icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Bisa Jadi Sumber Cuan, Kenali Beda Bisnis Thrift Shop dan Preloved
icon-lang
icon-lang

Bisa Jadi Sumber Cuan, Kenali Beda Bisnis Thrift Shop dan Preloved

By Team Amartha Blog - 3 Apr 2021 - 3 min membaca

Belakangan ini, koleksi pakaian bekas dari thrift shop dan preloved menjadi tren yang digandrungi anak muda. Pasalnya, sekarang banyak sekali pakaian yang lucu, unik, hingga branded yang dijual dengan harga miring di thrift shop ataupun preloved. Selain pilihan style-nya beragam, harganya juga terkadang bisa ditawar.

Koleksi thrift shop dan preloved biasanya sangat beragam mulai dari blus, kemeja, atasan, tank top, dress, luaran rajut, jaket, celana, hingga rok. Untuk bisa mendapatkan busana yang bagus, kamu perlu ketelitian saat membeli pakaian dari thrift shop maupun preloved.

Meski saat ini koleksi busana dari thrift shop dapat menjadi bisnis yang menguntungkan, masih banyak orang sulit untuk membedakan keduanya. Nah, supaya lebih jelas, berikut ini adalah perbedaan dari thrift shop maupun preloved!

Apa Itu Thrift Shop

Thrift merupakan istilah yang identik dengan barang bekas atau seken yang berasal dari luar negeri termasuk juga baju. Dikutip dari Highlark, thrift shop menjual barang yang lebih bermacam-macam dengan harga sangat murah. Sebab barang yang dijual biasanya berasal dari luar negeri dan awalnya berasal dari donasi. Namun, koleksi thrift shop sekarang bukan lagi berasal dari barang donasi, melainkan hanya barang-barang bekas dari luar negeri.

Apa Itu Preloved

Preloved shopping adalah suatu istilah yang diberikan untuk menggantikan definisi barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Adapun, preloved merupakan istilah yang melekat pada koleksi busana yang dipakai pribadi dan kemudian dijual kembali. Jika dibandingkan dengan istilah “barang bekas” atau “barang loak”, istilah preloved jauh lebih bergengsi dan terdengar enak di telinga.

Jual-beli barang preloved sudah ada sejak beberapa tahun silam. Namun, metode jual-beli ini baru populer sejak tahun 2015 yang lalu, ketika aktivitas belanja online semakin meroket.

Meskipun berstatus sebagai barang bekas, tetapi harga jual barang preloved masih cukup tinggi. Apalagi barang tersebut berasal dari merek ternama dan masih dalam kondisi bagus.

Tips Cerdas Mendapatkan Uang dari Barang-Barang Lama Sekaligus Merapikan Rumah

Kesimpulannya, perbedaan yang ada dari bisnis thrift shop dan prelove adalah dari barang yang dijual. Perlu kamu tahu, barang yang dijual dari thrift shop merupakan koleksi pakaian bekas impor dari luar negeri. Sedangkan preloved adalah barang-barang koleksi pribadi yang ingin dijual kembali.

Well, semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png