icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Penting! 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Profesional di Tempat Kerja
icon-lang
icon-lang

Penting! 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Profesional di Tempat Kerja

By Team Amartha Blog - 18 May 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_866" align="aligncenter" width="940"]Amartha Jadi Profesional dan Raih Karier Terbaikmu dengan Langkah Berikut[/caption]

Ada banyak hal yang perlu dipelajari, khususnya oleh para jobseeker yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan impian untuk masa depannya.

Tidak melulu berpatokan dengan passion, maka kariermu akan berjalan dengan mulus. Ada hal lain yang lebih bermakna, yang akan membawamu menjadi pribadi yang matang dalam menjalankan tanggung jawab di lingkungan kerja.

Lalu hal apa sih itu?

Jawabannya ialah profesionalisme.

Menjadi profesional berarti mampu menempatkan diri sebagai seorang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, membangun hubungan dan relasi kerja dengan tim lain, serta selalu fokus dan konsisten dengan target dan tujuan organisasi.

Berperilaku profesional, dapat pula membawamu meraih kesuksesan di tempat kerja lho.

Karena kamu telah terbiasa bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Tak hanya itu saja, dengan berperilaku profesional kamu juga bisa mendapatkan respect dari atasan dan rekan kerja lainnya. Sebaliknya, kurangnya sikap profesional justru dapat membahayakan kariermu.

Nah, karena persaingan kerja makin ketat, tidak hanya antar perusahaan saja ternyata, namun pada internal perusahaan bahkan antar individu dalam sebuah divisi atau departemen. Maka menjaga kualitas diri, yang salah satunya dengan selalu bersikap profesional adalah harga mati.

Maka, apa saja sih yang bisa kamu persiapkan untuk dapat membentuk dan mengembangkan lebih lanjut perilaku profesional di lingkungan kerja. Yuk simak tips nya berikut!

1. Kompetensi

Menjadi karyawan yang kompeten di tempat kerja tidak hanya akan membantumu dalam membangun penilaian kinerja oleh atasan maupun lingkungan kerja. Namun juga digunakan sebagai sarana membangun citra diri yang baik, agar aura positifmu dapat dirasakan oleh rekan kerja dan atasanmu.

Menurut KBBI sendiri, kompetensi ialah suatu kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan (memutuskan sesuatu). Lalu apa sih yang harus kita lakukan agar memiliki kompetensi yang baik?

Nah, dalam hal ini ternyata kamu tidak harus memiliki banyak pengetahuan, namun kuasailah sebuah bidang terbaik dalam pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal tersebut akan cukup membawamu menjadi pribadi yang kompeten. Namun, bukan berarti kamu tidak wajib untuk terus menggali apa yang kamu tidak tahu lho, karena pengetahuan akan membawamu pada hidup yang lebih baik.

2. Sistematis

Setuju gak sih kalau keteraturan dalam bekerja akan membawamu lebih mudah dalam mencapai tujuan? Nah, ternayata keteraturan ini penting lho, karena dengan bersikap teratur dalam melakukan tugas harian merupakan salah satu kunci untuk menjadi profesional.

Jangan sampai seniormu atau bahkan atasan sampai mengingatkan soal pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Salah satu cara yang bisa kamu tempuh saat ini adalah bekerja secara teratur, hal ini akan mempermudah pekerjaan untuk diselesaikan sesuai dengan target serta aturan yang berlaku. Dan kamu menjadi handal dalam membentuk suatu sistem secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya. Ini akan sangat membantumu menjadi profesional di tempat kerja.

Selesaikan pekerjaanmu sesuai tenggat waktu, selalu jaga agar ruang kerja atau meja kerjamu terlihat rapi, serta datanglah tepat waktu ke kantor.

3. Dedikasi dan Integritas

Dedikasi dan integritas merupakan keunggulan dari seorang profesional. Memiliki dedikasi yang tinggi pada pekerjaanmu memang membutuhkan satu tekad yang kuat. Dalam hal ini kamu perlu membangunnya mulai dari diri sendiri hingga nantinya dapat menularkan kepada rekan kerja mu. Atasanmu pasti tahu dan dapat merasakan, bila kamu benar-benar berdedikasi pada pekerjaanmu.

Gimana ya cara membangunnya? Jawabannya cukup sederhana. Kamu bisa memulainya dengan cara mencintai pekerjaanmu, apa yang kamu lakukan dan juga rasa senang dan bangga bekerja di tempat kerjamu saat ini.

Seiring berjalannya waktu, dedikasi yang kamu miliki nantinya akan bermuara pada integritas pada dirimu. Hal ini sangat penting lho. Bagaimana bisa kamu mengharapkan atasan untuk mempercayaimu dengan sesuatu yang penting, jika kamu tidak memiliki integritas?

4. Mampu Bekerja dengan Tim

Tim adalah perpaduan dua atau lebih orang yang memiliki tujuan bersama dan saling tergantung satu sama lain. Apakah hingga kini kamu masih berpikir bahwa kerja tim hanya menguntungkan tempatmu bekerja saja? Jawabannya adalah tidak.

Salah satu manfaat terbesar dari teamwork ini adalah inspirasi dan ide yang didapat dari hasil diskusi. Otomatis, hal ini akan menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang berbagai hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Bukan tidak mungkin, dengan teamwork yang bagus, kamu akan menjadi pribadi yang lebih professional.

Hal ini karena, kamu akan terbiasa untuk lebih mengasah otak, menemukain ide-ide baru sehingga dapat membantu memecahkan masalah dalam team. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk bergaul dan membentuk jaringanmu.

Taukah kamu? Untuk menjadi pegawai yang profesional, mudah bergaul dengan rekan kerja lain merupakan hal yang penting. Hal ini bisa membuat pegawai lain menjadi ramah kepadamu dan meningkatkan perhatian mereka saat kamu tampil maupun bekerjasama.

5. Buat Batasan

Saat bekerja, kamu harus bisa memisahkan masalah pribadi dan profesional. Dalam artian, jangan campurkan perasaan pada setiap tindakan yang kamu buat saat sedang bekerja.

Salah satunya adalah saat kamu berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor. Bukan berarti kamu tidak boleh berteman dengan rekan kerja lho, tapi ingatlah bahwa di lingkungan kantor kamu dan rekan kerjamu harus bersikap profesional.

Sedekat apapun dia dengan dirimu, jangan biarkan hal pribadi mengganggu pekerjaan dan membuat kamu tidak objektif. Hal tersebut akan mencederai sikap profesionalitasmu dalam bekerja. Dan bukan tidak mungkin akan mengganggu pekerjaanmu.

Bekerja dengan profesional akan sangat membantumu meraih karier yang cemerlang. Asal kamu tetap fokus untuk menjaganya. Jangan sampai kamu menyesal dan gagal meraih cita-cita dalam membangun karier mu.

Artikel Terkait

Anda Butuh Ketangguhan Mental Untuk Tetap Semangat Menjalani Hidup! Inilah Cara Membangunnya

Keuangan

Ijah Sambung Hidup dengan Berdagang Bakmi Ayam

Cerita Mitra

Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Kembangkan 2 Usaha Sekaligus

Cerita Mitra

Dari Rp 600 Ribu, Kini Saniah Raup Rp 2,5 Juta dari Bertani

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png