icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Arti Resolusi Tahun Baru dan Beberapa Contohnya
icon-lang
icon-lang

Arti Resolusi Tahun Baru dan Beberapa Contohnya

By Team Amartha Blog - 30 Dec 2022 - 3 min membaca

Apa arti resolusi tahun baru? Mungkin pertanyaan ini menjadi hal yang sering di dengar beberapa waktu belakangan ini. Perayaan tahun baru memang sangat identic dengan sejumlah pesta meriah serta pertunjukan kembang api. Bukan hanya itu, banyak orang yang menyusun resolusi untuk menyambut 2023. 

Sebenarnya, apa itu resolusi tahun baru, dan seperti apa cara menyusunnya?

Arti Resolusi Tahun Baru

Sebenarnya, resolusi tahun baru ini muncul dari 4000 tahun yang lalu. Menurut sejarah, orang Babilonia kuno merupakan orang yang pertama kali membuat resolusi ini. mereka juga merupakan orang pertama yang mengadakan festival keagamaan sebagai perayaan tahun baru.

Meskipun di masa tersebut tahun baru dirayakan di pertengahan Maret, dan bukan awal Januari, tetapi festival keagamaan tersebut terkenal dengan nama Akitu. Di dalam festival tersebut, orang Balilonia melakukan janji pada dewa yaitu mereka akan mengembalikan hutang dan mengembalikan barang yang dipinjam. 

Bila mereka menepati janji, nantinya dewa akan memberi kebaikan, di tahun mendatang. Tetapi jika tidak, mereka tidak akan disukai oleh dewa. Janji inilah yang dianggap sebagai cikal bakal adanya resolusi tahun baru. 

Lantas, apa itu resolusi? Resolusi adalah berbagai harapan yang sengaja disusun agar di tahun berikutnya bisa berjalan seperti yang diingini. Resolusi ini juga bisa diartikan sebagai janji yang dibuat ke diri sendiri agar mulai melakukan hal yang baik serta berhenti melakukan hal yang buruk. 

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023

Membuat resolusi tahun baru tentu tidak mudah. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan, seperti:

1. Dimulai dari Hal Kecil

Memang, arti resolusi tahun baru merupakan gebrakan kebiasaan yang kamu lakukan selama ini. Tetapi, jangan sampai resolusi tersebut terlalu besar hingga akhirnya tidak mudah dilakukan. 

Buat resolusi yang bisa dilakukan, dan jangan melakukan perencanaan yang rumit serta tidak mudah diraih, hingga akhirnya kamu sulit untuk mencapainya.

2. Ubah Menjadi Langkah yang Praktis

Kamu bukan hanya harus menulis resolusi, tetapi kamu harus menulis langkah yang dilakukan. 

3. Belajar dari Masa Lalu

Pengalaman merupakan guru terbaik, namun jangan salah karena pengalaman juga bisa menjadi kegagalan untuk mencapai resolusi. Oleh sebab itu buat resolusi dengan melihat resolusi yang kamu miliki tahun lalu. Apa resolusi yang gagal dicapai? Apa penyebab kegagalan tersebut?

4. Masukkan Resolusi yang Kamu Sukai

Kamu bisa menjadikan passion yang kamu miliki sebagai sebuah tujuan di masa mendatang. Jika passionmu sudah ditekuni, kembangkan lagi. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 yang Realistis

Contoh Resolusi Tahun Baru 

Ingin memiliki resolusi tahun baru? Ada berbagai contoh resolusi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi, seperti:

  1. Memberi pujian pada orang lain, minimal sekali dalam sehari
  2. Belajar bahasa asing baru
  3. Menghabiskan waktu untuk keluarga
  4. Tidak mempunyai hutang
  5. Berolahraga jauh lebih sering
  6. Memulai hobi yang baru
  7. Menambah investasi
  8. Memperoleh kenaikan gaji 
  9. Menabung
  10. Belajar skill yang baru
  11. Membaca buku baru setiap bulannya
  12. Diet
  13. Belajar memasak
  14. Tidur yang berkualitas. 

Tidak hanya memahami arti resolusi tahun baru, tetapi kamu juga harus menjadikannya sebagai tujuan untuk hidup di tahun 2023 menjadi lebih berarti dan bermanfaat.

Nah, jika resolusimu di tahun 2023 adalah ingin bisa mandiri secara finansial sekaligus ingin memberikan dampak positif, kamu bisa mencoba langkah kecil yang spesifik seperti berinvestasi untuk mendanai UMKM di Amartha microfinance marketplace. Di Amartha, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif mingguan yang menawarkan keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Investasi di Amartha bisa menciptakan dampak sosial yang nyata berupa pemberdayaan perempuan pengusaha mikro hanya dengan modalin mulai 100 ribu aja. Tidak usah ragu, yuk mulai berinvestasi di Amartha sekarang juga!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

7 Resolusi Keuangan di 2023. Begini Tipsnya!

Gaya Hidup

Arti Resolusi Tahun Baru dan Beberapa Contohnya

Gaya Hidup

5 Resolusi Karir yang Perlu Kamu Siapkan Jelang Tahun Baru

Gaya Hidup

5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 yang Realistis

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png