icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Tips & Trik Cermat dalam Menggunakan Kartu Kredit
icon-lang
icon-lang

5 Tips & Trik Cermat dalam Menggunakan Kartu Kredit

By Team Amartha Blog - 4 Oct 2020 - 3 min membaca

Zaman sekarang, kartu kredit mudah digunakan oleh semua orang untuk berbagai kebutuhan. Kartu kredit saat ini ditujukan untuk memudahkan para penggunanya saat berbelanja (online/offline), makan, traveling, dan menopang kehidupan sehari-hari. Namun, kemudahan yang ditawarkan kartu kredit ini tetap harus dicermati dengan hati-hati.

Pasalnya, kartu kredit ini bagai pisau bermata dua. Meski memiliki banyak fasilitas dan kemudahan yang akan membantu kamu, kartu kredit bisa menjadi bencana kalau tidak bijak saat menggunakannya.

Sampai saat ini, ada banyak sekali orang yang mengalami kegagalan dalam menggunakan dan mengelola kartu kredit sejak pertama kali memilikinya. Hal ini tentu karena pengajuan kartu kredit yang dilakukan tidak dipertimbangkan sejak awal, ke mana dan bagaimana kartu kredit tersebut akan digunakan.

Orang-orang seperti ini nantinya akan mengalami kesulitan dalam mengurus kartu kredit tersebut, termasuk mengurus sejumlah tagihan yang timbul setelahnya agar tidak menjadi hutang. Nah, berikut ini adalah 5 tips & trik cermat dalam menggunakan kartu kredit:

1. Pelajari Semua Persyaratan Kartu Kredit yang Dimiliki

Setiap kartu kredit mempunyai fitur dan persyaratan yang berbeda-beda. Ada baiknya mempelajari semua persyaratan yang ada pada kartu kredit milikmu. Dengan begitu, kamu dapat menghindari hutang kartu kredit yang berlebihan.

Beberapa persyaratan yang sebaiknya kamu pelajari misalnya bagaimana bunga diterapkan dalam akun kartu kredit, kapan kamu akan dikenakan biaya tambahan, dan kapan suku bunga bisa meningkat.

2. Jangan Menarik Uang Tunai Lewat Kartu Kredit

Salah satu kemudahan yang ditawarkan kartu kredit adalah bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari ATM. Walaupun begitu, sebaiknya jangan pernah menggunakan kemudahan tersebut.

Pasalnya, penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 4-5% per bulan. Jika keadaan keuangan kamu hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, bunga ini pastinya akan sangat membebanimu.

3. Usahakan Membayar Tagihan Kartu Kredit Secara Penuh Setiap Bulan

Daripada mencicil, sebaiknya bayar tagihan bulananmu kartu kreditmu secara penuh setiap bulan. Selain itu, dengan melakukan pembayaran kartu kredit secara penuh setiap bulan, kamu dapat menghindari bunga yang terus membengkak karena menunda pembayaran.

Nah, agar kamu bisa menerapkan cara ini, maka hal yang perlu dilakukan adalah gunakan kartu kredit untuk belanja sebesar apa yang mampu kamu bayarkan setiap bulannya.

4. Jangan Pinjamkan Kartu Kredit Milikmu Ke Orang Lain

Agar transaksi bisa terukur dengan baik, maka jangan pernah meminjamkan kartu kredit pada orang lain. Pasalnya, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana pola pengeluaran yang akan mereka lakukan saat menggunakan kartu kredit yang dipinjamkan.

Hal terburuknya, kamu harus bertanggung jawab atas tagihan kartu kredit yang mereka keluarkan pada akhirnya.

5. Jangan Miliki Kartu Kredit Secara Berlebihan

Semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, maka akan semakin besar peluang bahwa juga kesempatan Anda untuk melakukan pengeluaran yang tidak terkontrol. Memiliki satu kartu kredit saja jelas lebih bermanfaat untuk memudahkan kamu berbelanja dengan pengeluaran yang terkendali.

Nah, daripada memperbanyak kartu kredit di dalam dompet, lebih baik menambah jumlah uang yang kamu sisihkan untuk investasi. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah skema pendanaan di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

Yuk, mulai investasimu sekarang juga!

Artikel Terkait

Penting! Ini 5 Bahaya Kartu Kredit yang Perlu Diwaspadai

Gaya Hidup

Memaksimalkan Payment Apps di Tengah Tren Cashless

Keuangan

5 Tips & Trik Cermat dalam Menggunakan Kartu Kredit

Gaya Hidup

Jangan Abaikan 4 Hal Berikut Saat Hendak Berutang

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png