icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 6 Virus Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah
icon-lang
icon-lang

6 Virus Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah

By Team Amartha Blog - 13 Dec 2022 - 3 min membaca

Ada banyak sekali jenis virus mematikan di dunia yang mengancam nyawa manusia. Fakta ini memang tidak bisa dipungkiri mengingat keberadaan virus memang begitu dekat dengan kita. Kira-kira virus mematikan apa saja yang pernah menginfeksi dunia? 

Virus Mematikan di Dunia yang Mengancam Manusia

Sebagai manusia, kita harus selalu waspada dengan adanya ancaman virus. Apalagi saat virus-virus tersebut mulai mewabah, kita harus tahu bagaimana caranya menjaga diri. Berikut ini 6 virus mematikan yang menimbulkan ancaman besar bagi manusia:

1. Corona

Tentu masih jelas dalam ingatan kita betapa mematikannya virus Corona atau COVID-19. Pandemi virus ini telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dan masih berlanjut sampai sekarang meskipun situasi memang sudah mereda.

Corona menyebar dari kota Wuhan di Tiongkok. Penyebaran virus ini berjalan begitu cepat dan seolah menimbulkan gejala seperti flu biasa. Namun efeknya begitu besar bagi manusia karena bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan gangguan pernapasan yang memicu kematian. 

2. Ebola

Selanjutnya ada virus ebola yang mulai menyebar pada tahun 1976 silam. Virus ini juga begitu cepat menyebar dan membuat situasi jadi mencekam di masa itu. Ebola juga telah merenggut jutaan nyawa manusia di muka bumi. 

Wabah penyakit ebola ini menyebar lewat kontak dengan cairan tubuh seperti darah dan air liur. Selain itu penyebaran penyakit juga bisa terjadi lewat hewan yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi akan mengalami gejala serupa dengan demam berdarah. 

3. Marburg

Berikutnya ada virus Marburg yang mulai menyebar di tahun 1967. Wabah virus ini mulai muncul saat beberapa pekerja di laboratorium Jerman terinfeksi sebuah virus dari kera.

Kera tersebut berasal dari Uganda dan menyebarkan virus yang gejalanya mirip demam berdarah. Namun virus ini lebih merusak tubuh manusia. Organ tubuh yang terinfeksi bisa rusak dan akhirnya menimbulkan kematian. 

Baca Juga: Waspada Virus Cacar Monyet! Kenali Gejala dan Penularannya

4. Varicella

Cacar atau varicella juga menjadi salah satu virus mematikan di dunia. Virus ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Di zaman dulu dimana fasilitas kesehatan masih terbatas, virus ini sangat mematikan dan bisa membunuh 1 dari 3 orang yang terinfeksi. 

Bahkan menurut sejarawan, di Amerika ada 90% penduduk asli yang meninggal akibat terinfeksi cacar. Di zaman sekarang cacar mungkin semakin terkendali karena sudah ada vaksin dan pengobatan yang lebih maju. 

5. Flu Spanyol

Sama halnya dengan COVID-19, virus ini juga menyerupai flu dan menyebar begitu cepat di tahun 1950-an silam. Virus ini pertama kali ditemukan di Spanyol lalu dalam waktu singkat menyebar ke berbagai negara. 

Gejala yang ditimbulkan mirip influenza namun efeknya begitu buruk dan bisa memicu kematian. Menurut sejarah, penyakit mematikan ini jadi salah satu alasan kenapa perang dunia pertama lebih cepat usai. Banyak tentara yang meninggal akibat infeksi virus pada saat itu. 

6. Rotavirus

Ancaman virus yang satu ini juga begitu ditakuti oleh masyarakat dunia. Rotavirus menginfeksi banyak orang terutama bayi dan anak-anak. Virus ini menyebabkan penyakit diare yang sangat parah bahkan bisa memicu kematian. 

Rotavirus lebih banyak ditemukan menyebar di negara-negara berkembang. Salah satu alasannya karena sanitasi di negara berkembang kurang begitu bagus dan teknologi kesehatannya juga masih kurang. Semua jenis virus mematikan di dunia ini telah membawa banyak perubahan. Salah satunya perubahan dari segi ekonomi dan finansial.

Itulah mengapa kita harus berjaga-jaga sedini mungkin. Kamu bisa berjaga-jaga dengan melakukan investasi dan mendapatkan keuntungan pasif mingguan. Mulai modalin bisnis UMKM Rp 100.000 aja di microfinance marketplace Amartha, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

6 Virus Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah

Gaya Hidup

Kehabisan Stok, Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png