icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Berapa Gaji Lionel Messi di PSG dan Barcelona?
icon-lang
icon-lang

Berapa Gaji Lionel Messi di PSG dan Barcelona?

By Team Amartha Blog - 28 Dec 2022 - 3 min membaca

Berapa Gaji Lionel Messi? Messi sempat mengalami penurunan gaji saat masih di Barcelona yang pada akhirnya membawa dia berpisah dengan klub pertamanya itu. Meski sudah bersama selama 13 tahun, kontrak itu harus berakhir karena Barcelona memiliki masalah keuangan.

Berpisah dengan klub liga Spanyol itu, Lionel Messi kemudian mendapatkan kontrak baru dengan klub Prancis Paris Saint-Germain atau biasa disingkat PSG. Pernah tergabung di kedua klub itu, berikut ini rincian penghasilan Lionel Messi!

Berapa Gaji Lionel Messi? Berikut ini Rinciannya!

Sebagai pemain sepak bola profesional yang digadang sebagai pemain terkaya, berapa penghasilan Messi yang diperoleh dari bermain bola? Lionel Messi pernah bergabung dengan klub Barcelona dan kini memperkuat klub PSG, berapa penghasilannya di kedua klub tersebut? Berikut ini rinciannya!

1. Gaji Lionel Messi di Paris Saint-Germain

Lionel Messi setiap tahunnya mendapatkan bayaran di PSG sebesar 31,5 juta euro untuk satu musim pertandingan. Gaji Lionel Messi dalam rupiah mencapai Rp532 miliar. Itu adalah besaran gaji sebelum dipotong pajak. 

Gaji bersih yang diterima Messi senilai 25 juta euro atau Rp422,2 miliar. Lionel Messi bisa mengantongi 75 juta euro jika dirinya terus bermain di PSG selama tiga musim. Meski begitu, gaji Lionel Messi di PSG ternyata lebih rendah dari pada saat dirinya bermain di Barcelona.

2. Gaji Lionel Messi di klub Spanyol Barcelona

Sebagian besar kekayaan Lionel Messi berasal dari gajinya saat menjadi pemain andalan di Barcelona. Lionel Messi menjadi pemain sepak bola yang memiliki upah paling tinggi di dunia. Terlebih, saat dirinya menandatangani kontraknya yang terakhir dengan Klub Barcelona pada 2017 lalu. 

Dikabarkan bahwa Barcelona memberikan upah tahunan sebesar 168 juta dollar AS. Ini setara dengan 2,4 triliun rupiah. 

Tidak hanya memperoleh gaji dari bermain sepak bola, Messi juga punya sumber lain yang menghasilkan 40 juta dollar US setiap tahunnya.  Gaji Lionel Messi per minggu bisa sekitar 2,9 juta Dolar US atau setara dengan Rp41,6 miliar. Wah, coba hitung Gaji Lionel Messi per bulan?

Baca Juga: Deretan Total Kekayaan Lionel Messi Sang Juara Dunia

3. Perjalanan Karir Lionel Messi di Klub Spanyol Barcelona

Lionel Messi mengawali karirnya menjadi pemain sepak bola sejak usianya 16 tahun. Ketika itu ia debut saat laga persahabatan tanding dengan Porto yang ketika itu dilatih oleh Jose Mourinho. 

Dalam karirnya selain bergabung dengan Juveniles A, Messi juga bergabung dengan Barcelona. Messi mulai debut di bulan November. Ketika itu dia berhasil membantu timnya bangkit dari zona degradasi.

Lionel Messi bahkan pernah memecahkan rekor mencetak 9 gol dalam kurun 3 minggu saja dalam pertandingan Liga Champions. Kemudian, pada 1 Juli 2021 lalu Messi akhirnya bebas kontrak dengan Barcelona setelah negosiasi rumit terkait masalah keuangan. 

4. Perjalanan Karir Lionel Messi di Klub Prancis PSG 

Berapa gaji Lionel Messi bukan masalah bagi PSG, lantaran sepak terjang dan kualitas performanya. Usai berakhirnya kontrak dengan Barcelona, 10 Agustus 2021, Messi dikontrak oleh klub Prancis Paris Saint-Germain. Dirinya dikontrak selama dua tahun, sehingga dia di PSG sampai Juni 2023. 

Di PSG Messi memilih nomor punggung 30 dan mulai turun lapangan pada pekan terakhir Ketika itu di Liga 1, PSG unggul dua skor dan Reims belum mencetak gol sama sekali.

Berapa gaji Lionel Messi adalah hal yang wajar karena dia pemain sepak bola yang profesional dan populer. Kalo kamu juga mau berpenghasilan, kamu juga bisa kok menghasilkan banyak uang dari hasil berinvestasi sebagai passive income. Salah satu caranya dengan berinvestasi untuk mendukung akses permodalan mitra UMKM di microfinance marketplace Amartha. Cuma dengan modalin mulai Rp100.000 aja, kamu bisa mendapatkan keuntungan 15% flat per tahun, lho. Tertarik? Yuk, segera danai banyak UMKM di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Berapa Gaji Lionel Messi di PSG dan Barcelona?

Gaya Hidup

Deretan Total Kekayaan Lionel Messi Sang Juara Dunia

Gaya Hidup

Lakukan Gaya Hidup Minimalis dengan Lima Hal Ini

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png