipaksakan.

Solusinya, kamu mengirimkan barang-barang menggunakan jasa ekspedisi atau travel terlebih dahulu. Sehingga perjalanan mudikmu menjadi lebih ringan dan nyaman.

Demikian tips mudik lebaran yang bisa kami bagikan, semoga dapat memperlancar perjalananmu. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan.

Bisa tetap dapat tambahan passive income selama mudik lebaran, mau?

Caranya mudah, hanya dengan menjadi pendana di Amartha. Mulai modalin pengusaha UMKM dari Rp100.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya, lho.

Hati-hati di jalan selama mudik dan jangan lupa tetap modalin!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Bagi Keberkahan Idul Adha dengan Modalin Mitra Amartha!

Promo Pendana

Waktunya Bonus Extra, Waktunya Modalin Mitra!

Promo Pendana

Nikmati Bonus 1 Juta Hanya Untuk Pendana Setia!

Promo Pendana

Bonus Extra Bagi Hasil Tiba, Saatnya Modalin Mitra!

Promo Pendana

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png