icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 9 Tips Jitu Belanja Lebaran Biar Tak Kalap
icon-lang
icon-lang

9 Tips Jitu Belanja Lebaran Biar Tak Kalap

By Team Amartha Blog - 14 Apr 2023 - 3 min membaca

Belanja lebaran untuk memenuhi keperluan hari raya sering membuat banyak orang kalap. Pasalnya, ada berbagai barang dan makanan yang perlu dibeli seperti pakaian dan perlengkapan ibadah baru, serta kue kering dan dekorasi rumah.

Nah, untuk menghindari pengeluaran yang tak perlu, kamu bisa mengikuti 9 tips jitu agar belanja keperluan Lebaran menjadi lebih hemat dan ramah kantong!

9 Tips Jitu agar Tak Kalap Belanja Lebaran

Intip 9 tips jitu agar kamu bisa lebih bijak dalam berbelanja menyambut lebaran di sini. Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu selama bulan puasa dan tetap merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Susun Rencana Anggaran

Sebelum belanja lebaran, tentukan dulu anggaran yang akan kamu gunakan. Rencanakan secara detail kebutuhan apa saja yang harus dibeli, seperti baju lebaran, kue, dan keperluan dapur.

Buatlah daftar belanja dan pastikan untuk mematuhi anggaran yang telah dibuat. Hal ini akan membantu kamu mengontrol pengeluaran dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting.

Memanfaatkan Promo dan Diskon

Perhatikan promo-promo yang ditawarkan oleh berbagai toko, baik secara online maupun offline, agar kamu bisa menghemat anggaran belanja lebaran. Jangan lupa untuk membandingkan harga dari berbagai toko agar kamu mendapatkan penawaran terbaik.

Belanja Online

Belanja lebaran secara daring memberikan banyak keuntungan, seperti kemudahan dalam membandingkan harga, menghemat waktu, dan biaya transportasi. Selain itu, toko online seringkali menawarkan promo dan diskon yang menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan cashback, poin, dan kupon gratis ongkir yang ditawarkan oleh beberapa platform belanja online.

Belanja di Pasar Tradisional

Tidak semua kebutuhan hari lebaran harus dibeli di supermarket atau pusat perbelanjaan modern. Kamu bisa memilih dan membeli barang murah untuk THR lebaran di pasar tradisional.

Selain itu, kamu juga bisa menawar harga di pasar tradisional agar belanja jadi lebih hemat. Pasar tradisional juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari bahan makanan segar, kue, dan produk lokal.

Belanja Sebelum Ramadhan

Harga barang cenderung melonjak menjelang lebaran. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu belanja sebelum bulan Ramadan.

Dengan begitu, kamu dapat membeli kebutuhan hari lebaran dengan harga yang relatif lebih murah. Kamu juga terhindar dari keramaian dan potensi kehabisan stok barang yang biasa terjadi menjelang lebaran.

Baca Juga: Unik dan Berkesan! Ini 7 Ide Hampers Lebaran Murah

Belanja Bersama Teman atau Keluarga

Dengan belanja lebaran bersama teman atau keluarga, kamu bisa membagi ongkos transportasi dan membeli barang dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon.

Selain itu, belanja bersama juga bisa mengurangi impuls untuk belanja lebaran secara berlebihan karena ada teman atau keluarga yang mengingatkan. 

Jangan Terlalu Fokus pada Barang Bermerek

Barang-barang bermerek memang memiliki kualitas yang lebih baik. Namun, tidak semua barang bermerek harus dibeli untuk merayakan Hari Raya.

Pertimbangkan untuk membeli produk dengan kualitas yang setara, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan kebutuhan lebaran tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Memilih Produk Lokal

Produk lokal biasanya lebih murah daripada produk impor. Selain itu, membeli produk lokal juga membantu mendukung ekonomi lokal dan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari pengiriman barang jarak jauh. 

Cermati Kebutuhan vs Keinginan

Saat belanja lebaran, kamu harus mengerti bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan memprioritaskan kebutuhan, kamu akan mampu mengontrol pengeluaran. Jadi, yuk periksa lagi daftar belanja lebaran kamu dengan cermat.

Setelah mengetahui tips-tips di atas, sekarang kamu sudah bisa merencanakan belanja lebaran dengan lebih bijaksana dan hemat, kan?

Selain belanja, yuk gunakan juga THR-mu secara optimal dengan melakukan pendanaan di Amartha microfinance marketplace. Bersama Amartha, kamu bisa mendukung pengusaha mikro di Indonesia dengan mulai modalin dari Rp100.000 aja dan kamu sekaligus juga mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Tertarik modalin?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png